[sinopsis] Room 2015

Friday, May 05, 2017

Halo moviegeek, maaf yaaa kalo akhir April kemarin saya nggak ngepost something about movie [ada yang ngeh nggak sih benernya?!] hahahaha. Well, pokoknya saya mo minta maaf deh yaaa. Akhir April kemarin rada tumbang gegara flu dan batuk. So, awal Mei ini deh gantinya ... dan weekends movie kali ini saya akan mengupas film Room yang tayang 2015 lalu.

room-movie-poster-2015
ROOM 2015 [1]
Pas kan, karena hari Minggu kedua di bulan Mei merupakan Mother's Day International. Meskipun film Room ini udah tayang 2 tahun lalu, tapi nggak terlalu lawas lah yaaa. So here we are ... [oiya spoiler alert yak!].

SINOPSIS

Wanita muda bernama Joy "Ma" Newsome [Brie Larson] 24th hidup bersama putranya Jack Newsome 5th [Jacob Tremblay]. Dalam satu kamar kecil sekali, sejak Ma diculik oleh Old Nick [Sean Bridgers] sang pria misterius. Kemudian disekap, sampai ia melahirkan Jack di kamar tsb.

Meskipun hidup dalam sepetak kamar yang sempit, berikut perabot seperti tempat tidur, dapur ala kadarnya, toilet, bahkan bathtub pun tersedia di dalam sanaMa tetap mengajari Jack untuk mengenal bahwa dunianya bukan hanya di dalam kamar itu aja, di luar kamar yang mereka tempati adalah dunia sebenar-benarnya.

Bagaimana Ma mengajari anaknya? Melalui acara TV ... yup, Old Nick masih berbaik hati mau menyediakan sarana televisi. Ma menjelaskan satu persatu kepada Jack, mana yang nyata, dan mana yang khayalan.
Jack: "Are we in another planet?"
Ma: "Same one. Just a different spot." [1]
Hal tsb pun berguna saat mereka melancarkan rencana, supaya bisa keluar dari kamar sempit tsb. Hingga pada suatu hari, Ma menjalankan ide dan aksinya, bekerja sama dengan Jack tentunya. Sampai akhirnya mereka berdua berhasil mengelabui Old Nick, hingga Jack berhasil kabur lebih dulu.

Setelahnya ... dengan bantuan kepolisian setempat, tak lama kemudian Ma pun berhasil ditemukan. Kepolisian di sana canggih juga, dengan bantuan citra satelit berikut penuturan deskripsi lokasi kejadian oleh Jack. Lokasi kamar tsb berhasil ditemukan.

Bravo Jack! Padahal kan sebelumnya ia hanya hidup dalam sepetak kamar, namun hal tsb tidak membuatnya gentar terhadap perubahan sekitar, justru sebaliknya. Jack ternyata seorang bocah pemberani, meski ia masih asing dan ketakutan dengan kehadiran orang lain selain ibunya.

Mendapat perawatan singkat di sebuah rumah sakit, untuk menetralisir keadaan psikologis Jack. Kedua orang tua Ma lalu datang ke rumah sakit untuk membawa pulang putri dan cucu mereka.

KLIMAKS

"I've been in the world 37 hours. I've seen pancakes, and a stairs, and birds, and windows, and hundreds of cars. And clouds, and police, and doctors, and grandma and grandpa..." ~ Jack's said. [2]
Mendampingi Jack untuk mengenal dunia yang sesungguhnya bukanlah hal yang mudah, terlebih kondisi Ma sendiri yang masih labil selepas disekap selama bertahun-tahun hingga hamil dan mempunyai anak.

Belum lagi ketika mendapati keadaan bahwa kedua orang tuanya telah bercerai, ditambah ayah Ma yang belum bisa menerima kehadiran Jack sebagai cucunya. Kompleks deh masalah yang harus dihadapi Ma.

Beruntung sang nenek Nancy Newsome [Joan Allen] beserta pasangan barunya Leo [Tom McCamus] mau menerima kehadiran Jack.

Yup, konflik yang terjadi dalam keluarga ini lebih mengenai keberadaan Jack, masih ditambah keberadaan para kru reporter TV yang antusias mewawancarai Ma untuk mengulik kisah penculikan tsb. Yang dianggap fenomenal, 7 tahun disekap ... rating acara pasti tinggi dong ya [sigh].
"But was that the best thing for him?" ~ said the interviewer
Namun, apa lacur ... pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan interviewer tsb justru makin membuat Ma galau. Makin bimbang apakah ia sudah menjadi ibu yang baik bagi Jack atau sebaliknya hingga membuatnya sempat melakukan usaha bunuh diri.

Ma yang awalnya mengkhawatirkan kondisi Jack, justru keadaan berbalik padanya. Jack lah yang membantunya melewati hari-hari sulit tsb.

PS

Film drama ini banyak memboyong penghargaan bergengsi, karena dimainkan oleh aktor dan aktris berbakat. Nah, yang paling familiar di mata saya ialah Joan Allen. Yang juga ikut bermain dalam The Bourne movies series sebagai officer CIA yang biasanya garang banget! Tapi di film ini, Joan Allen tampil kalem, cenderung woles hehe.

room-movie-scenes
Ma and Jack, chemistry keduanya dapat banget. [2]
Nggak hanya itu, aktor cilik Jack yang diperankan oleh Jacob Tremblay juga nggak tanggung-tanggung nih. Jacob yang juga bermain di film horor fantasi "Before I Wake" menyabet beberapa awards bergengsi. Di antaranya Critics Choice Movie Award for Best Young Performer 2016, dan Best Performance by an Actor in a Leading Role yang diselenggarakan oleh Canadian Film Awards juga di tahun 2016.

Kemudian Brie Larson sebagai pemeran Ma pun ikut mengantongi awards bergengsi, membawa pulang trophy sebagai The Best Actress di ajang The Academy Award atau Piala Oscar di tahun 2016, wow!

PREVIEW
Film drama yang diadaptasi dari novel berjudul sama Room, karangan Emma Donoghue mengantongi rating IMDb 8.2/10 wow! Layak tonton banget kan, apalagi seperti yang saya bilang di awal ... menyambut Mother's Day International nih.

Karena dari film tsb banyak hal yang bisa kita petik, baik dari sisi psikologis bagaimana seorang ibu menghadapi suatu permasalahan pelik dalam hidupnya. Maupun seorang anak yang justru malah menguatkan sang ibu sebagai dewasa.

***
Fyi, kasus serupa seperti film ini pun pernah terjadi di salah satu negara bagian Amerika. Di tahun 2013, seorang pria bernama Castro yang dikenal normal oleh tetangga sekitarnya, bersama dua tersangka pria lainnya telah menculik dan menyekap 3 orang remaja gadis selama 10 tahun.

Amanda Berry, Gina DeJesus dan Michele. Bahkan salah satu korban penculikan tsb sampai melahirkan seorang anak, kisah yang menyayat hati banget. Bahkan salah satu orang tua dari ketiga remaja gadis tsb meninggal dunia karena dirundung kesedihan yang mendalam :(

Dan belakangan di negara kita sendiri santer tersebar kabar mengenai berita penculikan anak, untuk itu kita hendaknya mawas diri terhadap sekitar [imho].

Penasaran? So, happy watching moviegeek ^^

---------------------------------------------------
Genre: drama
Produser: Ed Guiney, David Gross
Sutradara: Lenny Abrahamson
Produksi: Telefilm Canada, Filmnation Entertainment, Bórd Scannán na hÉireann/Irish Film Board, Element Pictures, No Trace Camping, Film4
Durasi: 1jam 58min [118 menit]
Cast: Brie Larson, Jacob Tremblay, Joan Allen, Sean Bridgers, Tom McCamus
Tahun: 2015

* sumber informasi:
[1, dan 2] http://imdb.com/title/tt3170832/quotes [diakses tanggal 04 Mei 2017].

* sumber foto:
[1] http://imdb.com/title/tt3170832/mediaviewer/rm639690752 [diakses tanggal 04 Mei 2017].
[2] http://palyvoice.com/2016/02/11/room-transcends-tragedy-to-portray-hope-in-the-horrifying/ [diakses tanggal 04 Mei 2017].

You Might Also Like

7 happy thoughts

  1. Kisah drama yg menyayat hati dan mengaduk2 semen perasaan.
    Pantas lah dapat Oscar. Jadi pengen nonton juga nih, cantik.
    TFS yaaa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, nontonnya bikin teeharu. Sebegitunya kehidupan menempa mereka.

      Delete
  2. Penasaran, apa saja yang telah dilakukan Jack kepada Ma saat melewati hari Hari yang sulit tsb? Pasti touchy deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Fan, tipikal kelakuan anak2 yg kadang di luar nalar orang dewasa sekalipun. Mereka sudah bisa menghadapinya.

      Delete
  3. Aihhh aku gak sanggup nonton film menyayat hati, masih maju-mundur. Baru nonton setelah dapet hidayah. :v
    Film terakhir yang aku tonton bertema penculikan judulnya Split Mbak, tapi lebih ke misteri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum nonton tuh yg Split, gk tau kenapa belakangan suka nonton film yg based on true event. Lebih dapet feelnya, eaaaa

      Delete
  4. Saya cuma baca 1 paragraf pertama, dan tertarik buat nonton. Demi memberikan kenyamanan saya saat mau nonton nanti makanya saya gak lanjutin bacanya hahahaha... makasih review filmnya.
    Jangan lupa main ke blog saya juga : Kuliner di Bandung

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Follow me @ki_seki