Ceriita di Balik Hunting Kursus Bahasa Prancis di Malang

Sunday, February 19, 2017

Cerita di Balik Hunting Kursus Bahasa Prancis di Malang "Hari ini mau siap-siap ikutan placement test nih." ujar saya pada papabear, "Hah? Apa? placement test?" sahutnya kebingungan. Hihihi maklum ada emak-emak mo belajar biar pinter kek Habibie...eciyeee :p Okeh, placement test, atau tes penempatan, atau penilaian penempatan adalah "penilaian yang ditujukan untuk mengetahui keterampilan prasyarat yang diperlukan bagi suatu program belajar dan penguasaan belajar seperti yang diprogramkan sebelum memulai kegiatan belajar untuk program itu." [1]

Nah, sesuai rencana ... setelah sempat vakum selama hampir 2 tahunan. Sebelum saya mulai mengikuti kursus bahasa Prancis lagi,  ada baiknya saya melakukan tes. Untuk mengetahui, ilmu yang udah pernah saya dapat di IFI [Institute Francais d’Indonesie] dulu masih terasah dengan baik kah? Hahaha. Ya intinya sih, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kita mengenai ilmu yang akan kita pelajari nanti.

Dan, berhubung saya lama banget nggak pernah ikutan yang namanya tes. Trakir ya ujian DELF kemarin di Surabaya, jadi bawaannya grogi duluan hihihi. So, karena saya udah pernah mengikuti placement test untuk Prancis, sekarang saya mau berbagi pengalaman tentang test tsb. Ini dia...

Test de niveau français

Seperti biasa, sebelum mengikuti sebuah tes. Saya biasakan mencari kisi-kisi soal kemudian mempelajarinya. Nah, zaman serba online. Kalo dulu biasanya kita nongkrong di toko buku, sekarang bisa langsung dilakukan di rumah aja...googling, hehe.

Ketika kita masuk di kolom pencarian google, ketik "Test de niveau français". Di situ kalian akan menemukan beragam web yang menyediakan kisi-kisi soal placement test pada umumnya. Mirip seperti kita belajar test TOEFL atau DELF sih. Salah satu referensi web yang bisa kalian kunjungi ialah www.francaisfacile.com cobain deh.

Contoh soal placement test untuk bahasa Prancis

placement-test-bahasa-prancis
placement test bahasa Prancis
"Oooh, mirip test DELF toh." bathin saya sesaat setelah membuka lembar pertama soal placement test kemarin. Yup, kurang lebih mirip seperti kita mengikuti ujian DELF. Materinya seputar compréhension des ecrits, compréhension de l'oral dan sedikit wawancara singkat.

***
Gimana, udah nggak bingung lagi kan placement test untuk bahasa Prancis itu seperti apa. Selanjutnya saya menempati kelas level ke-2, mirip level B1.1 kalo di IFI. Kembali mendalami mengenai imparfait, passé commposé. Pas sekali, karena saya emang masih lemah di kedua tenses tsb, apalagi bentuk konjugasinya huhuhu. Dan, buat kalian yang pengen tahu tempat kursus bahasa Prancis di Malang. Ini dia bocoran berdasar pengalaman saya kemarin ubek-ubek kota Malang.

Hunting Tempat Kursus Bahasa Prancis di Malang

Mulanya saya mencari tahu informasi mengenai kursus bahasa Prancis ini melalui sosial media dan menemukan salah satu universitas ternama di Malang, Brawijaya menyelenggarakan kursus bahasa tsb. Hari berikutnya, sesuai petunjuk cuitan mereka di twitter, saya bergegas mengunjungi Pusat Bahasa di kampus yang letaknya berdekatan dengan Malang Town Square.

Sesampainya di sana saya mendapatkan informasi bahwa kursus akan dimulai jika jumlah peserta sudah mencapai minimal 8 orang, dengan biaya kursus di level pertama sebesar 350rb (update bulan Oktober 2016). Berhubung yang mendaftar baru 1 orang, itupun level pertama. Saya beranjak pergi dan mencari tempat kursus lainnya.

Kursus Bahasa Asing di Universitas Muhammadiyah Malang

Tak jauh dari lokasi awal, tepatnya di Jalan Bandung No.1 saya menemukan lembaga kursus serupa. Yang diselenggarakan oleh program pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Malang. Hari itu juga, saya mencari informasi tsb. Dan aturan yang berlaku pun sama dengan tempat sebelumnya, kursus baru dimulai jika jumlah peserta mencapai min. 8 orang.

Oiya, ada pun rincian biaya kursus bahasa Prancis di sini adalah (update Oktober 2016).
Biaya pendaftaran 100rb (hanya dibayar di awal mendaftar saja).
Level 1 350rb
Level 2, dst 500rb
Biaya placement test 100rb
level-kursus-bahasa-prancis
6 level
Dikarenakan jumlah peserta kursus yang mendaftar lebih ramai ketimbang di Univ. Brawijaya tadi, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil kursus di tempat ini. Pertengahan bulan November kursus pun dimulai. Namun sayang, karena jadwal kursus yang tidak menentu [menyesuaikan jadwal peserta kursus satu dengan lainnya]. Saya lebih banyak tidak bisa hadir, kecewa sih. Karena mulanya saya berpikir kalau jadwal kursus ditentukan oleh pihak penyelenggara, jadi tidak membingungkan peserta kursus lainnya. Bahkan pernah nih, suatu ketika. Kursus diundur dari jadwal semula, informasi yang saya terima 4jam sebelumnya [diinfokan pada hari H]. Kan nggak asik, dududu yang curcol. Alhasil saya cuman berhasil mengikuti kursus sebanyak 2x hmmm.

***
Well, pada akhirnya saya berani menyimpulkan. Bahwasanya masih susah cyiiin mencari tempat kursus bahasa Prancis yang kompatibel seperti di IFI. Tapi kalo kalian ingin mencari kursus bahasa asing lainnya, di KBA Universitas Muhammadiyah ini juga membuka bahasa lainnya loh. Seperti bahasa Inggris, Jerman, Mandarin, Korea, Arab, dll.
"A different language is a different vision of life." ~ Federico Fellini.
* sumber informasi:
[1] Penilaian penempatan http://www.eurekapendidikan.com/2016/07/pengertian-penilaian-penempatan.html [diakses tanggal 06 Februari 2017].

You Might Also Like

21 happy thoughts

  1. Mba Nining pinter bahasa Perancis juga, kereennn, keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi belum pinter mbak, masih belajaran ini ^^

      Delete
  2. Aduh, inget waktu belajar Bahasa Perancis dasar. Bicara Bonjour aja sampai berlepotan. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah keren mbak, ini aku juga masih basic kok. Belajar dan belajar :D

      Delete
  3. Aku cuma tahu kata Je t'aime aja. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe banyak novel, lagu bahkan film menggunakan kalimat ini soalnya ya mbak :)

      Delete
  4. haduh bahasa prancisku level tenggelem banget mbak
    paling bisanya oui :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oui, ca va bien hihihi :)
      thx ya mbak Nin komentarnya.

      Delete
  5. ah keren sangattt, aku pingin belajar bahasa lain juga, tapi english ku masih berantakan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya Englishku juga ala ala mbak, tapi penasaran aja sama bahasa seksi ini hahaha maksa yak.

      Delete
  6. aku ngga ngerti sama sekali bahasa perancis hihihi

    ReplyDelete
  7. Waaah sayang sekali ya :( Makane aku betah di Surabaya, semoga nggak ada hal lain yang bikin aku harus pindah dari Sby 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaah Ika kamu gituuu, bikin kangen Surabaya huhuhu.

      Delete
  8. wah keren waktu itu pernah liat ada kursus bahasa perancis, mau ikut tapi bingung huhuh sekrang nyesell u,u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya tempat kursus bahasa Prancis yang kompatible masih amat sangat jarang yah :(

      Delete
  9. Pengen deh belajar Bahasa Prancis

    ReplyDelete
  10. wuahhhh!!!
    Hebat!! Parabens!!
    (bahasa perancis kah ini) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parabens, hahaha Freddy sekalinya komen ngocol juga :))))

      Delete
  11. eh, jadinya ambil kursus bahasa apa dek?

    ReplyDelete
  12. wah .. keren bisa bahasa prnacis

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Follow me @ki_seki