Berhari Minggu di Kota Malang Hingga ke Batu

Saturday, April 08, 2017

Berhari Minggu di Kota Malang Hingga ke Batu - Hi beYOUtiful, kita ketemu lagi di bulan kelahiran saya ...time flies so fast. Hei April, see you again. ^^ Baiklah, keknya lama kan saya nggak menulis tentang traveling di blog ini. Nah, sekarang saatnya saya bercerita jalan-jalan saya bersama papabear hari Minggu kemarin, hmmm so so yesterday sih sebenarnya. Kenapa? Karna jalan-jalan tipis berdua papabear ini tuh udah dari Juni tahun lalu, sehari sebelum puasa. Eh ini kita udah mo ketemu puasa lagi, baru diposting hahahaha.

taman-rekreasi-Selecta-Malang-Jawa-Timur
berhari Minggu di kota Malang, hingga ke Batu

Hunting menu sarapan, malah dapatnya dessert

Ceritanya ... sehari sebelum puasa tahun lalu itu kami berdua baru aja boyongan ke Malang, setelah sebelumnya kami stay di Surabaya. Lelah unpacking beberapa barang dari kardus yang lumayan menyita keringat, dan kebetulan hari Minggu juga. Yaudah deh, saya dan papabear cus ke atas [daerah Batu] untuk sarapan sekalian wisata kuliner, dilanjut jalan-jalan tipis. Jalan-jalan ke mana juga kita juga belum tau sih, pokoknya keluar rumah aja dulu biar fresh hihihi.

Di awali dengan hunting sarapan di seputaran kota Malang dulu, nah .. berhubung kami berdua belum pernah nyobain menu-menu yang ada di Toko Oen yang terkenal sejak jaman penjajahan Belanda itu. Hayuklah kita cus ke sana, lumayan dekat dari rumah, nggak sampe setengah jam udah sampe. Tepat pukul  8 pagi, karna baru buka, Toko Oen yang biasanya dipadati pengunjung pagi itu masih terlihat sepi. Pun kendaraan yang parkir baru mobil kami hihihi.

Tak lama memilih tempat duduk, buku menu pun disajikan. Lalu saya buka ... lihat,dan cermati "Lah kok menu nuansa babi bertebaran ... oh ow?!" menatap bimbang ke pak suami, ia pun mengaminin. Yaudah deh, daripada daripada. Masak besok mo puasaan menunya pake acara bersinggungan dengan babi, nggak lucu juga kan hihi. Alhasil, kami berdua memutuskan untuk memesan menu dessert aja alias es krim. Fyi, Toko Oen yang awalnya dikenal sebagai warenhuis [toko serba ada] ini emang lebih dikenal dengan menu es krimnya, tekstur esnya enak lembut dan lumer di mulut. Sama halnya dengan Zangrandi Ice Cream yang legendaris di Surabaya.

Selamat menikmati menu pembuka sarapan pagi hari itu ... ^^

menu-di-toko-oen-malang
Toko Oen - Welkom in Malang

Kami berdua memang belum mahir berwisata kuliner hahaha

Sarapan cuman es krim? Laper dong yaaa, langsung aja deh ke rencana awal, kita cus ke Batu. Jujukan sarapan akhirnya bermuara ke Rumah Sosis Bandung, Malang berlokasi tepat di depan wahana wisata Batu Night Spectacular. Di sini kita nggak berlama-lama, karena niatnya emang sarapan. Akhirnya menu sarapan Minggu menjelang siang kami tak lain dan tak bukan adalah Chicken Cordon Bleu dan Sosis Bakar.

menu-rumah-sosis-bandung
chicken cordon bleu
sosis-bakar-batu
sosis bakar
Kelaperan cyiiin, dari kota naik ke atas gegara mo nyari sarapan doang. Dan lagi dasarnya kami berdua kurang mahir untuk urusan wiskul [wisata kuliner]. Googling sana sini, makin membuat kami bingung dengan bermunculannya tempat kuliner di seputaran Batu. Daripada kurang sip, ya ujung-ujungnya cari aman aja daripada laper berkelanjutan hahaha.

Jalan-jalan tipis ke Selecta Malang

Okeh, urusan perut udah beres. Kami berdua melanjutkan perjalanan kembali dan pilihan jatuh pada Taman Rekreasi Selecta, dengan alasan? Udah lama banget kami berdua nggak menginjakkan kaki ke tempat wisata yang dulunya terkenal dengan kolam renangnya itu. Apalagi, Selecta setelah selesai merenovasi sebagian besar lahannya, menjadi taman wisata dengan sejuta bunga yang kece banget. Kalo kalian rajin mengintip atau kepo di sosmed pasti paham deh.

Menjelang puasa, kepadatan jumlah pengunjung masih bisa ditolerir nih ... alhamdulillah parkir mobil pun nggak susah di dapat dan letaknya nggak jauh dari area wisata [hahaha on point banget dah kalo urusan parkir, kudu strategis cyinnn]. Selesai parkir, kami berdua menikmati udara Batu yang kebetulan siang hari itu agak mendung, membuat cuaca siang hari itu makin sejuk. Dan benar banget, Selecta sudah banyak berubah sejak terakhir saya SMP ke sini hahaha lama banget yak. Taman bunganya lebih beragam dan penataannya bagus banget, instagramable mengikuti perkembangan zaman eaaa.

Selain menikmati keindahan Selecta dengan berjalan kaki, juga terdapat beberapa pilihan aktivitas outdoor yang bisa dinikmati bersama keluarga. Di antaranya:
  • Taman bunga, ini dia yang tadi saya bilang renovasi. Kehadiran taman bunga makin mempercantik tempat wisata yang dibangun oleh warga Belanda bernama Ruyter de Wildt pada tahun 1920-an silam tsb, jadi nggak melulu berenang aja. Pihak pengelola tempat wisata juga rajin meregenerasi bunga-bunga koleksi mereka, dan kebetulan kemarin saya ke sana. Beberapa bunga tampak baru mulai ditanam ulang, mungkin supaya nggak bosen itu-itu aja kali ya. Bahkan belakangan saya lihat di sosial media, terdapat artificial berupa burung merak yang berhiaskan tanaman dan bunga. Kreatif kan!

    taman-bunga-di-selecta-malang
    taman bunga
  • Outbond activities, seperti flying fox, bermain jembatan gantung. Juga bisa kalian nikmati di sini, Minggu siang itu terlihat beberapa kelompok anak seusia SD-SMP sedang bermain flying fox. Seru sepertinya hihi. Dan tentunya keseruan tsb disertai dengan tips beraktivitas yang aman ya, play fun and safe.

    flying-fox-selecta-malang
    flying fox
    jembatan-gantung-di-malang
    jembatan gantung
  • Horse riding alias menunggang kuda. Nggak cuman di Bromo doang kita bisa menyewa seekor kuda dan menunggang tipis-tipis ala cowboy. Di Selecta juga ada, makin atraktif kan?!

    sewa-kuda-di-Batu
    sewa kuda
  • Taman bermain, seperti ayunan, jungkat jungkit, bahkan tak ketinggalan kapal kora-kora mini, dll. Lumayan lengkap untuk memenuhi kebutuhan si kecil, etapi pak suami dan saya pun ikut hanyut bermain ayunan juga kemarin hahaha. Sambil mengenang masa kecil, karena dulu terdapat ayunan di rumah saya hihihi.

    wahana-kapal-kora-kora
    kapal kora-kora
  • Kolam renang, ini dia ciri khas Selecta zaman saya SMP hihihi. Kalo ke Selecta ya nggak afdol nggak berenang, padahal cuaca di sana kan dingin ya. Tetap aja orang-orang dengan riang gembira menikmati aktivitas tsb bersama anggota keluarga mereka. Eh sekarang pun ketambahan wahana bebek-bebek air loh, seruuu kan!

    wahana-bebek-air
    bebek air
  • Stand penjual bunga, last but not least. Kawasan Batu yang terkenal dengan udaranya yang sejuk, membuat tanaman cantik apa saja bisa tumbuh di sini. Hal tsb tentunya dimanfaatkan oleh beberapa pengais rezeki penjual bunga berikut, bisa dipastikan saya meupeng ngeliat koleksi bunga yang dijual di sana. Kan udah tinggal di Malang nih, coba deh beli satu dua tanaman ... ssst alhamdulillah sampai sekarang yang masih bertahan ialah tanaman anggrek bulan dan kaktus anggur [sedum] hihihi.

    penjual-bunga-di-selecta
    stand penjual bunga, dekat areal parkir mobil
Lelah bermain dan menikmati outdoor activities, tak terasa ashar berkumandang. Yang mengasyikkan mushola di sini cukup memadai dengan jumlah pengunjung yang ada, nggak kotor dan nyaman. Apalagi di kawasan Batu kan airnya dingin, jadi pas kita berwudhu. Sensasinya, nyesss ... seger banget!

mushola-di-selecta-Malang
mushola

***
Gimana? Acara hunting kuliner sampai jalan-jalan tipis seputaran kota Malang lanjut ke Batu ala saya dan papabear tahun kemarin cukup menarik kan? Apalagi nih, minggu depan long weekends. Jadi, sudah bisa dipastikan beberapa pilihan tempat wisata di kawasan Batu udah dibidik oleh beberapa kaum urban yang haus ber-traveling. Karena bahwasanya kota Batu, Malang mirip dengan kawasan Puncak, Bandung yang juga dibidik oleh masyarakat Jakarta menjelang hari libur tiba.

So, save the date, and happy traveling ^^

* all photos taken by OPPO R2001

You Might Also Like

9 happy thoughts

  1. eh pas aku makan di toko oen, kok ga sadar ada menu babi yaaa... wkwkwkwwk,,, tp memang kita hanya pesen es krim... tapi beneran aku ga ngeh samasekali..

    kita jg ke selecta wkt itu mba.. sbnrnya niat mau ke coban pelangi.. tapi hujaaan... jadilah muter arah ke selecta yg lbh deket... dan pas kita sampe hujan berhenti, dan pengunjungnya dikiiiit banget hahahahahaha... kita seneng, jd bebas tanpa hrs desak2an ;p suka ih aku ama tamannya... puas foto2 ;)

    ReplyDelete
  2. Wiii taman bunganya nih belum sempat kesana. Toko Oen juara sih!!!

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/apply-visa-jepang.html

    ReplyDelete
  3. Dua tempat itu harga makanannya wow wow wow semua, haha.. aku cuma sekali ke toko oen, pas salah pesen menu es krim pula. Cukup pernah saja, gak sreg karena ada B2nya, lebih suka ke hoklay

    ReplyDelete
  4. Wah belum kesampaian juga ke malang

    ReplyDelete
  5. Wuaa... Pengen ke Toko Oen. Yang di Malang belum pernah nyoba. Trus dulu pas ke Selecta juga ga mampir ke taman bunganya.

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ke Selecta, belum pernah ke Oen, dan belum pernah wiskul di Malang, hiks. Yaiyalah, ke Malang dulu pasti dalam rangka study tour sekolah melulu. hihihi..
    Kolam renang di Malang itu lucu jg ya, secara Malang cuacanya sejuk :')

    ReplyDelete
  7. kangen banget sama Malang, waktu kerja di kediri dulu suka weekendan di Malang sama teman2

    ReplyDelete
  8. Selecta ini bener-bener yaaa, inget masa kecil. Btw mbak, coba kalau malem2 ke Selecta, di pintu masuk sebelah kiri ada warung mie rebus. Namanya pak sudin. Legend! Padahal cuma mie rebus gitu hahahha

    ReplyDelete
  9. Aiihhh gak nyangka kalo Toko Oen ada pork-nya, kirain semacam kedai es krim doang.
    Aww dari dulu pengen ke Rumah Sosis belom terlaksana. :3

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Follow me @ki_seki