The November Man

Wednesday, November 12, 2014

Sinopsis + review:
Typical film Hollywood yang di awal cerita langsung bikin sport jantung, apalagi kalau Pierce Brosnan yang ngebintangin, aksi dar der dor jangan ditanya lagi [dikata teatrikal Hari Pahlawan kali yak] hihihi. Berperan sebagai Peter Devereaux seorang agen CIA. Beraksi untuk melindungi ambassador Amrik di Montenegro, negara kecil disebelah tenggara Eropa yang berbatasan dengan negara-negara pecahan Rusia dan Yugoslavia [sejarah mana sejarahnya]. Misi Peter Devereaux bersama David Mason (Luke Bracey) di Montenegro ini berakhir dengan sedikit miss karena David Mason mengabaikan perintah Peter untuk menahan tembakan yang mengakibatkan anak kecil tidak bersalah tewas di tengah keramaian.

Memutuskan untuk memensiunkan diri dan menikmati hidup dalam ketenangan, Switzerland menjadi pilihan yang tepat untuk membangun hidup baru dengan membuka sebuah coffee shop di pinggir pantai. C'est la vie!
Deadly and highly trained ex-CIA agent, John Hanley (Bill Smitrovich) memanggil Peter untuk melaksanakan misi terakhir untuk menyadap Natalia Ulanova (Mediha Musliovic) mata-mata CIA yang ditempatkan sebagai ajudan Arkady Fedorov salah seorang kandidat kuat calon presiden Rusia yang ternyata memiliki catatan hitam mengenai kejahatan perang. Nah kejahatan perang inilah yang ingin diketahui CIA, karena Natalia memegang nama siapa saksi terakhir dari kejahatan perang Arkady Fedorov tsb.

The November Man

Gagal untuk kedua kali emang bikin sakit hati ya, apalagi orang terkasih mati di hadapan kita. Hal inilah yang dialami Peter, ketika melihat Natalia sekaligus ibu dari putri cantiknya tewas ditembak oleh mantan anak buahnya David Mason atas perintah Perry Weinstein (Will Patton) guna mencegah agar misi CIA ini tidak berbuntut panjang. Nah dari sini ceritanya mulai complicated Peter vs David. Maklumlah leader bertemu mantan anak buah yang rada ndableg. Sakit hati, banget!!! Gemes aja gitu bawaannya "Arrggg lu lagi lu lagi" kurang lebih gitu kali ngedumelnya abang Peter hehe....

Mila Filipova, itulah nama yang diberikan Natalia sebelum ia menghembuskan nafas terakhirnya. Edgar Simpson seorang wartawan NY yang juga mengetahui kejahatan perang Arkady Fedorov ingin mewawancari Alice Fournier (Olga Kurylenko) volunteer yang sekiranya paham mengenai keberadaan pengungsi yang hilang pada saat Perang Chechnya ke2. Dan Mila Filipova ini masuk dalam daftar pengungsi hilang tsb.
Keberadaan Edgar dan Alice tercium oleh Alexa (Amila Terzimehić), salah satu pembunuh bayaran terlatih milik Arkady Fedorov. Body tinggi ala bule, dikepang kuda kemudian diikat agar tidak menggangu gerak-geriknya merupakan ciri khas Alexa, serem juga ngliatnya belum lagi ketika ada scene sedang berlatih yoga ala flexibility yang levelnya bukan amateur lagi, ngliatnya doang sudah bisa dipastikan lari duluan dah hahahaha.

Peter pun berusaha melindungi keberadaan Alice yang secara tidak langsung merupakan titik kunci yang mengetahui keberadaan Mila Filipova ini. Edgar tewas terbunuh ditangan Alexa, perlindungan Alice mau tidak mau makin diperketat. Belum lagi ketambahan David yang juga mengikuti gerak-gerik Peter atas perintah atasannya John Hanley.

Klimaks:
Singkat cerita ternyata Alice adalah Mila Filipova yang selama ini meraka cari-cari. Penyamarannya sebagai Alice semata-mata ia lakukan karena masih trauma akan kejahatan seksual masa lalunya. Mila pun nekat kembali ke pangkuan Arkady Fedorov dengan berpakaian seronok, dengan maksud untuk mengingatkan kembali ingatan masa lalu Arkady bersamanya semata-mata demi mendapatkan bukti kejahatan perang. Pria mana siiiih yang tahan ngeliat cewek mulus seksi berambut merah dengan balutan dress hitam ketat dianggurin gitu aja. Busted!!!! Bukti video rekaman Arkady Fedorov yang mengakui bahwa dia ikut terlibat dalam kejahatan perang di Chechnya, tak disangka pula ternyata John Hanley mantan atasan Peter yang sudah dianggapnya seperti saudara dekat ikut terlibat didalamnya. Patah hati keberapa kali nih abang Peter dududududu

PS:
Pierce Brosnan yang main, wardrobe yang dikenakan ya otomatis gak setengah hati. Brunello Cucinelli ikut eksis dalam balutan kemeja maupun jaket Peter Devereaux. Belum lagi ketika Peter menyelinap masuk ke dalam apartement yang tak dikenalnya, disitu kok ya bisa kebetulan banget nemuin setelan jas yang pas dibadan [cuman di film gitu lowh hihihihi]. Satu lagi cuman Pierce Brosnan yang bisa tetep kece meskipun aksinya menguras keringat, awww!
Eits Olga Kurylenko aktris Perancis berdarah Ukraina yang juga Bond Girl ini kece juga tampilannya, even casual tapi enak banget diliat. Setelan kemeja bahan katun dipaduin pants warna khaki ngebuatnya makin terlihat cantik natural.

in action
Peter and Mila
Ohya satu hal penting yang masih saya inget banget. Ketika scene Peter menyilet paha Sarah (pacar singkat David) untuk menggertaknya. Mulanya saya hanya mengira tindakan Peter tsb hanya akan sedikit melukainya, eeeh tapi itu darah ngocornya kok deres banget ngalah-ngalahin aliran PDAM kalo lagi bocor. Ooops! Lah wong sasaran femoral artery yang ditujunya, dimana dalam beebrapa kasus urgent dalam hitungan menit dapat menghilangkan nyawa seseorang [duileeh abang Peter mendadak sadis gini].
Nah edukasi kategori penonton seperti khusus dewasa 17 tahun sepertinya harus benar-benar diterapkan, mengingat angka kriminal yang anomali berkembang pesat belakangan ini. Seperti kasus bankir asal Inggris yang memutilasi teman wanitanya [aduh postingan mendadak horor].

Maaf, karena menurut pendapat awam saya edukasi seperti ini cukup penting, film yang didalamnya terdapat beberapa adegan kekerasan layak mendapat sorotan poin mana saja yang perlu mendapat perhatian khusus agar penonton lebih bijak menyikapinya [noted!]

Satu lagi gak asiknya, itu Alexa yang sedari awal saya ngiranya bakalan susah nih kasih keoknya...laaah kok cuman dicegat trus dipukul pake sekop si Alexa langsung keok tersungkur hahahaha gak singkron banget kan sama bodynya yang serem plus latihan seremnya ituuu [saya ngakak banget pas scene ini] asli gak banget!

Amila Terzimehić as Alexa
Result:
Seperti kebanyakan film action Hollywood lainnya, akhir cerita selalu menyisakan ending yang rada gak jelas dikit hehe....overall The November Man is quite entertaining even though Pierce Brosnan looks a bit exhausted, phew!
 -----------------------------------------------

Genre: action
Sutradara: Roger Donaldson
Produksi: Irish DreamTime, SPD Films
Durasi: 108 menit
Cast: Pierce Brosnan, Luke Bracey, Olga Kurylenko, Bill Smitrovich, Mediha Musliovic

You Might Also Like

3 happy thoughts

  1. oalah,,ini ta yg bikin aku penasaran,,november rain,,,eh,,itu hidung si cewek manvungnya gede bnget ya...

    ReplyDelete
  2. Aku suka Om Brosnan sejak di pilem TV Remington Still mak (bener gak yak, nulisnya?)

    Tapi, kalo pilem bioskop, entah kenapa, rada males aja lihatnya. Nunggu di tipi aja dah :))
    Makasiii reviewnya ya Mak.

    ReplyDelete
  3. sampe sekarang belum berhasil ngajak diri sendiri buat nonton film hollywood. padahal kalo baca reviewnya, seru yaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di blog #beYOUtiful ini, semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat :)

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram