Candi Badut, Candi Tertua Di Jawa Timur

Wednesday, February 07, 2018

candi-badut-malang
Candi Badut, Candi Tertua Di Jawa Timur - Menikmati candi peninggalan jaman kerajaan itu nggak melulu kudu ke Jawa Tengah, atau blusukkan ke tempat nan jauh di sana. Misal, kudu ke Borobudur, Prambanan, atau candi Ratu Boko yang belakangan makin hits gegara pelem yang dimainkan abang Rangga di AADC2 itu. Karena ternyata di seputaran kota Malang kita pun bisa menikmati sebuah candi yang diyakini tertua di Jawa Timur,
"...peninggalan peninggalan Prabu Gajayana, penguasa kerajaan Kanjuruhan sebagaimana yang termaktub dalam prasasti Dinoyo bertahun 760 Masehi." [1]

Terletak di seputaran Villa Puncak Tidar

Yup, candi ini berlokasi di seputaran Villa Puncak Tidar. Wuih ... beneran kan nggak nyangka. Karena setelah saya mengupload insta story pun beberapa mengira saya ini tengah berada di sebuah desa, atau lagi di suatu tempat antah berantah. Eh nyatanya, cuman di Malang loh! Tepatnya di sekitaran perumahan Villa Puncak Tidar.

Candi Badut, demikian ia dinamai. Diduga kata badut ini sendiri berasal dari "...bahasa Sanskerta Bha-dyut yang berarti sorot Bintang Canopus atau Sorot Agastya." [2]

Cukup unik lain, dan daripada yang lain yah namanya, tidak seperti kebanyakan nama-nama candi di Indonesia pada umumnya.

Sepi pengunjung, kecuali ...

Bersama papabear, dan babybear Candi Badut menjadi tujuan wisata tipis-tipis kami di hari Minggu kemarin. Sesampainya di area parkir yang masuk menjorok ke dalam dari jalan utama [Jalan Raya Candi], kendaraan yang terparkir di situ nggak terlalu banyak. Hanya terlihat beberapa mobil saja, dan kebetulan kedatangan kami berbarengan dengan beberapa anak sekolah yang sepertinya sedang berwisata juga di sini.

Jadi lumayan agak ramai, karena biasanya suasana di candi yang berlatar agama Hindu ini relatif sepi pengunjung. Kecuali hari raya Nyepi tiba ya, di mana candi tsb akan ramai dikunjungi untuk beribadah.
umat Hindu merayakan Nyepi [1]
Selain sepi, untuk masuk ke area candi pun kita nggak ditarik karcis loh. Cukup mengisi buku tamu aja, atau kalo mau menyumbang boleh-boleh aja kok.

A glimpse of Candi Badut

Penasaran pengen tau seperti apa sih Candi Badut ini, ini dia video kami sewaktu mengunjungi candi yang sempat mengalami dua kali pemugaran.


* sumber foto:
[1] https://ngalam.co/2017/03/30/upacara-ngembak-ghni-upacara-menutup-hari-raya-nyepi/ [diakses tanggal 07 Februari 2018].

* sumber informasi:
[1] [2] https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Badut [diakses tanggal 07 Februari 2018].

You Might Also Like

6 happy thoughts

  1. Aku masih trauma kawasan Tidar gara-gara nginap di Hotel Tidar yang horror banget :D Mungkin lokasi Candi ini ga jauh-jauh dari hotel Tidar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha aku makin penasaran, tulis po'o mbak. Nama lokasi disamarkan gitu loooh.

      Delete
  2. Aku juga sempat maen ke sini beberapa waktu lalu, pas panas-panas lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah edisi berjemur di candi dong ya mbak kmrn hehehe

      Delete
  3. Wah candi badut cand tertua di Malang yaa, hmm aku jadi penasaran.

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Follow me @ki_seki