Kenapa Villa Lebih Oke?

Wednesday, January 20, 2016

Penginapan merupakan salah satu item paling penting yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari kalo kita mau bepergian rame-rame bareng keluarga besar, nggak mungkin kan bondo nekat langsung datang trus berharap di TKP keajaiban datang menghampiri. Dapat penginapan sesuai harapan dan impian? Apalagi nih, kalo timing liburannya pas peak season kek tahun baruan kemarin. Hmmm jangan ditanya.

villa-lebih-oke

Mau nginep di hotel, guesthouse, atau villa nih? Semua option tergantung masing-masing personal dan tema liburannya mo seperti apa. Kalo liburan semacam family gathering, ada baiknya villa menjadi pilihan. Kenapa kok villa? Nggak hotel aja yang fasilitasnya sudah pasti lengkap banget.
Sooo, ini dia 5 alasan kenapa kalo pas family gathering, VILLA lebih oke dari lainnya.

BUDGET
Yuk berhitung! Untuk satu kamar minimal sekelas guesthouse, dana yang kudu disiapkan minimal sebesar Rp 125.000,- per kamar. Catatan penting, di sini kita liburan dengan tema family gathering. Ambil kasarannya yang ikut ada 5 keluarga, 1 kamar dikali 125rb kemudian dikalikan lagi berapa hari kita menginap? Sudah berapa ratus ribu yang kita keluarkan untuk budget kamar aja nih. Belum lain-lainnya seperti biaya makan.

kamar-tidur-villa-rajawali
Untuk villa...soal kamar boleh dibilang agak berbeda jika dibanding dengan hotel berbintang, namun bukan berarti fasilitas kalah jauh dibanding hotel. Jangan salah, villa kekinian selain tiap kamar mandi dilengkapi air panas, window view'nya pun nggak kalah kece dengan balcony hotel berbintang. Bangun tidur dengan view hijau asri ayem seperti ini? Siapa yang bisa nolak :p

window-view

Pun dilengkapi pantry lengkap dengan ruang makannya, bisa banget kan untuk menekan budget makanan tadi. Hitung lagi deh, makanan juga item yang biasanya lumayan menguras budget ketika kita liburan loh. Nggak percaya? Hitung aja sendiri, emangnya saya konsultan keuangan hihihi :p

The family all gathered together alias lebih GUYUB
Setelah sampai di villa, kemudian masuk kamar, selesai bersih-bersih diri. Hayuuuk kita rumpi bareng keluarga lainnya, dan nggak perlu jalan ke koridor hotel kemudian ngetok kamar masing-masing. Cukup ngumpul di ruang tengah, beres deh. Mo ngobrol cantik kapan pun sambil ngeteh atau ngopi mah asik-asik aja. Nggak perlu sungkan dilirik waiters karena kelamaan ngerumpi di lobby hihihi.

ruang-tengah

Fasilitas ruang tengah atau keluarga yang biasanya ada di villa ini pas banget buat liburan bertema family gathering. Mo karaoke'an pun oke aja hayuuuk kita konser sehari semalam bersama BCL [Bunga Citra Lestari]. Asal rame, asal kumpul bareng, pun suasana jadi guyub. Kan family gathering :)

Nggak Kuatir Kelaperan
Mo ngeteh atau ngopi pun bisa sepuasnya. Fasilitas pantry lengkap dengan ruang makannya seperti di Villa Mawar Asri Kaliurang Jogja ini bikin para ibu-ibu betah nggak ribet kalo si kecil mendadak minta dibikinin susu, masak orang dewasa doang yang ngopi ngeteh, si kecil mau juga dong ngusu eh nyusuuu :p

pantry-villa-mawar-asri

Atau pagi-pagi pengen nyeplok telor mata sapi, hayooo aja. Fasilitas dapur mini seperti di Villa Rajawali Tretes kemarin okeh punya nih, peralatan perang alias memasaknya komplit! Mulai dari teko perebus air panas, panci, sampe wajan yang pantatnya agak gosong pun tersedia, nggak perlu kuatir kelaperan deh pokoknya.
"Lah kan liburan neng, masak iya kita nyediain makanan sendiri. Ya sama aja kek di rumah dong?"
Duuuh buat yang nggak doyan repot, ya tinggal minta tolong aja dengan pengurus villa supaya makanan disediakan sesuai permintaan. Beres kan, makan sehat perut pun kenyang. Alhamdulillah yah.

dapur-villa-rajawali-tretes

VIEW is the KING
Nggak dipungkiri yang namanya villa sudah pasti menjanjikan view yang hmmmm bikin seger mata yang memandang, dan kebanyakan lokasi villa itu memang di daerah puncak seperti Kaliurang di Jogja atau Tretes di Pasuruan kemarin. Apalagi Villa Mawar Asri letaknya nggak lebih dari 30 menit dari tempat wiasata Gunung Merapi.
[baca juga: Lava Tour Merapi]
View sekitar Villa Rajawali di Tretes juga nggak kalah kecenya karena lokasinya yang terletak di lereng pegunungan Arjuna-Welirang.

villa-radjawali-facade

neighbourhood

villa-cendrawasih-tretes

Mo Renang Nggak Perlu Sungkan
Renang di hotel bareng tamu-tamu hotel lainnya, atau renang di villa bareng keluarga besar yang sudah kita kenal? Buat saya yang sudah berhijab, pasti lebih memilih renang di villa, hihihi pardon moi option terakhir rada egois, tapi yaaa itulah kenyataannya. Baru tau kalo kenyataan itu pait, sepait kopi itam [tsaaah!].

kolam-renang-villa
Kenyamanan renang di villa ituuuu...nggak ada duanya deh! Tinggal keluar kamar trus nyemplung byuuurrr! Nikmat banget kaaan, hehe.

Baiklah...mau nginep di hotel, losmen, guesthouse atauuu villa itu smua balik lagi soal pilihan. Kalo ada yang hemat dan lebih guyub. Kenapa enggak, apalagi tema liburannya family gathering ^^
"A family gathering can be a time to have fun, build and strengthen relationships, and provide a network of support in a sometimes large and lonely world." ~ dikutip dari kidpower[dot]org tanggal 19 Januari 2016.
>>> budgeting:
Villa Mawar Asri
✉ Jl. Boyong II Kaliurang Barat, Kaliurang, Yogyakarta
☎ (0274) 895369
budget sekitar 1,3jt per malam.
Fasilitas: kamar banyak [lupa, lebih dari 5 kamar seinget saya] kamar mandi dalam & air panas, dapur & ruang makan, tv, ruang keluarga lengkap karaoke, meeting room, dll.

Villa Rajawali
✉ Tretes, pasuruan jawa Timur
budget sekitar 1jt per malam.
Fasilitas: 3 kamar tidur, 2 kamar mandi dalam plus air panas, tv cable, dapur, kulkas dan ruang keluarga

You Might Also Like

17 happy thoughts

  1. Betul juga ya mbaak...bisa ngumpul2 sepuasnya...pokoknya tiada kesan tanpa kehadiranmu tsaah...btw benar kopi item emang pait,tapi kalo dikasih gula kayak ada manis-manisnya gitu...
    :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Tiada kesan tanpa kehadiranmu" hahahaha 90an banget yak, tosss deh mbak hihi

      Delete
  2. Wah, lebih hemat ya kalo ke villa. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, apalagi kalo perginya rame-rame :)

      Delete
  3. Klo dapurnya kek gitu bakal rajin aku nyeplok telornya kikikik

    ReplyDelete
  4. Tulisan ini jadi bikin kangen kumpul keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mb, momen kumpul bareng keluarga itu priceless banget :)

      Delete
  5. Mba budget untuk villa ini berapa? kadang villa itu sistemnya tawar ya, tergantung harga dari ownernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biasanya gitu, apalagi kalo sering maen kesitu. Bisa dapet harga teman hehe. Soal budget sdh saya updet mb :)

      Delete
  6. Aku juga setuju kalau family gathering pilih swa villa

    ReplyDelete
  7. villa lengkap banget ya, sayang harganya gak di tampilin. Sekitanya villa juga atau perkampungan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untu harga sudah saya updet, kedua villa ini sekitarnya lebih ke villa juga ya. Karena emang daerah wisata. Perkampungan pun ada, tapi cuman di area jalan masuknya saja.

      Delete
  8. Iya bener.
    Kalau pas wisatanya sama keluarga besar, enak sewa villa. Selain lebih murah, kita nggak terlalu khawatir ganggu pengunjung lain. Kan biasanya jarak villa satu dengan yang lain itu agak jauhan :D

    ReplyDelete
  9. belum pernah nginep ke villa, kalah ke Malang atau ke Batu pilih homestay :D

    ReplyDelete
  10. suerrrr..belum pernah nginap di villa..paling kalo udah pernah ngerasin nginep nggak mau pulang aku...kerasannnnn

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram