See the World Through my Lens

Tuesday, June 28, 2011

Contact lens saat ini bukan hanya digunakan sebagai alat bantu kesehatan saja, terlebih saat ini contact lens mempunyai banyak pilihan warna cantik bahkan memiliki motif-motif centil, eye catching banget deh pokoknya hehe..Sehingga menjadikannya gaya hidup untuk mempercantik penampilan terutama mata kita dikarenakan tampilannya yang praktis otomatis dengan mudah dapat menggantikan fungsi dari kacamata konvensional. Cocok banget kan buat saya yang kurang pe-de dengan menggunakan kacamata konvensional.

Berdasarkan fungsinya secara garis besar contact lens dibagi menjadi tiga, diantaranya contact lens yang digunakan sebagai pengkoreksi, contact lens untuk terapi pengobatan, contact lens yang digunakan sebagai alat kecantikan. Nah..karena fungsi yang ketiga ini lah pada akhirnya saya gunakan sebagai acuan kenapa terkadang sesekali saya mengganti kacamata konvensional saya ;)

Eits..bukan berarti karena mengandalkan unsur kecantikan tadi lantas kita mengabaikan detail-detail mengenai contact lens ini loh, karena penggunaannya yang tepat pada kornea mata sudah pasti diperlukan ketelatenan at least kita tahu cara-cara memakai dan merawat concat lens yang baik dan benar. Jadi kita harus tau dengan pasti apakah mata kita cocok untuk memakai contact lens ini tadi. Jadi ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis mata sebelum kita memutuskan untuk memakainya. 

through the lens i see you :x
Sedikit tips berdasarkan pengalaman pribadi saya, pilihlah contact lens yang memiliki kadar air atau "lapisan air mata" diatas 50%. Based on true story hehe...pertama memakai concact lens saya memakai merk X2 yang ternyata merk tsb memiliki kadar air kurang dari 50% alhasil mata saya sedikit mengalami iritasi dan setelah saya konsultasikan dengan dokter ternyata kadar air yang aman untuk penggunaan concact lens adalah di atas 50%. Mengapa demikian? karena usut punya usut, contact lens dengan kadar air lebih dari 50% memiliki transfer oksigen yang lebih bagus ke arah kornea. Dan jangan lupa untuk membersihkan concact lens sebelum dan sesudah memakai dengan menggunakan cairan pembersih khusus dan untuk menghindari iritasi mata sebaiknya jangan menggunakan contact lens saat hendak tidur.

Kalau melihat dari unsur keamanan mata, contact lens jenis Rigid Gas Permeable (RGP) bisa dibilang memiliki teknologi diatas jauh lebih canggih sehingga lebih aman penggunaannya dibandingkan contact lens jenis hard lens maupun softlens (seperti yang saya pakai) Contact lens jenis RGP memiliki teknologi dimana memungkinkan oksigen menembus lensa sehingga tidak perlu dikhawatirkan permukaan mata kita kekurangan oksigen. Kelebihan lensa RGP terletak pada diameternya yang lebih dibandingkan kornea mata sehingga dapat membantu pelumasan pada mata kita yang mana hal ini dapat membantu mengurangi iritasi pada mata. Akhirnya lensa jenis ini memungkinkan terjadinya pertukaran air mata seperti saat kita tidak memakai contact lens. Wow beneran canggih yah :)

Sudah barang tentu harga yang dibandrol pun pastinya sesuai dengan kelebihannya masing-masing. Untuk jenis softlens seperti yang saya kenakan, dengan harga mulai dari 80.000 IDR per pasang kita sudah bisa membawa pulang softlens yang kita sukai. Dan untuk jenis RGP harga dibandrol dikisaran 4juta IDR per pasang hehe :D kata salah satu teman saya "ada harga ada rupa" :))

Maka dari itu kenali mata kita terlebih dahulu sebelum kita hendak menambahkan aksesoris untuk mempercantik penampilan, karena alih-alih mau mempercantik malah jadi horor nantinya hehe :p

You Might Also Like

1 happy thoughts

  1. wah terimakasih untuk sharing pengalaman memakai softlennya, oh iya untuk softlen x2 untuk kadar air yang saya tau tergantung brand untuk kadar air yang >50..cmiiw.

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram