Tak Kenal Maka Tak Sayang

Friday, September 26, 2014

Duluuuu sebelum menikah, kalo pas mami ngebangunin tidur saya di Minggu pagi untuk berkebun itu uuuuhhh paling ogah deh "Dududududu weekend ini weekend, males-malesan kek" keluh saya waktu itu.
Eehhhh setelah menikah ternyata hobi berkebun mami nurun ke saya, hampir tiap bulan adaaa aja koleksi tanaman baru di taman rumah.
Setelah googling dan mencari tahu, sama halnya seperti dulu belajar Biologi. Setiap tanaman di rumah ternyata juga memiliki nama latinnya loh.

Absenin satu-satu yuuuk!
Asoka, dikenal dengan nama latin Ixora Paludosa. Tak kenal maka tak sayang, begitu googling bunga asoka ini juga dapat digunakan untuk mengobati haid tidak teratur loh. Kebetulan saya punyanya yang berwarna kuning, putih dan last but not least asoka piiink [wajib!].

jaune
blanc
rose
Bunga Kenop, lebih dikenal dengan Globe Amaranth or Bachelor Button. Tumbuh cantik menghiasi taman rumah warnanya ungu pulak [Purple Globe Amaranth] juga merupakan tanaman herbal, rebusan kuntum bunganya dapat digunakan untuk mengobati bronchitis.

violet
Lavender, nama latinnya Lavandula Afficinalis. Paling doyan sama bunga pengusir nyamuk satu ini, apalagi kalo pas ngubek-ngubek lavender fields di socmed. Suka banget dengan gradasi warna ungu merekahnya yang tampak dari kejauhan, bejibuuuun gitu trus kita seolah-olah tiduran diatasnya "Ahhhhh tidak, how I wish" dan sudah pasti jenis lavendernya beda ya dengan yang saya punya hihihi.....

violet
lavender en france
Kamboja merah, nama latinnya Plumeria Rubra. Bunga yang identik dengan tempat spooky ini memiliki 7-8 spesies lain seperti Plumeria alba, Plumeria inodora, Plumeria obtusa, Plumeria pudica, Plumeria stenopetala, Plumeria stenophylla hahahaha belibet gak sih ngebacanya?
Usut punya usut bernama Kamboja bukan lantas ia berasal dari Kamboja ya. Satu lagi nih, jika jumlah helai mahkota bunganya empat atau enam, maka oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib [langsung menghitung jumlah mahkota bunga dibawah]. Dan bunga ini aslinya berasal dari Amerika Latin, jauhnyaaa.

rouge
Euphorbia milii, saya kurang tau bunga ini nama Indonesianya apa. Tapi yang jelas tanaman satu ini penampakannya seperti kaktus gitu, batang kokoh berduri namun bunganya lebat banget loh. Ayem gitu ngliatin bnganya yang lebat nempel di dekat tembok taman rumah, tekstur bunga menyerupai bunga Nusa Indah kontras dengan warna tembok.
Fyi, getah susu dari tanaman ini jika berkoagulasi dengan darah dapat memacu pertumbuhan sel abnormal, maka tanaman ini digolongkan ke dalam tanaman beracun. Wah, saya juga baru tahu nih!

rose
Mawar, nama latinnya Rosa. C'est mon préféré fleurs!!! Seperti background blog saya ini, rose petals tepatnya. Wanita mana sih yang sanggup menolak sekuntum mawar [ceileh]. Tampilannya yang girlie, kalem tapi batangnya berduri seolah merepresentasikan sosok wanita cantik namun tangguh. Setuju?!

jaune
rose
 "A single rose can be my garden...a single friend, my world" ~ Leo Buscaglia
Baru beberapa aja sih koleksi bunga cantiknya, sedikit tapi sanggup bikin hati ini ayem apalagi wangi rumput, dedaunan dan bunga kalo sehabis disiram hmmmmmm aroma basah perpaduan semuanya merebak hingga ke ruangan rumah.

sumber tulisan:
http://id.wikipedia.org
suweorajamu28.com

You Might Also Like

3 happy thoughts

  1. berkebun memang bikin hati senang ya. dan manfaatnya banyak, salah satunya buat kesehatan dan jiwa. apalagi kalo tanemannya berbunga dan berbuah walopun ada pendapat yang mengatakan berkebun hanya buat yang tangannya terbukti 'dingin' saja. :))

    ReplyDelete
  2. Wiiii... bunganya suegeeerrr.... Love it!!!

    bukanbocahbiasa.wordpress.com

    ReplyDelete
  3. indahnyaaa,,,itu lavendernya bikin seger ke mata,,,

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram