Cangkrukan Bareng Pak Polisi di Mbah Cokro

Sunday, November 08, 2015

Apa sih yang ada di benak kalian begitu mendengar kata POLISI? "Awaaaas obrakan!" kemudian itu balap motor liar bubar seketika, iya saya pernah nih ngalamin beginian hahaha "Kalo sampe kamu kecekel polisi, bapak nggak mau dateng ke kantor polisi!" Bapak saya dulu sampe sebegitunya tuh, hihihi maklum anak wedok satu-satunya ini emang pernah rodok mbethik pemirsah!

Atauuu kemudian kalian tiba-tiba putar balik grak! Begitu ngeliat ada polisi sedang melakukan operasi razia dadakan, hihihi hayooo pasti nggak bawa SIM atau emang nggak punya? "Udaaah dibayar aja lak selesai perkara." celetuk beberapa orang yang kalo begitu denger kata POLISI ini tadi. Tapi eh emang segitu parah kah paradigma di masyarakat mengenai aparat negara satu ini??

Polisinya loh diem aja malahan diinjek-injekin, kok kamu yang takut kek tikus ketemu kucing, eaaa itu mah polisi tidur kaliiik. Tapi emang iya loh saya sendiri kalo di jalan tiba-tiba pak polisi menghentikan kendaraan, ini jantung trus dagdigdug kek mo copot. Padahal ini tadi polisi baru cuman nyegat loh belum diapa-apain hahaha iya kaaan kalian juga pasti sama deh.
Eitssss tapi begitu kemarin para netizen disini saya sebagai blogger diajakin #cangkrukan dengan aparat kepolisian beserta jajarannya, ntah kenapa dagdigdug'nya beda bangeeet. Beda gimanaa?? Ya bedaaa, padahal yah disitu tu mulai dari polantas, srikandi polisi, Kasatreskrim dan Kapolrestabes Surabaya, sampaiii Kapolda Jatim ngumpul tumplek blek jadi satu disitu. Kita-kita nggak ada loh yang terus putar baliiiik grak hahahaha. Nggak percaya? Hayuuuk kita cangkrukan!

#cangkrukan
Ngapain sih ikutan #cangkrukan?
Sekitar jam 8 acara santai yang dimoderatori oleh mas tinggi besar manise bombom [@penaberjalan] di Angkringan Mbah Cokro ini benar-benar membekas di hati saya. Di mana awal mula saya ikut menghadiri acara ini dikarenakan pertama, saya ingin mengenal lebih dekat seperti apa sih aparat kepolisian beserta jajarannya secara langsung.
"Mulai saiki seng ngko nduwe arek cilik ojok didenden'i, ngko tak celukno polisi loh yo nek nakal!" [red:mulai sekarang yang nanti punya anak kecil, jangan ditakut-takuti, tar tak panggilin polisi loh ya kalo nakal]. ~ pesan bapak Kapolda disambut gelak tawa netizen hihihi iya sih yak, nggak sadar paradigma ini kita sendiri yang ngebuat.
srikandi polisi sharing suka duka selama bertugas di kepolisian, hayo tebak bapak Kapolda Jatim yang mana?
Dan yang kedua, seperti yang bapak Kapolda katakan "Saya akui banyak polisi brengsek di kepolisian."  iya saya ingin melihat langkah kongkrit apa yang telah dilakukan aparat negara satu ini dalam memperbaiki citra mereka di mata masyarakat. Jangan cuman dimulut saja ya Pak, ayo tunjukkan kalau polisi ini memang benar-benar "Melindungi, Mengayomi, dan Melayani Masyarakat." kalian pasti bisa!

Merangkul Masyarakat Melalui Netizen
Irjen Pol Anton Setiadji selaku Kapolda Jatim menuturkan bahwa diadakan #cangkrukan ini nantinya dapat mengenalkan kepada publik [masyarakat] ini loh "wajah asli" kepolisian, buat apa kalian mesti takut dengan polisi? Tentunya pendekatan kepada publik ini dilakukan melalui media online, kenapa? Ya karena teknologi berkembang sangat cepat sekarang ini, masa iya pak polisi beserta jajarannya mau ketinggalan?

Sok atuh dimanfaatkan sosial media online'nya, seperti facebook atau twitter yang umumnya telah dikenal luas oleh masyarakat kita. Karena kan selama ini @e100ss [Radio Suara Surabaya] lah yang menjembatani suara masyarakat Surabaya dengan aparatur negara kita salah satunya kepolisian. Setali tiga uang dengan apa yang diungkapkan Kapolda Jatim bahwa anggota kepolisian yang melek teknologi memang masih amat sangat minim, bahkan di tingkat Polsek bisa dibilang anggota kepolisan masih banyak yang gaptek [gagap teknologi].
Handphone sebagai alat komunikasi dengan fitur-fiturnya yang makin canggih, sudah bisa dipastikan hampir banyak yang menggunakannya. Namun sayang beberapa anggota kepolisian belum bisa memaksimalkan manfaatnya. Sssst ttinggal dudul-dudul doang kok pak, kemudian anda semua sudah terintegrasi dengan masyarakat sekitar. Ayooo pak polisi jangan mau kalah dengan masyarakatnya yang sudah melek teknologi.

Dan semoga sharing ataupun dialog terbuka dan tukar pikiran yang kemarin diikuti para netizen berjalan lancar. Jajaran kepolisian terbuka mau menerima kritik bahkan kalo boleh saya bilang mereka berani blak-blakkan kecuali untuk peta perang mereka nggak share karena memang bukan ranahnya para netizen yaaaa [ini mah udah masuk porsinya wartawan] hihihi.

Srikandi polisi yang selama ini jadi idola masyarakat pun ikut hadir mengisi gelak canda para netizen, di mana keberadaan polisi-polisi wanita berparas ayu manis ini nggak dipungkiri sedikit merubah paradigma polisi yang gaharrr, kaku dan bikin dagdigdug. Eh apalagi nih kemarin ada polisi wangi yang benar-benar bikin dagdigdug netizen wanitaaah cem saya hahahaha [ampuun pak polisiii].
rame yaaaa, foto by niarningrum[dot]com

Semoga kedepannya dari awalan temu tatap muka cangkrukan secara langsung kemarin,  apa yang dicita-citakan bisa terwujud real dan segera yah. Sehingga paradigma polisi itu bikin dagdigdug duerrrr nggak terus-terusan melekat di hati kita masyarakat awam :)

You Might Also Like

15 happy thoughts

  1. Polisi sekarang cakep2, keren2. Kmrn di TV ada cewek, udah centil pake serba pink, eh pas ada razia malah pingsan, polisinya bengong gagal paham wkwkwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iyaaaa bener, mereka bener2 memperhatikan penampilan ya skrg. biar yg di jalan nggak sepet kali ya ngeliat macet terus hihihi

      Delete
  2. sekarang ini polisi udah gak nakutin lagi yah mbak?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mgkn kitanya dulu kena sugesti "Kalo gk makan, tak panggilkan Polisi loh yaaa!" hihihihhi

      Delete
  3. Kreatip juga ya mb pulisi jaman sekarang cara edukasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gk kreatif keknya bakal ketinggalan temlen yah *eloooh

      Delete
  4. Ini acara ke bingiits! Smoga berkelanjutan yes

    ReplyDelete
  5. Terima kasih, saya catat dulu ya buat laporan ke Meneer ...

    ReplyDelete
  6. loh, habis bewe ke blognya Mbak Eda, sekarang Mbak Nining yo posting iki :D
    semoga acara ini berkelanjutan dan seperti roadshow gitu, dari tempat lain ke tempat lain :))

    ReplyDelete
  7. Cangkrukan itu artine opo siih. Hehe... Polisi lagi memperbaiki citranya di mata masyarakat ya. Good then ;)

    ReplyDelete
  8. Heemm ternyata niar belom koment rek disini yoo, coba ada acara lagi kayak gini :D
    eeh twitter nya pak pol belom aktip yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. twitternya opo yak??? Kemudian hening..............takdir >.<

      Delete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram