Vertigo

Wednesday, May 18, 2011

Vertigo...adalah salah satu jenis gangguan kesehatan yg gak sekeren namanya haha @_@
gak enak banget deh kalo lagi dilanda penyakit satu ini, udah rasanya yg pusing-pusing gak jelas ditambah rasa mual yang kata sebagian orang mirip orang lagi hamil muda hahahaha [makin ngaco dah ni postingan] bahkan tak jarang si penderita bisa sampai muntah *omg
Kebetulan banget sekarang pikiran lagi suntuk, boring dan lain lain ditambah ni vertigo lagi menderaku hari ini [apalagi dah hampir 1bulan aku gak rutin pergi ngegym] *komplit deh :p oiya uda pada baca belum nih,  salah satu tips untuk ngilangin vertigo bisa dilakukan dengan rutin berolahraga, seperti di postinganku ini :-)

Ketika seseorang mengalami vertigo sudah pasti keadaan pusing lah yang sedang ia alami. Dimana penyebab pusing itu bisa bermacam-macam bisa berasal dari sistem sarafnya yang terganggu atau mungkin dari THT, jantung, mata, bahkan secara kejiwaan.
Jadi vertigo ini merupakan salah satu bentuk gangguan keseimbangan yang dalam istilah kedokterannya lazim disebut vestibular [berat kayaknya ni postingan] hehehehe


Sedikit info, berdasarkan saluran vestibular yang mengalami gangguan, vertigo diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu Vertigo Periferal dan Vertigo Sentral. Disebut Vertigo Periferal jika gangguan terjadi di saluran yang disebut Kanalis Semisirkularis yaitu telinga bagian tengah yang mengontrol keseimbangan. Sedangkan  Vertigo Sentral jika gangguan terjadi khususnya di bagian saraf keseimbangan yaitu daerah percabangan otak dan Cerebellum (otak kecil). 
[pengalaman pribadi] ketika vertigo sedang mendera, tidur ataupun sekedar berdiam diri di ruangan yang gelap dan sepi bisa dijadikan terapi sementara untuk meredakannya [mungkin karena pusat keseimbangan manusia terletak di otak & telinga kali yah, jadi sepi menjadi obat mujarab untuk meredakannya] 

Untuk itu vertigo sebaiknya jangan dianggap remeh, karena bisa jadi hal tsb merupakan pertanda awal dari penyakit-penyakit seperti Tumor Otak, Hipertensi, Diabetes Melitus, Jantung dan Ginjal. Namun untuk mendiagnosis hal tsb diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi kemungkinan-kemungkinan tadi seperti CT scan atau MRI kepala.

Jadi memang benar adanya gaya hidup sehat dengan berolahraga rutin mutlak diperlukan di tengah-tengah rutinitas yang kita lalui sehari-harinya *wink
-- doing sports for healthy life

You Might Also Like

0 happy thoughts

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram