Yoga Karena Trend Atau Ingin Sehat?

Monday, March 03, 2014

Ketika aktivitas olahraga itu menjadi trend bahkan happening disejumlah social media, terkadang otomatis kita pun semakin bersemangat melakukannya. Entah itu kita baru saja mengenalnya atau sudah menjadi aktivitas rutin kita sehari-hari agar badan menjadi sehat.

Yoga
Yoga, berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti "penyatuan" bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa dimana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan. [wikipedia]

Trend
Sejak pertengahan tahun 2000, yoga menyeruak bak hujan meteor yang lambat laun makin banyak peminatnya. Terlebih ketika social media Instagram sedang booming di Indonesia, berbagai macam hastag bermunculan ketika instagramer mengupload sebuah foto apalagi bagi kaum hawa yang katanya wanita metropolitan.
Sedang booming kan? Berbagai pose yoga mulai dari yang simple seperti gerakan Cobra, Mountain Pose, Standing Forward Bend,  Half-standing Forward Bend, Plank Pose dan kawan-kawannya. Sampai pose inversions atau aku bilang rada ekstrim seperti Handstand Pose, Headstand Pose maupun Shoulderstand Pose benar-benar booming bak jamur yang tumbuh subur dimusim hujan. 

Fyi, aku yang sudah mulai menekuni olahraga yoga ini sejak 2010 kemarin pun sempat ikutan latah mencoba pose-pose aneh itu tadi hehe.
"Gimana gak aneh ya, la wong dulu mengenal yoga ya benar-benar senam untuk merilekskan badan" Hmmmm tapi jangan ditanya kalo sekarang.
Karenanya aku getol mencari informasi mengenai jenis gerakan yoga yang baru saja kugandrungi ini.
Tanya dokter? Dan betapa terkejutnya aku ketika mendapati artikel dari tanyadok.com ini, pun mengheadlineskan bahwa "Ternyata Yoga dapat Merusak Persendian Lutut!"

What....!! Bagaimana bisa? Tentu bisa, sudah dari jaman baheula kalau sesuatu yang tiba-tiba dilakukan pastinya dapat berakibat tidak bagus atau negatif atau malah tidak mendapatkan manfaat sama sekali. Contoh simpelnya ketika daya listrik pas-pasan maka seketika itupun listrik akan mati atau jeglek bahasa kerennya, hal ini dikarenakan daya sudah melewati batas.

Begitu pun dengan anggota tubuh kita. Jika kita melakukan gerakan ektrim secara tiba-tiba tanpa melalui tahapan yang seharusnya maka tubuh pun akan segera meresponnya. Dalam hal ini karena gerakan ektrim itu mengacu pada kekuatan otot dan persendian.
"Latihan berlebih dari yoga dapat menyebabkan robeknya ligamen pada persendian, sehingga mereka harus menjalani pembedahan untuk mengembalikan keadaan ligamen tersebut." [tanyadok.com]
Bukan hanya pemula saja yang melakukan gerakan ekstrim yoga secara tiba-tiba rentan akan hal tsb, namun menurut dr. Ashok Rajgopal, kepala dari Institut Tulang dan Persendian di Medanta, Medcity mengungkapkan bahwa beliau bahkan telah beberapa kali melakukan operasi penggantian lutut pada sejumlah instruktur yoga. 

Fakta yang cukup mencengankan kalian kan? Including me were surprised by that fact! Bahkan beberapa situs mengenai gerakan yoga yang ektrim ini juga menekankan akan bahaya dari setiap gerakan tsb.
Seperti:
  • masalah pada leher dan tulang belakang
  • gangguan mata bahkan pendengaran
  • pun menyebutkan dapat menyebabkan masalah ketika wanita sedang haid
Aku pun sangat berterimakasih dengan adanya artikel dari tanya dokter ini, mata dan wawasanku terbuka tentang bagaimana gerakan yoga semestinya yang tubuh kita perlukan. Dan kuharap kalian juga sama, kaum wanita khususnya disini jika melihat beberapa faktor resiko tsb diatas. Kudu pintar memilah dan mencerna mana yang baik mana yang tidak baik, toh ini juga buat kesehatan kita sendiri bukan?

halasana
Sehat
Hahahaha ayo saatnya pengakuan, kalian pasti pernah juga kan ikut-ikutan happening gerakan ekstrim seperti fotoku? Hmmm...Masih mau sekedar dibilang uptodate? Atau sudah bisa bijak menyikapi suatu trend? Hihihihihi pisss aaah.....
Nah, mulai sekarang udah tau kan bagaimana seharusnya kita belajar dan memilah mana olahraga yang sehat dan mana yang sekedar mengikuti trend tetapi mengkesampingkan arti sehat itu sendiri. Dan laman tanya dokter ini benar-benar mengarahkan kita ke segala informasi mengenai wanita dan kesehatan.

Akhirnya gerakan yoga yang aman, simple dan lebih mengedepankan flexibility guna mendapatkan ketenangan pikiran dan jiwa ini lah yang menjadi pilihanku setiap pagi. Pasti cocok deh dengan kaum hawa apalagi wanita karir seperti aku dan kamu ;-)


Jika tujuannya hanya untuk kebanggaan sesaat, sebaiknya kita flashback kembali untuk apa sih kita melakukan yoga? Karena bukankah tujuan awalnya semua ini agar tubuh, jiwa dan raga kita bisa sehat, fresh dan tampil cantik tentunya. Ya kan?
Hidup sehat dimulai dari jiwa yang sehat juga. Untuk Wanita Indonesia cantik & sehat, selamat berolahyoga! ;-)

sumber:
http://www.myyogaonline.com
http://www.tanyadok.com/tag/wanita

You Might Also Like

3 happy thoughts

  1. semua orang indonesia melakukan yoga karena trend
    Dwi adalah orang indonesia
    kesimpulannya: dwi melakukan yoga karena trend :P

    *edisi abis tes onlen xixixi

    ReplyDelete
  2. @wulan aih aih...kalo yoga'nya mah enggak, yg ikutan latah itu yg gerakan aneh2 itu >.<

    ReplyDelete
  3. pengen yoga ga kesampean dari dulu....>_<

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram