Nikmatnya, Cita Rasa Kuliner Legendaris Lombok Barat!

Saturday, June 18, 2016

Lombok merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal bagi wisatawan mancanegara maupun lokal dengan menpresentasikan keindahan pantainya. Bukan hanya keelokan tempat wisatanya saja yang populer. Namun, tempat ini juga memiliki berbagai cita rasa kuliner yang sulit sekali anda lewatkan! Apa saja nama-nama makanan itu? Berikut rinciannya.

Nasi Balap Puyung Cap Inaq Esun yang Masih Tetap Eksis
Nasi Balap Puyung buatan Ibu Esun ini merupakan salah satu makanan yang paling banyak di cari oleh wisatawan ketika berlibur di Lombok. Makanan terkenal dengan cita rasa pedasnya yang akan menggoyang lidah anda. Bukan hanya cita rasa nya saja yang terkenal, tetapi, makanan ini juga dikenal sebagai makanan cepat saji bagi masyarakat Lombok.

Warung ini sudah buka dari tahun 1970 dan menjadi salah sebuah makanan legendaris yang masih tetap eksis sampai saat ini. Dahulu Bu Esun hanya menjajakan makanannya dengan menggunakan bakul sembari keliling Desa Puyung, Kabupaten Lombok Barat. Sekarang, perkembangannya sangat pesat dan sudah memiliki warung makan sendiri. Bu Esun memutuskan membuka cabang, saat banjirnya permintaan konsumen untuk mencicipi makanan legendaris Lombok ini.

Nasi balap puyung ini memang seperti nasi balap pada umumnya yang di bungkus oleh daun pisang. Namun perbedaannya terletak pada olahan bumbu-bumbu dan sambal pedasnya yang membuat siapapun pecinta kuliner ketagihan untuk selalu datang lagi ke warung bu Esun ini.

Anda bukan hanya di sajikan oleh ranumnya nasi saja, potongan ayam goreng yang di padukan dengan irisan cabe merah, taburan kacang kedelai, ditambah paduan udang kering, abon, serta belut goreng. Bumbu-bumbu yang di racik bersama sambal di goreng terlebih dahulu menyeruak menambah khas cita rasa makanan ini. Di tambah lagi keunggulan lainnya, Bu Esun menjaga ke alamian masakannya tanpa mau menambahkan campuran kimia atau bahan pengawet apapun.

Bagi anda yang tertarik untuk mencicipi makanan legendaris khas Lombok ini, beberapa alamat tempat ini telah tersebar luas di Kabupaten Lombok Barat. Berikut adalah alamat yang bisa anda kunjungi ketika berwisata ke Lombok demi mencicipi cita rasa makanan Legendaris ini yaitu di Jalan Sriwijaya No. 80, Mataram, yang merupakan pusat toko ini.

Selanjutnya beberapa cabang yang tersebar seperti: di Komplek Ruko Senggigi Plaza, Senggigi, Kab. Lombok Barat. Komplek pertokoan sebelah timur Masjid Agung Kota Praya. Fajar Cafe, Kauman, Praya. Pertigaan Bendungan Batujai, Gelondong, Praya. Tanah Awu, keluar dari Gerbang utama Bandara Internasional Lombok.

Dan Bagi anda yang penasaran dan lebih memilih untuk merasakan asal muasal makanan ini, berikut alamat yang dapat anda kunjungi, Desa Puyung, Dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah. Harga makanan ini di bandrol hanya dengan harga Rp.10.000,00/porsi. Jadi? Tertarik untuk mencoba?

Nasi-Balap-Puyung-Cap-Inaq-Esun
sumber: ksmtour[dot]com
Ayam Taliwang, Ayam Pedas yang Melegendaris
Makanan khas Lombok Barat yang tidak boleh ketinggalan adalah Ayam Taliwang. Cita rasa ayam Taliwang memang sudah terkenal di penjuru negeri ini. Tetapi, tahukah anda? Bahwa bumbu yang paling khas berada di Lombok Barat?

Masakan ini memilah ayam dari usia remaja atau berumur 2-3 tahun, jadi rasa kualitas dari ayam masih terjaga. Karena jika memilih komposisi ayam yang muda maka rasa makanan akan lebih manis tanpa perlu ditambahi dengan gula ataupun tanpa di rebus pun, ayam sudah empuk.

Dahulu, masakan ini di perkenalkan pada masa pemerintahan Raja Karangasem. Lambat laun, menjadi terkenal akibat penjualan dari Papuq Maknawiyah, seorang penjual nasi ayam dari desa Taliwang Lombok.
Selanjutnya, masakan ini di lestarikan semenjak tahun 1966 oleh Muhidin Murad, yang memiliki warung Cakranegara. Beliau adalah pelopor masakan ayam Taliwang yang dahulu makanan tersebut sempat terlupakan, hingga berhasil menjamur di Lombok seperti saat ini.

Bumbu-bumbu yang pedas di balut saat menggoreng atau membakar ayam ini. Terdapat dua buah bumbu yang dipakai masakan ini yaitu pelecingan dan pelalah. Pelecingan artinya bumbu yang cukup pedas berasal dari cabai merah dan kecil, garam, terasi dan ditambah kemiri. Sedangkan pelalah maksudya adalah santan dan sedikit terasi, digoreng bersama ayam yang sudah dipotong. Sayuran yang mendampingi makanan ini seperti terung, mentimun juga bawang merah yang diiris tipis kemudian dicampur aduk dengan sambal tomat.

Bagi anda yang ingin menyicipi makanan ini silahkan mengunjungi rumah makan ini yang terletak di Jalan Ade Irma Suryani No.10 Cakrangara. Rumah makan ini tidak hanya menyediakan masakan ayam taliwang saja namun berbagai macam makanan khas Lombok lainnya. Harga yang di bandrol untuk makanan enak ini berkisar antara Rp. 10.000,00 s/d   Rp. 40.000,00.

Anda juga tidak perlu repot-repot untuk mencari hotel karena di Lombok Barat ini memiliki pilihan hotel yang bervariatif dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang bisa anda temukan disini. Selamat berlibur!

Ayam-Taliwang-Lombok
sumber: tokomesin[dot]com

You Might Also Like

6 happy thoughts

  1. Ah ngiler dengan ayam taliwang nya. Apalagi ditambah plecing kangkung, bisa nambah dua kali :)

    ReplyDelete
  2. Duuuh jadi lapar. Makanannya menggugah selera

    ReplyDelete
  3. Ayam Taliwang plus plecing kangkung tuh juara! Nikmatnya sampe gigitan terakhir.

    ReplyDelete
  4. Di Jogja juga ada yang jual nasi balap, setelah berkunjung ke postingan, saya jadi kepingin nyoba :)

    ReplyDelete
  5. wah belum pernah nyoba nih, jadi pingin nyoba

    ReplyDelete
  6. alamaaaak... salah kaprah buka link ini di siang bolog, puasa gini ahhahah *untung tahan banting*

    duuuuh... itu nasi balap bu esunnya kok menggoda iman, apalagi makannya di ataas daun pisang... nikmatnyaaaaaa bertingkat-tingkat! harganya pun maaaak MURAHNYOH!!

    ayam taliwangnya kinclong gitu, kecapnya semena-mena banget ya sampai menggoda gitu, duh yakin deh pasti rasanya enak bangeeeeettt!!!
    duh duh duh.

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram