Maskapai Nasional dan Internasional Pun Berbatik

Friday, January 25, 2013

Berbekal dari hunting kain batik di beberapa toko batik sampai butik batik hingga akhirnya saya menemukan kain batik yang pas dengan selera saya di sebuah situs belanja batik online, hingga kemudian saya jahitkan ke penjahit langganan dan tam..tam...tam jadilah dress batik yang saya idam-idamkan selama ini hehe. Scara jarang banget kita jumpai dress batik dengan dasar warna putih, ya nggak?!?
Apalagi di Berbatik ini bukan hanya bermacam motif kain batik saja yang bisa kita jumpai, melainkan mulai dari aksesoris, baju anak hingga dewasa bahkan sepatu dengan motif batik pun ada loh.

Dan dress batik ini akhirnya saya kenakan ketika foto untuk apply lamaran kerja di maskapai internasional kemarin. Pun ketika mengikuti walk interview saya berbatik, alhasil salah satu interviewer dari Singapura berdecak kagum sembari mengomentari secara spontan "You looks elegant wearing that batik."  ketika melihat saya yang tampak eye catching diantara applicant lainnya. "Tuh kan, emang gak salah kalau kita getol mempertahankan batik sewaktu tetangga sebelah hendak mengklaimnya." batin saya seketika.

seragam-pramugari
batik of mine
Kenapa juga siiih saya getol banget dengan kain batik yang pembuatannya dapat dilakukan secara modern maupun konvensional dengan menggunakan canting dan malam ini? Bahkan sampai bela-belain hunting dan jahit sendiri kain batik idaman saya?
Mengapa tidak! Maskapai  internasional sekaliber Singapore Airlines saja membekali para awak kabinnya dengan seragam kebaya bermotif batik, begitupun dengan maskapai nasional milik negri jiran Malaysia Airlines. Apalagi kita Indonesia dengan Garuda Indonesia dan Lion Air, beugh!!!! Awak kabin mereka sungguh mempesonakan berbalut seragam kebaya bermotif batik.
So, perusahaan-perusahaan besar saja bangga merepresentasikan batik ke setiap karyawannya apalagi kita secara individu jangan mau kalah dong. Makanya saya bela-belain hunting dan jahit sendiri nih kain batik. Setuju kan?!? ;;)

Dan kabar-kabarnya nih di tahun 2013 ini, Lion Air akan memperluas jaringannya dengan meluncurkan Batik Air sebagai layanan full service mereka dengan rute internasional. Definitely livery pesawat pun bermotif batik seperti gambar berikut. Wow, asli keren banget!

batik-air
Batik Air [sumber: http://www.nycaviation.com]
Maka dari itu patutlah UNESCO sejak tahun 2009 tepatnya 2 Oktober menetapkan BATIK sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Yang kemudian tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Dari sini bisa saya pastikan bahwa batik sebagai warisan budaya negara Indonesia telah benar-benar diakui di dunia. Sehingga tidak diragukan lagi dengan saya maupun kita semua mengenakan batik secara tidak langsung jiwa nasionalisme pun akan timbul karena Batik is truly Indonesian.
Gimana, kalian smua setuju kan???? =D>

You Might Also Like

6 happy thoughts

  1. WOW! Keren...
    Btw Sing airlines pramugarinya juga pakai batik skr..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bnr, kbtln kmrn apply disitu jg. Tp blm berhasil lolos hihihi :)

      Delete
  2. Sist, motif batiknya sama banget kayak punyaku, tapi aku tak buat blazer, hihihi.. :D

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. @sukma : iyaaaa, aq suka bgt sama warna putihnya....feminim :)

    ReplyDelete
  5. just info: aku buka blog ini kok waktu scroll kebawah pasti ada waktu loadingnya ya, dan favicon anda berkedip-kedip teyuus *ganyambungsamapostingan*

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram