[review] Concussion 2015

Thursday, February 04, 2016

Mantengin film based on true story sampe dua jam'an itu sesuatuuuuh, apalagi kalo yang main aktor favorit, si abang hitam manis Will Smith!

Papabear: "Kamu kalo pilih film bisa berkarakter gini." ~ komentar suami pas lagi nonton
Mamabear: "Yaiyalah gue kan berkarakter jugak!" ~ [evil BIGgrin smiley]
Hahahaha baiklah here is a bit spoiler.....

::sumber wikipedia::
Concussion, from the Latin concutere ("to shake violently") or concussus ("action of striking together"), is the most common type of traumatic brain injury. [wikipedia]

SINOPSIS
Film yang diangkat dari kisah nyata seorang dokter imigran asal Nigeria bernama Dr. Bennet Omalu ini menggambarkan getir pahitnya kehidupan yang harus dijalani seorang patologis di sebuah negara megapolitan macam Amerika. Beuh berat beraaat hehe, indeed.
"America was a heaven on Earth" ~ Omalu's thought [dikutip dari laman zap2it(dot)com]
Wow sebegitunya ya, dan akhirnya Dr. Bennet Omalu baru mendapatkan lampu hijau setelah lebih dari 10 tahun kiranya berjibaku, iyaaa baru Februari 2015 kemarin Dr. Bennet Omalu resmi menjadi warga negara Amerika, duileeeh lama bener yak.

Pembawaan Dr. Bennet Omalu [Will Smith] ini kalem, woles dan cenderung santai namun fokus. Fokus terhadap pekerjaan yang ia jalani sebagian besar di laboraturium di Pittsburgh, PA [Pennsylvania]. One of ritual sebelum melakukan otopsi "Please show me to the world what's happen to you." ~ Dr. bennet omalu's said diikutin merdunya classic music R&B dari Teddy Pendergrass - Close The Door, aseeek pas banget dah. Padahal yang mau diobok-obok itu orang mati yak huhuhuhu flat bener yak hidupnya.

Hingga Cyril Wecht [Albert Brooks] yang mengepalai lab tsb nyeletuk "Ayolah kamu butuh sentuhan seorang wanita, supaya nggak kaku-kaku amat!" kurang lebih seperti itu kali yak guyonannya hihi. Yaiyalah, seharian ngadepin mayat, weekends masih menyempatkan waktu untuk kegiatan spiritual di gereja. Hingga suatu hari sang pendeta menitipkan wanita muda dari Kenya yang baru saja pindah ke Amerika agar diijinkan tinggal bersamanya. Hmmm baiklah saat itu juga Prema Mutiso [Gugu Mbatha-Raw] wanita muda ini kemudian tinggal bersamanya, canggung ya pastinyaaaa. Udah terbiasa sendiri eh ada orang asing ujug-ujug stay di rumah.

Mulai dari sarapan yang bukan jadi kebiasaan Dr. Bennet Omalu, sampai suara TV pun mulai terdengar di dalam rumahnya yang super duper rapi itu "I don't usually watch TV" ~ Omalu's said, LOL saya banget mah ini, berisiiik banget kalo TV udah mulai nyala. Omalu terbiasa mengerjakan sesuatu dalam keadaan hening, sepertinya :) [so do I, silence is the best medicine].

KLIMAKS
Tinggal di sebuah kota yang memiliki tim football profesional sekelas The Pittsburgh Steelers nggak lantas membuat Omalu ikut menggandrungi olahraga terpopuler se-Amrik ini. Snapchat sport reports aja mostly ya football ini, duh sampe sekarang yaaaaa meskipun.....[spoiler detected]
[Baca juga: Snapchat Bikin Nagih]
Berawal dari kematian Mike Webster [David Morse] yang dianggap tidak wajar, apalagi ia adalah seorang mantan pemain tengah dari club The Pittsburgh Steeler. Mau nggak mau hal tsb membuat rasa penasaran Omalu memuncak hingga ia bersikukuh kalau biaya otopsi mayat tsb ia tanggung pribadi, wew!

sumber: dailymail[dot]co[dot]uk

Melalui beberapa tahap penelitian, Omalu mulai menyimpulkan bahwa kematian dari Mike tsb dikarenakan akibat benturan di kepala yang menerpa otak Mike bertahun-tahun sejak menekuni olahraga football tsb. Benturan yang ia alami baik itu dalam pertandingan maupun latihan sekalipun Yang mau nggak mau kontak fisik antar pemain sudah barang tentu mengenai bagian vital yaitu otak manusia. Dr. Bennet Omalu pun mengeluarkan keputusan bahwa kematian Mike dikarenakan chronic traumatic encephalopathy [CTE].

Bayangkan, seorang dokter imigran berkulit gelap pulak [rasis dah mulai] seolah telah menemukan diagnosis yang dapat mengubah paradigma masyarakat Amerika soal olahraga populernya ini. Pahit memang, namun kenyataan kan nggak selalu berjalan berimbang. Kadang manis kadang ada pahit dan getir mulai dirasakan.

apess bener dah yang bawa bola wkwk ::sumber tumblr::
PS
Sejak dikeluarkan pers konferens mengenai diagnosis CTE tsb, katakanlah semenjak 2002 ya sewaktu Omalu mengotopsi Mike, hingga detik ini diagnosis tsb dianggap nggak berpengaruh apapun oleh NFL [The National Football League]. Namun Omalu mengatakan dalam wawancara yang dilakukan oleh dailymail bahwa ia nggak akan membiarkan anaknya untuk bermain atau melakukan olahraga tsb. Mau dibilang naif, idealis bahkan terlalu prinsipil mah terseraaah ye. Ngeliat dari peran watak yang dimainkan seorang Will Smith, bisa dilihat bahwa Omalu bukan orang yang gampang digertak. Nggak salah kalau pemerintah Amerika pun sempat menawarkannya untuk ikut bergabung dalam pemerintahan dan pindah ke Washington.

RESULT
Aksen Nigerian American dari seorang Will Smith benar-benar memukau, duh gilak! Bisa sepenuh jiwa gitu seorang Will mendalami karakter Dr. Bennet Omalu ini. Rating 7.1/10  yang diberikan IMDb emang nggak pernah main-main yak.
Berisi pemain-pemain watak lainnya seperti David Morse sampai Alec Baldwin yang memerankan Dr. Julian Bailes, film yang mengangkat kisah seorang patologis yang berjuang hingga kini dengan temuannya ini kudu masuk wishlist movie to watch kalian di rumah deh.

---------------------------------------------------
Genre: Biography, Drama, Sport
Produser: Ridley Scott, Giannina Scott
Sutradara: Peter Landesman
Produksi: LStar Capital
Durasi: 2jam 3min [122 menit]
Cast: Will Smith, Alec Baldwin, Albert Brooks, Gugu Mbatha-Raw, David Morse
Tahun: 2015

You Might Also Like

13 happy thoughts

  1. semoga bisa tayang di kota saya. nice share mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal di mana mas? Iya sama2, happy watching ya

      Delete
    2. di lombok. tapi bentar lagi pindah pontianak

      Delete
  2. waah..will smith...
    dah lama ga oernah nonton pelemnya..

    *tetep manis ya, eh gagalpokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya teh, si bang ini mah manisnya aweeeet pisan. Eh

      Delete
  3. Aduh berat beraaat ini filmnya :'D Film Will Smith yang terakhir aku tonton itu After Earth dan favoritku sepanjang masa itu Pursuit of Happiness :')) #siapananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahaa iyaaaa fikmnya si abang itam manis ini juara smua yak

      Delete
  4. Baca resensinya, gak terlalu suka ma film kaya' gini. Lebih suka film aksi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo yang maen bukan Will Smith mungkin a bit boring nih *ooops

      Delete
  5. di setiap filmnya Will Smith memang selalu keren :)

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram