Yang Unik di Pulau Sangalaki

Friday, June 03, 2011

Pesona propinsi Kalimantan Timur yang terletak di Pulau Kalimantan yang notabene merupakan pulau terbesar di dunia ini tenyata menyimpan sejuta pesona wisata alam. Dan sudah bukan rahasia umum lagi kalau di salah satu kepulauannya memiliki sejuta pesona alam bawah laut pula yang sayang untuk dilewatkan [termasuk saya hihihi] yang kala itu sewaktu sedang pulang kampung tidak meluangkankan sedikit waktu untuk mengunjunginya, padahal kalau dilihat-lihat pulau ini letaknya tidak jauh dari tempat kelahiran saya kota Tarakan [curcol dikit aah] :) Pulau apa sih? mau tau? yuk disimak bocoran cerita malam kali ini hehe.

Pulau Sangalaki yang terletak di Kepulauan Derawan [dengar nama Derawan pastinya gak asing kan di telinga kita] Melalui Tanjung Batu-Kabupaten Berau dengan menggunakan speedboat, kita bisa mencapai Pulau Sangalaki yang ditempuh sekitar 2 s/d 3jam [lama juga ya, jadi kali ini saya tidak mengulas detail how to get there hehe :p] 
Di Kepulauan Derawan juga terdapat 3 pulau tujuan wisata populer lainnya diantaranya Derawan, Maratua dan Kakaban. Namun dengar-dengar Sangalaki lah yang memiliki keunikan tersendiri dari ketiga pulau tsb.


Sesampainya di tepi pulau, pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai akan menyambut kita. Dengan waktu 30 menit saja kita sudah bisa loh mengelilingi pulau yang memiliki luas 15,9 hektar ini :) tentunya di sini kita bukan hanya berjalan santai saja bukan?

Pulau Sangalaki, sumber: google
Dan seperti yang sudah saya katakan di awal tadi, pulau Sangalaki ini memiliki keindahan bawah laut dimana banyak terdapat spot-spot diving di sekitarnya. Sehingga para wisatawan  dari seluruh dunia yang pernah berkunjung ke pulau ini menamainya menjadi beberapa spot diving, diantaranya:

1. Channel Entrance
2. Coral Gardens
3. Turtle Town
4. Sandy Ridge
5. Manta Run
6. Sherwood Forest
7. Manta Parade
8. Manta Avenue
9. Eel Ridge
10. Lighthouse
11. The Rockies

Banyak juga ya ternyata...tidak salah memang, karena terumbu karang yang terdapat di perairan di sekitar pulau ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Dimana tutupan karang rata-rata Pulau Sangalaki adalah 26.75% untuk karang keras dan 42.50% untuk karang hidup, wow ;)

Keunikannya tidak sampai disitu saja loh, Sangalaki yang juga berstatus TWAL (Taman Wisata Alam Laut) ini merupakan pulau peneluran Penyu Hijau yang terpenting di Asia Tenggara, bahkan mungkin di dunia. Adalagi keunikan biota laut lainnya, dimana kita bisa menyaksikan  atraksi Ikan Pari Manta di perairan sekitar yang akan naik ke permukaan untuk memakan plankton.

Jadi gak salah bukan kalau pulau ini dibilang unik dari pulau lainnya, terlepas masing-masing pulau juga memiliki keunikan sendiri. Jadi jangan lupa untuk memasukkan pulau ini ke dalam daftar agenda spot diving anda selanjutnya ;)


You Might Also Like

0 happy thoughts

Terima kasih sudah berkunjung di blog #beYOUtiful ini, semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat :)

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram