PLN, Kamu, Kita dan Aku

Friday, October 10, 2014

Electricity For A Better Life
Kebutuhan rumah tangga itu memang gak bisa dipisahkan dengan yang namanya listrik. PLN (Perusahaan Listrik Negara) lah yang mengakomodir semua kebutuhan listrik seluruh masyarakat Indonesia. Jika saya sebagai masyarakat atau rumah tangga disejajarkan dengan PLN, maka hubungan tsb bisa laaah diibaratkan seperti halnya simbiosis mutualisme dimana keduanya saling membutuhkan.

Sebagai salah satu BUMN di Indonesia, dimana pada tahun 1972 sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.17, status Perusahaan Listrik Negara (PLN) ditetapkan sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara dan sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK) dengan tugas menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum.
Nah mengutip sedikit yaaa
"...tugas menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum." 
Tetapi nih misalkan listrik mati? Trus kamu, kita dan saya kudu gimana dong?

listrik mati
Listrik mati? Dalam sekedipan mata keluhan yang ditwitkan oleh masyarakat dan terima PLN melalui social media seperti twitter ini tak ayal bejibun, pun sama halnya dengan call centre 123 milik PLN sudah pasti menjadi jujugan pertama.
Kemarin Senin sekitar pukul 9 malam saat itu voltage rumah mendadak tidak stabil, 123 call menjadi jujugan saya.
"Baik bu, tim segera meluncur ke lokasi dan dimohon tidak memberikan tips untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik" 
Begitulah kalimat terakhir yang saya dengar diujung telepon, PLN keren ya NO TIPPING benar-benar digalakkan!
Tiktoktiktok....waktu berjalan 10 menit, 20 menit hingga hampir satu jam tim yang dijanjikan tak kunjung datang.

Jleb...Blackout! Tanpa pemberitahuan sebelumnya listrik pun dimatikan, hmmm sepertinya sedang diadakan perbaikan karena ternyata aliran listrik disekitar rumah saya malam itu memang sedang terjadi gangguan.
Baiklah kita menanti sambil tiduran aja yuuuuk daripada bengong, lalu sekitar 12.30 dini hari listrik kembali normal. Alhamdulillah....Walaupun dalam hati saya mbatin
"Andaikaaaan PLN ini punya alur bisnis proses yang jelas akan keluhan pelanggan dan how they solved the problem. Pastinya saya tidak akan menanti sebegitu lamanya kan? Belum lagi jika gangguan itu terjadi berhari-hari, aaaah sudah ah saya tidak mau membayangkannya"
Tentunya pelanggan PLN seperti kamu, kita dan saya ogah kaaan digantung seperti itu?

27 Oktober ini kan Hari Listrik Nasional ke-69 eeeh accidentaly ngliat ada pengumuman lomba blog bertemakan "IdeKU untuk PLN" yang digelar oleh PT. PLN (Persero) dan BLOGdetik. Tentunya saya teringat pengalaman serta cerita singkat barusan dong ya, masih fresh soalnya hehe.
Ingin rasanya saya sebagai masyarakat Indonesia memberikan sedikit ide untuk PLN, berharap nantinya ide-ide dari blogger seperti saya ini dapat mewujudkan Electricity For A Better Life seperti slogan mereka. Jadi bukan hanya PLN saja yang bekerja namun kita juga harus ikut andil dong. Toh listrik juga kebutuhan kita sehari-hari yang amat sangat penting kan?!?

PLN sebagai BUMN
Jaman sudah semakin maju dan berkembang. Teknologi jangan ditanya, berbagai macam aplikasi pun bertaburan bak jamur dimusim hujan. Ayo dong PLN tunggu apalagi? Developer perumahan saja sudah bisa mewujudkan one stop living ala mereka. Nah, PLN gimana niiiiih? Masak kalah sih, BUMN loh. Kiranya hal tsb dapat dijadikan pecutan bukan?!

Log PLN, "IdeKU untuk PLN" ini adalah sebuah mobile aplikasi di handphone dengan platform seperti IOS, Android, Windows maupun Blackberry. Melalui Log PLN kita dapat mengakses apa saja yang dibutuhkan tentang listrik, dari aplikasi tsb akan terhubung langsung dengan server PLN dan diterima oleh customer servise yang bekerja 24 jam.
Untuk Customer Service sama halnya dengan call centre yang sudah ada, cuman fitur aplikasi mereka di desktop juga harus disesuaikan dengan fitur yang ada pada aplikasi handphone.

Seperti biasa registrasi dibutuhkan jika kita akan membuat akun, berikut data apa saja yang dibutuhkan:
  • ID Pelanggan.
  • Nama pelanggan.
  • Alamat pelanggan.
  • Nomor telepon.
  • Email.
Log PLN
Nantinya dalam aplikasi Log PLN terdapat beberapa fitur, diantaranya:
  • Profile, berisikan data ID Pelanggan, pemetaan rayon sesuai wilayah pelanggan.
  • Pengaturan, berisikan pengaturan penggantian ID Pelanggan, segmen, dll.
  • Meter checking, berisikan pengecekan pemakaian listrik atau jumlah KWH bulan berjalan.
  • M-Billing, berisikan pilihan pembayaran untuk pelanggan pascabayar dan pembelian voucher untuk pelanggan prabayar. Pembayaran dan pembelian dapat langsung dilakukan melalui bank dan PLN diharapkan sudah bekerja sama dengan bank terkait agar pembayaran maupun pembelian voucher dapat dilakukan secara online.
  • Info, berisikan berbagai macam info gangguan terkini dan terupdate serta status gangguan yang diadukan oleh para pelanggan.
fitur Log PLN
Jadi dengan Log PLN diharapkan semua layanan PLN terintegrasi dalam satu layanan fleksibel melalui handphone sehingga lebih memudahkan pelanggan dan juga PLN dalam mengumpulkan data.

Masyarakat sebagai konsumen PLN
Malu dong jika kita menuntut sesuatu untuk kemajuan tetapi dari dalam diri kita tidak ada yang dibenahi? Ironis sekali!
Makanya nih saya kembali mengingatkan beberapa tindakan sekaligus "IdeKU untuk PLN" yang dapat kamu, kita dan saya  lakukan untuk menghemat pemakaian listrik.

Cabut colokan listrik
cabut colokan listrik
do & don't
Hayoooo tau gak sih kalau miliaran rupiah terbuang percuma karena colokkan listrik di rumah dibiarkan pada posisi standby? Seperti dilansir sebuah portal web terkini dan terupdate detikdotcom:
"Jika saja kita mau mencabut colokan listrik yang tidak terpakai seperti TV, AC, kipas angin,  rice cooker, dll maka dalam setahun 500 rumah bisa menghemat Rp. 1 miliar lebih!"
Ya ampuuun banyak bangeeeet! Mencabut colokan listrik pada sumbernya selain dapat menghemat pemakaian listrik kita juga ikut andil dalam mengurangi dampak global warming karena berkurangnya emisi CO2 (karbondioksida).

Eco Smart

air conditioner
menu eco smart pada remote AC di rumah saya
Mensiasati penghematan penggunaan AC (air conditioner) dengan memanfaatkan fitur eco smart. Salah satu brand elektronik ternama asal Jepang pun menuturkan bahwa:
"Fitur eco smart dapat menghemat pemakaian listrik hingga 20% dengan cara menaikkan suhu secara teratur hingga maksimum 2 derajat."
Nah, tunggu apalagi? Yuk nanti di rumah kita jangan lupa aktifkan fitur eco-smartnya yaaa.

Matikan Televisi
matikan dong!
menu timer pada remote TV di rumah
Ini nih yang sering banget dijumpai disekitar kita, nonton bolanya udah selesai trus capek pulak.....Eeeh kelupaan TVnya gak dimatikan. Nah kalau gak mau kelupaan, ya tinggal manfaatkan saja fitur timernya. Gak susah dan ribet kan? Jaman sekarang jangan dibuat susah deh, asalkan ada niat semua pasti jalan.

Lastly saya ingatkan kembali yah, "IdeKU untuk PLN" disini intinya bukan hanya dari PLN saja yang perlu dibenahi melainkan semua aspek, baik dari PLN itu sendiri dan juga masyarakat sebagai pelanggan pun harus ikut andil untuk mewujudkan Electricity For A Better Life. So? Mulailah dari detik ini!


sumber:
www.pln.co.id
getzschman.com
123rf.com
slummynotyummy.com 
grinningplanet.com
utilities-me.com

You Might Also Like

4 happy thoughts

  1. Aplikasi mobile nya juga untuk yang pasca bayar ga ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mak, pada fitur M-billingnya diperuntukkan unt pelanggan pasca maupun prabayar :D

      Delete
  2. wush,,,,keren banget mbak,,,,lengkap deh tulisannya,,,,sukses ya,,,

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram