Soya ala chef Dwi

Monday, July 11, 2011

Soya atau yang biasanya kita sebut dengan sari kacang kedelai atau susu kedelai tentunya sudah tak asing lagi bukan di telinga kalian semua? Perlu diketahui berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa soya atau susu kedelai  memiliki manfaat dan kandungan gizi yang lebih kaya dibandingkan dengan susu sapi. Hmm...yuum.

Berikut beberapa manfaat dari soya atau susu kedelai, diantaranya:
  1. Sumber protein nabati yang terbaik
  2. Meningkatkan metabolisme tubuh
  3. Menguatkan sistem imun tubuh
  4. Menstabilkan kadar gula darah
  5. Melindungi dan menurunkan resiko sakit jantung
  6. Mengurangi resiko serangan jantung dan stroke
  7. Menambah daya ingat
  8. Membentuk tulang yang kuat
  9. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
  10. Menurunkan resiko kanker payudara
  11. Menurunkan resiko kanker prostat
  12. Menghasilkan tenaga dan meningkatkan kesehatan
Dari sekian banyak manfaat tsb di atas tentunya sudah bisa dipastikan bahwa kandungan gizi yang terdapat dalam susu kedelai ini sangatlah dibutuhkan bagi tubuh kita.
Kandungan gizi tsb diantaranya: lemak nabati, karbohidrat, serat/fiber, mineral, polosakarida, isoflavon, kalsium dan tak ketinggalan  pula berbagai kandungan vitamin A, B1, B2 serta E di dalamnya. Apalagi buat saya yang agak takut gemuk [haish badan udah kecil gini masih takut gemuk] sangat cocok dikonsumsi karena susu kedelai ini ternyata rendah lemak juga, jadi don't worry be happy yah *loh?!

Hmmm....kalo melihat banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya, dengan semangat 45  serta berbekal alat pengolah sari kedelai hasil pinjaman dari sodara saya mengolahnya sendiri di rumah. Hehe..let's cekidot :)

step by step
Tahapan-tahapan mengolah sari kacang kedelai
  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan utamanya, berupa kacang kedelai siap olah yang bisa kita dapatkan di supermarket terdekat seharga Rp. 16.300,- per kilo'nya, kalo di pasar tradisional mungkin lebih murah lagi.
  • Kemudian cuci dan rendam kacang kedelai sampai kiranya agak sedikit mengembang atau sekitar 2jam'an.
  • Siapkan alat pengolah, masukan kacang kemudian air matang dan jangan lupa alatnya colokkan ke listrik ya. Baru deh kacang siap diblend sampai keluar sarinya.
  • Kemudian masukkan sari kedelai tsb ke dalam panci, tambahkan sedikit garam dan bagi kalian yang suka manis bisa menambahkan gula sesuai selera. 
  • Rebus hingga matang, saring dan sajikan, wala! ;)
Membaca tahap demi tahap yang sudah saya sebutkan satu persatu ditambah gambar sesuai tahapan tsb [harap maklum ya kualitas foto kurang memuaskan hehe] pastinya tidak membingungkan  buat kalian bukan? Dan jika di rumah tidak memiliki alat pengolah tsb, bisa kok diganti dengan blender [kalo ini pasti punya kan] setelahnya tinggal menyaring sarinya saja seperti biasa. So...cukup mudah bukan? jadi tunggu apalagi atau kalo gak mau ribet ya tinggal beli saja soya atau susu kedelai di toko -toko terdekat haha :)) 

"Hidup sehat berawal dari niat"

You Might Also Like

0 happy thoughts

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram