My Lombok Trip in Desa Sade


Lumbung padi
Desa Sasak, Sade - Rembitan, Lombok NTB. Dimana terdapat sukubangsa "Sasak" yang mendiami Lombok dan menggunakan bahasa Sasak dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan agama Islam sebagai agama mayoritas. Ohya, desa Sade yang letaknya gak terlalu jauh dari Lombok International Airport ini so far cukup membuat saya penasaran, karna kan biasanya cuman tau di tipi-tipi aja hehe.

Setelah memasuki pintu gerbang, kita akan mengisi buku tamu serta memasukkan uang seikhlasnya dan nantinya seorang guide akan mengantarkan kita berkeliling serta menjelaskan apa-apa saja yang ada di areal pemukiman suku Sasak ini.
Nah, lumbung tempat penyimpanan padi adalah objek pertama kali yang nampak dan kebetulan saat itu gabah sedang dijemur di halaman lumbung. Menurut keyakinan turun temurun yang dianut di desa ini, seorang gadis yang belum menikah dilarang keras untuk mengambil padi dari lumbung tsb. Dimana menurut keyakinan masyarakat setempat jika kebiasaan tsb dilanggar maka si gadis tsb nantinya tidak akan memiliki keturunan. Wow strict banget ya :|

Followers