Leak is Haunting Me

Friday, July 08, 2011

Sepertinya icon yang satu ini gak bisa lepas dari yang namanya pulau Bali, meskipun wujudnya yang menurut saya agak sedikit menyeramkan ditambah terkadang pemain dibalik topeng tsb memperagakan gerakan-gerakan yang agak "menyeramkan" juga, tapi tidak menyurutkan niat beberapa orang untuk mengabadikannya di balik lensa, termasuk saya tentunya hehe...

GWK_leak
Tya & Me
Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat dimana Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Dikatakan juga bahwa Leak dapat mengubah diri menjadi babi atau bola api, sedangkan bentuk Leak yang sesungguhnya memiliki lidah yang panjang dan gigi yang tajam [wikipedia] ini bisa terlihat dari ornamen yang menghiasi topeng-topengan Leak itu sendiri yang lazimnya terdapat lidah yang terjulur panjang lengkap beserta taringya. Bahkan Leak ini umumnya hanya bisa dijumpai di pulau Bali saja, hmmm...makanya everywhere i go he's always haunting me haha >:)


Sewaktu saya mengunjungi Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, di depan pintu masuk saya sudah disambut "hangat" oleh leak lengkap beserta barong Bali'nya dan mereka mulai beraksi layaknya leak sungguhan, menari-nari berputar mengelilingi saya dan para pengunjung lainnya. Atraktif memang dan ini bisa dilihat dari antusias para pengunjung lainnya dimana mereka juga mengambil foto bersama leak. Saya pun ikutan aaah ;))

Leak_di_GWK
@ GWK
Sedikit informasi seperti halnya dalam tradisi Jawa yang biasa disebut tirakat, maka leak itu sendiri memiliki beberapa tingkatan menurut tingkatan rohani yang dipelajarinya, diantaranya:
  • Leak brahma
  • Leak bulan
  • Leak pemamoran
  • Leak bunga
  • Leak sari
  • Leak cemeng rangdu
  • Leak siwa klakah

Tentunya disetiap tingkatan tsb memiliki kekuatan tersendiri dan konon Leak siwa klakah inilah yang memiliki tingkatan tertinggi dikarenakan dari ketujuh cakranya mengeluarkan cahaya yang sesuai dengan kehendak batinnya. Phew...apapun itu namanya, tentunya kita patut berbangga karena sekali lagi kekayaan Indonesia bukan hanya dilihat dari keindahan alamnya saja melainkan dari tradisi-tradisi yang menyertainya.
So..explore our culture [Indonesia] first ;)

You Might Also Like

0 happy thoughts

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram