Jelang Puasa & Hari Raya? Hunting Promo Lebaran, Yuk!

Thursday, May 18, 2017


promo-lebaran-mataharimall
Lebaran sebentar lagi
Berpuasa sekeluarga
Sehari penuh yang sudah besar
Setengah hari yang masih kecil
Alangkah asyik pergi ke masjid
Shalat tarawih bersama-sama 🎶

Hi beYOUtiful, nggak asing kan dengan sepenggal lirik lagu populer dari Bimbo barusan? Apalagi hawa-hawa puasa udah mulai berasa, iklan sirup udah mulai bergentayangan di layar kaca televisi kalian hahaha. Trus kalo udah gitu hawa-hawa lebaran ikut datang menyambut, eaaa trus pengen lebaran aja nih. Dasar emak-emak hahaha.

Kalian rindu tak? Kalo saya jangan ditanya, amat sangat dan akan selalu merindukan suasana puasa Ramadan. Lantas, momen apa aja sih yang biasanya dirindukan jelang puasa dan lebaran?

Tadarus dan Tarawih di Masjid-masjid

Lantunan ayat suci al-quran menggema hampir di seluruh masjid yang saya jumpai, baik pagi, siang apalagi malam hari. Tak pelak menyejukkan hati, pun suasana guyub ketika para jamaah berbondong-bondong mendatangi masjid untuk ikut menunaikan ibadah setahun sekali.

masjid-Turki
[1]
Salat Tarawih, apalagi nih rumah saya selalu berdekatan dengan masjid. Rumah di Malang bahkan cukup 5 langkah aja udah sampai ke gerbang pintu masjid, masya Allah.

Buah Kurma

Bisa dibilang buah nabi ini bakal menjadi ratu di kala bulan puasa tiba, walaupun sebenarnya ia bukanlah buah musiman. Kalo mau kita bisa dengan mudah mendapatkannya di toko-toko yang khusus menjual produk-produk dari negeri Arab.

buah kurma [2]
Namun, udah jadi kebiasaan yah sepertinya. Bulan puasa ya buah kurma, sehingga beberapa lapak mulai dari minimarket hingga supermarket besar pun mulai menjajakan buah kurma dari berbagai jenis. Ssst, bahkan saya udah mulai nyetok dari kemarin loh hahaha. Kenapa? Selain karena memiliki banyak khasiat, kebetulan saya sedang hamil, sehingga buah kurma kadang saya jadikan pengganjal perut kalo lagi lapar di malam hari :D

Bazar Ramadan

Walaupun pada umumnya para penjual makanan musiman tsb menggelar lapak di sembarang tempat, contoh pinggir trotoar. Bahkan tak ayal kadang kehadiran mereka tsb membuat macet lalu lintas sekitar, namun hal tsb tak menyurutkan niat para pemburu takjil ketika waktu buka puasa tiba.

Sehingga untuk mengakomodasi kebutuhan para pembeli, muncul juga beberapa stand bazar Ramadan di beberapa spot, seperti lapangan kelurahan, lapangan parkir pusat perbelanjaan, dll. Gimana? Kalian udah siap berburu kuliner khas Ramadan tahun ini? Hmmm ... ngebayanginnya aja saya udah ngiler nih hahaha.

Ngabuburit

Literally kata "Ngabuburit" ini berasal dari bahasa Sunda. Dari kata burit, yang artinya sore. Sehingga Ngabuburit pun diartikan sebagai menunggu sore.

Ritual ngabuburit biasanya saya lakukan jelang magrib. Selain menghabiskan waktu buka puasa bersama keluarga, tak jarang sekitar pukul setegah lima sore saya mulai mengitari kompleks perumahan hunting panganan yang lagi dipengenin, seperti kolak, jajanan kue-kue yang biasanya hanya muncul di kala Ramadan aja. Siapa coba yang nggak kangen kalo munculnya setaun sekali hahaha.
ngabuburit-buka-puasa
ngabuburit bareng keluarga
Dan makin ke sini ritual ngabuburit ini bukan hanya soal hunting panganan aja loh, seperti halnya ngabuburit [red: windows shopping] di mall-mall sambil menunggu waktu buka puasa tiba ... eaaa.

Promo Lebaran 2017

Nah, bu ibok, mak emak sekalian ... seperti yang saya bilang tadi nih. Hayuk lah ngabuburit sekalian shopping ke mall, yang acapkali dijadikan  agenda menjelang buka puasa tiba. Apalagi kalo hari raya lebaran tiba, bisa dipastikan pusat-pusat perbelanjaan bakal dipenuhi lautan manusia "Hmmm, belum tiba aja gaungnya udah mulai terlihat kok." hahaha.

Bukannya konsumtif atau apa, namun misal seperti saya yang sedang hamil. Bisa banget loh memanfaatkan momen promo lebaran seperti saat ini untuk berbelanja kebutuhan primer, seperti pakaian misalnya. Asal tau aja nih... kemarin saya habis membeli sepotong celana khusus ibu hamil dengan diskon 20% dari harga 199rb loh. Kan lumayan hahaha.

Namun, seringkali yang namanya ibu hamil ini kalo lagi asik berbelanja di mall lelah melanda tiba-tiba. Apalagi kehamilan sudah menginjak trimester ketiga. Jadi, bukan sulap bukan sihir namanya kalo emak-emak macam saya mau nggak mau ya memanfaatkan media e-commerce seperti MatahariMall untuk berbelanja online.

Adapun promo lebaran 2017 yang digelar oleh salah satu department strore terbesar di Indonesia ini pun beragam. Mulai dari produk fashion, elektronik hingga kebutuhan rumah tangga bisa kita dapatkan di sini. Pas kan buat kalian yang kurang suka berdesak-desakkan di mall hanya untuk sekedar mencari kebutuhan jelang lebaran.

promo-matahari-mall
promo lebaran 2017 di MatahariMall.com
Cukup hunting melalui layar komputer atau handphone. Dalam beberapa hari barang yang dinanti akan segera tiba di depan pintu, dan siap menyambut hari lebaran nan fitri.

***
Gimana? Apa kalian juga merindukan momen-momen barusan? Mulai dari tarawih, buah kurma, ngabuburit hingga berburu promo lebaran. Atau, kalian malah punya momen tersendiri yang bikin nggak sabar untuk menyambut puasa pun lebaran. Ssst, bisikin saya dong ;)

* sumber foto:
[1] https://pixabay.com/en/on-cami-city-%E2%80%8B%E2%80%8Bcenter-the-minarets-1433584/ [diakses tanggal 17 Mei 2017].
[2]  https://id.pinterest.com/pin/680395456174123188/ [diakses tanggal 17 Mei 2017]

You Might Also Like

10 happy thoughts

  1. aku beli ini itu, sebelum ramadan, biar nggak kepikiran, biar khusu' jalani ibadah, atau kalau ada yang kurang, jalan - jalan pas datang bulan, wkwkwk.. atau beli online dong biar cuma gesek :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha bisa bisa jadi, kusyuk ibadahnya yaaaa

      Delete
  2. Hai hai makk.. Baru mulai blogwalking lagi nih.. Hehee.. Selamat menunaikan ibadah puasa.. Yookk ngabuburit rame rame sambil berburu promo dan diskonan *halah* hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo mbak cantik, welkom back! Met puasa juga ya ;)

      Delete
  3. Waduh, kalau denger kata Promo, istriku fokus... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naluri wanita sepertinya di mana-mana sama ya :D

      Delete
  4. Puasa baru seminggu, hunting promo lebarannya disiapin dari sekarang yaa..mumpung THR udah cair.hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widiiiiiw THR sudah menampakkan duri trnyta, cepet juga Fan hihihi.

      Delete
  5. Bahaya nih kalau abis dapet THR liat tulisan diskon, promo atau sale hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha, etapi yg namanya IRT kebutuhan lebaran lumayan juga loh selain unt hal2 entertaint, eaaaa pengalihan isuuu

      Delete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Follow me @ki_seki