My Lombok Trip in Desa Sade

Friday, May 03, 2013


Lumbung padi
Desa Sasak, Sade - Rembitan, Lombok NTB. Dimana terdapat sukubangsa "Sasak" yang mendiami Lombok dan menggunakan bahasa Sasak dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan agama Islam sebagai agama mayoritas. Ohya, desa Sade yang letaknya gak terlalu jauh dari Lombok International Airport ini so far cukup membuat saya penasaran, karna kan biasanya cuman tau di tipi-tipi aja hehe.

Setelah memasuki pintu gerbang, kita akan mengisi buku tamu serta memasukkan uang seikhlasnya dan nantinya seorang guide akan mengantarkan kita berkeliling serta menjelaskan apa-apa saja yang ada di areal pemukiman suku Sasak ini.
Nah, lumbung tempat penyimpanan padi adalah objek pertama kali yang nampak dan kebetulan saat itu gabah sedang dijemur di halaman lumbung. Menurut keyakinan turun temurun yang dianut di desa ini, seorang gadis yang belum menikah dilarang keras untuk mengambil padi dari lumbung tsb. Dimana menurut keyakinan masyarakat setempat jika kebiasaan tsb dilanggar maka si gadis tsb nantinya tidak akan memiliki keturunan. Wow strict banget ya :|

Lanjut makin kedalam kita akan takjub dengan konstruksi bangunan (bagian atap terutama) asli dari suku Sasak ini, dimana salah satu pengunjung ada yang bertanya dan guide tadi memberikan informasi jika atap yang terbuat dari alang-alang tsb cukup kuat dan sanggup bertahan hingga 6 tahun ke depan. "Wah kuat juga ya, bahkan tahan bocor kalo ujan" celetuk salah satu dari kami.

Rumah adat suku Sasak

Kerajinan tenun
Satu lagi pemirsah, sayang banget kali ini tidak ada seorang pun yang sedang beraktifitas menenun kain khas Lombok, padahal momen ini sangat saya tunggu-tunggu. Well...namanya juga cewek, even gak ketemu yang dipengenin gak lengkap dong kalo gak bawa belanjaan hehe. Kain tenun merupakan kerajinan khas Lombok dan kali ini saya memilih membeli sebuah sarung tenun dari sari kapas yang dibuat selama 1 bulan [hand made gitu loh] hehe...

Welcome
Finally kunjungan kali ini berakhir dengan mejeng di papan selamat datang, here we're [smile].

You Might Also Like

2 happy thoughts

  1. kalau desa yang rumah orangnya di pel pake kotoran sapi itu desa sade ini bukan ya? pernah denger tp lupa :D

    ReplyDelete
  2. @wulan dalu: iya beneeer, katanya spy nyamuk gk ada juga :D

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram