Ayam Panggang Bumbu Gula Jawa

Menu favorit keluarga?
"Punya?"
 Hmmm atau resep favorit keluarga deh?
"Punya gak?"
Kenapa sih kok tiba-tiba nanyain resep favorit keluarga?  Karena ketika saya nanya ke mbak di rumah ibuk. Bumbu-bumbu yang dipakenya beda banget dengan yang biasa saya pakai di rumah. Oiya kali ini rumah saya dengan hubby bear ya [catet] hehe

Dan bumbu yang kutanyakan tadi termasuk basic, yaitu bumbu untuk mengungkep ayam. Karena itu disini yang saya tekankan adalah favorit keluarganya hehe. Baiklah gak perlu berlama-lama intermezonya, sebenarnya  siang ini saya ingin berbagi resep Ayam Panggang Bumbu Gula Jawa [ngomongnya ala-ala Doraemon lagi ngluarin barang-barang ajaibnya] hihihihi.
Berikut resep lengkapnya.
Bahan-bahan untuk ungkepan ayam:
  • 1/2 kg ayam yang sudah dipotong-potong sesuai selera
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 1 sdt asam Jaw
  • garam secukupnya
Bahan-bahan bumbu Gula Jawa:
  • 1/4 gram gula Jawa
  • 100 ml air putih
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm ketumbar
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 4 cabe merah kecil atau sesuai selera
  • 1,5 cm jahe digeprek
  • 1 batang serai
  • 2 helai daun jeruk
Cara Membuat:

Kabur Cantik ke Rumah Pohon

I was check in The Pines Tree and Wooden House at Taman Dayu on sunny Sunday last February. Where is it? Berlokasi diujung jalan areal Taman Dayu, The Pines Tree and Wooden House ini tempat camping yang pas ditengah-tengah padatnya kota Pandaan - Pasuruan. Oiya beberapa jalan cukup menanjak, jadi siapkan kendaraan dalam kondisi prima ya.

Berencana kabur cantik sejenak? Dipatok tarif mulai dari 300K per unit untuk rumah pohonnya atau 400K untuk rumah kayunya. Aktifitas outbound sudah pasti available disini.
Hmmm minusnya [menurut saya nih ya] untuk rumah pohon ini toiletnya sharing pemirsah! Nah kalo kalian yang rada sensi untuk urusan toilet, rumah kayu deh alternatif lainnya. Dan sudah tentu kapasitasnya lebih besar daripada rumah pohon tadi.

Bingung seperti apa bedanya rumah pohon dan rumah kayu? Simak aja poto-poto narsis berikut [yeaaay].

rumah pohon
rumah kayu
Nah, penasaran bagaimana bentuknya shared toilet?

12 Years A Slave

Sinopsis + Review: 
Prolognya diambil ketika Platt atau Solomon Northup (Chiwetel Ejiofor) sudah menjadi budak yang sedang memotongi batang tebu disebuah perkebunan. Alur cerita pilem ini memflashback kisah Solomon yang diculik kemudian dijual sebagai budak belian dari satu tuan ke tuan lainnya.

1841 Solomon Northup bekerja sebagai pemusik (biola) handal, awalnya hidup damai as a free African American di Saratoga Springs, New York  bersama sang istri dan kedua anaknya. Namun semua kedamaian itu berubah 180° ketika dua orang kulit putih Hamilton (Taran Killam) dan Brown (Scoot McNairy) mengajaknya untuk melakukan pentas biola kecil-kecilan di Washington.
12 Years a Slave [sumber: wikipedia]
Disinilah awal mula Solomon diculik dan kemudian bersama orang-orang negro lainnya dikirim menggunakan kapal sampai ke New Orleans hingga berganti nama menjadi Platt. Tuan pertamanya William Ford (Benedict Cumberbatch) yang masih memiliki sedikit hati nurani, gak kejam-kejam banget soalnya. Bahkan kalau Platt mengemukakan sebuah ide dan ide itu berhasil. Ford bakal mengapresiasinya contoh dengan menghadiahinya sebuah biola.
Tanpa disadari hal inilah yang membuat John Tibeats (Paul Dano) salah satu pekerja berkulit putih Ford rada iri dan sebel dengan keberadaan Platt. Maka suatu ketika Tibeats sengaja memancing emosi Platt lalu bertengkar deh mereka berdua.
Pertengkaran itu membuat Ford gelisah sehingga mau tidak mau ia harus menjual Platt kepada tuan lainnya guna menhindarinya dari kemungkinan terburuk seperti terbunuh oleh Tibeat.

Ibrahim Nasir International Airport

Ujug-ujug hunting bandara yang punya landasan pacu hanya 2 meter diatas permukaan laut, dibangun diatas sebuah pulau buatan pulak. Ni bandara terletak di Pulau Hulhulé, Maldives. Wohooo Welcome to Ibrahim Nasir International Airport! MLE airport code jugak ni penyebabnya, sering banget berseliweran di instagramku *siyaaaal

Gimana gak sering lah teman-teman banyakan pramugari internasional yang mostly beberapa bulan sekali mereka ada rute flight kesitu. Plus mereka pada nginep di resort-resort cantiknya Maldives, sejauh mata memandang yang ada cuman laut biru turquoisenya, atol bertebaran dimana-mana. Sudah sudah cukup ya mupengnya, kapan-kapan diwujudin yak! Kekekekekeke *devil'sSmile

Eh ternyata panorama bandara ini sama keren dengan pulau Maldives. Bakalan bisa ngeliat ato-atol cantik disaat take off maupun landing "aaaah ini yang paling seru!!". Maskapai apa aja sih yang punya rute ke MLE ini? Mau tau?!
Berikut penampakan bandara yang dinamai sama dengan mendiang mantan presiden Maldives ke 2 yang meninggal di tahun 2008. Cantiknyaaaaa...
onward to MLE
spot it!
MLE
MLE

Twinkle Lights as Our Room Ideas

“Everything you can imagine is real.” ~ Pablo Picasso
 
Twinkle lights, fancy stuff, simple, pastel and comfy are about our room ideas! [ceileh our yak sekarang] yaiyalah kudu :D
Well, nih aku share beberapa ide untuk mendekor kamar tidur. Supaya tidurnya lebih nyenyak dan makin lelap zzZzzzz!
Dan yang kubutuhkan cuman item-item seperti yang kusebutin tadi, hmmmm sepertinya hubby bear sudah menyetujuinya. Kapan? Nah itu dia belum tau, at least idenya sudah diapproved hihihihi.....

twinkle lights yet simple

Yoga Karena Trend Atau Ingin Sehat?

Ketika aktivitas olahraga itu menjadi trend bahkan happening disejumlah social media, terkadang otomatis kita pun semakin bersemangat melakukannya. Entah itu kita baru saja mengenalnya atau sudah menjadi aktivitas rutin kita sehari-hari agar badan menjadi sehat.

Yoga
Yoga, berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti "penyatuan" bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa dimana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan. [wikipedia]

Trend
Sejak pertengahan tahun 2000, yoga menyeruak bak hujan meteor yang lambat laun makin banyak peminatnya. Terlebih ketika social media Instagram sedang booming di Indonesia, berbagai macam hastag bermunculan ketika instagramer mengupload sebuah foto apalagi bagi kaum hawa yang katanya wanita metropolitan.
Sedang booming kan? Berbagai pose yoga mulai dari yang simple seperti gerakan Cobra, Mountain Pose, Standing Forward Bend,  Half-standing Forward Bend, Plank Pose dan kawan-kawannya. Sampai pose inversions atau aku bilang rada ekstrim seperti Handstand Pose, Headstand Pose maupun Shoulderstand Pose benar-benar booming bak jamur yang tumbuh subur dimusim hujan. 

Fyi, aku yang sudah mulai menekuni olahraga yoga ini sejak 2010 kemarin pun sempat ikutan latah mencoba pose-pose aneh itu tadi hehe.
"Gimana gak aneh ya, la wong dulu mengenal yoga ya benar-benar senam untuk merilekskan badan" Hmmmm tapi jangan ditanya kalo sekarang.
Karenanya aku getol mencari informasi mengenai jenis gerakan yoga yang baru saja kugandrungi ini.
Tanya dokter? Dan betapa terkejutnya aku ketika mendapati artikel dari tanyadok.com ini, pun mengheadlineskan bahwa "Ternyata Yoga dapat Merusak Persendian Lutut!"

Followers