Flexiku Sayang, Tinggal Kenangan

Wednesday, September 24, 2014

Flexi, lebih irit kan!
"Telkom Flexi Bukan Telepon Biasa" tagline CDMA salah satu produk telepon fixed wireless yang dikeluarkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Mulai beroperasi diawal millenium tahun 2000 yang kemudian berkembang ke seluruh Indonesia. Di Jatim dengan jumlah pelanggan terbanyak se-Indonesia dulunya pun memiliki 400 Base Tranceiver Station (BTS), yang bahkan oleh pihak manajemen Telkom menjadikan Jatim sebagai "Bumi Flexi".

Well, meskipun Jatim dengan jumlah pelanggan terbanyak bahkan disaat kritis sekalipun dimana beredar gosip bahwa Flexi ini akan ditutup setidaknya diakhir tahun 2014 ini [gosip tapi nyata]. Pelanggan setia macam saya pun merasa akan sangat kehilangan, tidak menutup kemungkinan kamu iya kamu yang sedang membaca pun merasakan hal yang sama.
"...CDMA itu sudah out of date, teknologinya ketinggalan zaman. Kita harus pakai teknologi yang lebih baru untuk masyarakat..." 
Tifatul Sembiring, Menteri Komunikasi dan Informatika pun sampai berujar demikian seperti dilansir liputan6.com. Sekata dengan bapak ini, Kementerian Kominfo pun telah mengumumkan pencabutan lisensi FWA milik Telkom (Flexi), Indosat (StarOne), Bakrie Telecom (Esia), dan Mobile-8 Telecom (Smartfren) di spektrum 800 MHz. [dikutip dari detik.com].

flexiku sayang
Untuk mengakomodir pelanggan eksisting, akan diberlakukan migrasi pelanggan dari Flexi ke Telkomsel.
Yup! Indonesia akan segera menyambut teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) yang digandang-gadang  merupakan teknologi telekomunikasi termutakhir dan telah dimanfaatkan banyak negara maju di dunia. Negara maju jangan ditanya, jika Indonesia masih mempersiapkan 4G sementara London sudah mempersiapkan koneksi jaringan internet 5G di tahun 2020.

Lalu bagaimana progress 4G di Indonesia sebagai negara ketiga alias negara berkembang? Kita lihat contoh yang paling dekat, negara maju tetangga serumpun kita Singapore yang notabene regulasi tidak ruwet dan teknologi jauh diatas Indonesia saja 4Gnya masih kembang kempis.
Itu masih urusan regulasi dan teknologi, lalu jika bicara tentang wilayah? Indonesia yang terbentang lebar dari pulau Weh ke Merauke, 4G ditarget akan rampung diakhir tahun 2015 dan mudah-mudahan bukan target semata. Belum lagi tuntutan pelanggan setia Flexi yang kebanyakan para pengusaha setia dengan nomor Flexi kesayangan. Caruk maruk ini semua apakah menandakan saya yang pesimis? :Ⅰ
Kalo menurut kalian gimana?

You Might Also Like

2 happy thoughts

  1. Mudah-mudahan proses migrasi berjalan dengan lancar ya Mbak Dwi. Dan tentunya Telkom sakan sangat memperhatikan layanan kepada pelanggan setia-nya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di blog #beYOUtiful ini, semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat :)

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram