Sayur Manisa Dan Manfaatnya

Sayur Manisa Dan Manfaatnya - Hi beYOUtiful, gimana? Resep lauk yang pernah saya bagikan kemarin? Uda yang udah dicoba beluuum? Atau jangan-jangan hari ini kamu mati gaya lagi yaa, hari ini mau masak sayur apa? Hihihi, baiklah...wanita cantik baik hati ini mau berbagi 2 [dua] resep sayur olahan dari labu siam atau manisa.

Lodeh Manisa

resep-lodeh-labu-siam
Lodeh Manisa
Fyi, seumur-umur baru pertama kali ini loh saya memasak lodeh, karna saya mengira papabear itu nggak doyan. Eh ternyatah, habis disikat juga Lodeh Manisa buatan saya, buat sarapan tinggal nambahin lontong jadi deh Lontong Cap Go Meh hihihi. Berikut resepnya.

Bahan-bahan:
  • 1/2 kg manisa kupas
  • Tempe secukupnya, potong dadu
  • 1,5 liter santan, perasan pertamanya sisihkan ya (santan kental)
  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 3 buah cabe kecil
  • 3 buah cabe merah besar
  • 2 buah lombok hijau, dipotong-potong
  • 1 sdm ketumnar yang telah disangrai
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm lengkuas digeprek
  • 4 lembar daun salam
  • Gula dan garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Haluskan ketumbar, bawang putih, bawang merah, kunyit, cabe besar dan kecil.
  2. Panaskan minyak, tumis bahan yang telah dihaluskan tadi hingga wangi, masukkan lengkuas berikut daun salam.
  3. Tambahkan tempe dan santan encer (bukan perasan pertama ya).
  4. Taburkan gula dan garam secukupnya.
  5. Terakhir, masukkan manisa dan santan kental. Karena manisa tipikal sayuran yang cepat matang, jadi aduk sebentar saja sampai mendidih. Lalu matikan api.
  6. Voilà! Lodeh manisa siap dihidangkan untuk 8 porsi.

Tumis Manisa

resep-tumis-labu-siam
Tumis Manisa
Bahan-bahannya mirip dengan Lodeh Manisa, hanya saja kalo tumis ia nggak menggunakan santan dan ketumbar. Berikut resepnya...

Bahan-bahan:
  • 2 buah manisa (labu siam)
  • Tempe secukupnya, dipotong dadu
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 2 buah cabe kecil
  • 1 buah cabe besar sebagai pemanis
  • 1 cm lengkuas digeprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sdt fish sauce
  • Gula dan garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Kupas dan iris memanjang manisa (labu siam), taburi garam hingga merata untuk menghilangkan getahnya. Diamkan 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  2. Iris bawang putih, bawang merah, cabe kecil dan besar.
  3. Lalu tulis bahan-bahan yang telah diiris tadi, sisihkan cabe besar dan tempe. Bahan yang yang ditumis udah wangi, baru lah dua bahan yang disisihkan tadi kita masukkan. Aduk hingga merata.
  4. Tambahkan sedikit air, masukkan manisa. Jangan lupa, fish sauce, gula dan garam secukupnya. Sebentar aja diaduk merata, manisa ini cepat matangnya.
  5. Voilà! Tumis manisa siap dihidangkan untuk 5 porsi.
Saya cukup menyukai salah satu jenis sayuran merambat ini, yang sejatinya berasal dari negeri gajah Thailand. Selain rasanya yang manis, manisa (labu siam) ternyata juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan loh. Hmmm, kalo ngebahas sayuran berkhasiat, jadi ingat sayuran favorit Tumis Pare haha.


Apa aja sih manfaat si manisa atau labu siam ini? Nih saya kasih bocorannya lagi, baik kan saya orangnya :p
  • Kalo sayur pare berkhasiat dapat membantu menurunkan kadar gula darah, temannya manisa pun berkhasiat dapat menjaga kadar kolesterol. Karena manisa ini nggak mengandung lemak jenuh. Wuah, pas bangeeet nih...kemarin kolesterol. saya sempat anjlok huhuhu.
  • Per 100 gram labu siam, terdapat kandungan 120 mg potassium. Fyi, potassium ini merupakan salah satu sumber elektrolit alami, jadi baik untuk menjaga stamina tubuh kita loh.
  • Membantu menurunkan kadar asam urat, karena manisa termasuk sayuran yang memiliki efek diuretik [alias beser atau sering fifisss] hihihi.
Dan berbagai manfaat lainnya seperti menjaga kestabilan tekanan darah, mencegah kanker, sebagai antioksidan, dsb. Kalo saya tahu manfaatnya bejibun gini, baiknya dikonsumsi sebagai lalapan aja kali ya, untuk memaksimalkan nilai gizinya.

Nah, resep udah didapat sekaligus manfaat dari si manis Manisa atau Labu Siam. Trus, kapan masaknya?? Saya mau incip juga dong sini sini...

17 comments:

  1. saya baru tahu nama lain dari labu siam. Manisa itu dr bahasa apa ya? Sayur ini enaknya dimakan dgn lontong atau kupat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari wiki, org Jawa yang menyebutnya manisa :)
      Iya bener mbak, esoknya saya beli lontong. Kalo lodeh nginep biasanya makin maknyus haha

      Delete
  2. oalaah labu siem tho. hihii...ini aku suka banget lontong sm lodeh labu, pertama kenal di Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii iya bener, manisa mnrt wikipedia bahasa jawanya labu siam haha

      Delete
  3. manisa suka sih kalau pedes :D
    kalau eggak gak gitu suka mbak sayah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh, biasanya diberi lombok utuh di campuran bumbunya yah.

      Delete
    2. Ho'oh, biasanya diberi lombok utuh di campuran bumbunya yah.

      Delete
  4. keliatanya enak ya, bisa cuba dirumah.. makasih nih

    ReplyDelete
  5. mbak saya suka banget ini sayur, kalau diliat liat mirip sayurnya nasi liwet..yaitu labu siam.apalagi pake nasi anget terus pake tempe..tahu krupuk..sumpah, bahagia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh loh...pkus ikan asin ya hahahaha maknyus dah.

      Delete
  6. dari gambarnya enak juga ni sayur manisa

    ReplyDelete
  7. maleh pinter masak bumil tsantik ikiii

    Barokallah

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. Ini tumis labu kalo emak gw bilang hehehe, di gresik kalo nama nya lodeh pasti sayur nangka hehehe

    ReplyDelete
  9. keliatannya enak juga .. conain ahhhh

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Followers