Tips Menjaga Produktivitas dan Semangat Saat Beraktivitas di Kantor

Thursday, August 25, 2016

Punya semangat yang nggak pernah padam memang menyenangkan, ya. Segala aktivitas pasti terselesaikan dengan baik deh jika kita punya semangat dan niat. Sayangnya, sebagai manusia biasa pasti kita pernah merasa lelah hayati dan semangat menurun, ya. Pokoknya gawat banget kalo semangat udah terganggu. Terutama ketika kita sedang menyelesaikan kewajiban di kantor. Jangankan di kantor, saya yang sekarang di rumah aja kadang si malas bisa menghampiri kapan pun...errr. Kalo nggak dimaintain bisa berabe kerjaan rumah.

tips-menjaga-produktivitas-kerja

Nah, buat kalian yang bekerja di kantoran, supaya performa kerja di kantor tetap terjaga dengan baik. Sekarang saya mau bagi-bagi tips praktis bagaimana caranya untuk mempertahankan produktivitas dan semangat kerja, mood booster please welcome :)

1. Jangan Lupa Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi adalah asupan utama yang mendukung kesehatan tubuh. Nggak harus mengonsumsi makanan mahal lo untuk menjaga kesehatan. Hal yang patut kita lakukan hanyalah menyiapkan makanan dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, serat, dan mineral yang seimbang. Usahakan untuk nggak mengonsumsi kalori secara berlebihan supaya jarum timbangan tidak bergerak ke kanan terus, belum lagi resiko mengantuk karena asupan yang berlebih tadi.

2. Sempatkan Waktu untuk Mengobrol dengan Rekan Kerja

Mengobrol dengan rekan kerja itu penting lo. Saya sendiri nggak pernah tuh melewatkan waktu untuk mengobrol sejenak dengan rekan kerja. Bukan sekadar untuk ngegosipin hal yang gak penting, ya. Ngobrol dengan rekan kerja bikin saya jadi punya semangat kerja yang lebih mantap dan bisa brainstorming seputar ide-ide kerjaan. Pilih rekan kerja yang enak diajak berkomunikasi dan gak nyinyir supaya obrolan kita selalu menyenangkan. Tapi jangan kelamaan juga rumpinya hahaha.

3. Dengerin Lagu-Lagu Favorit Sambil Kerja

Soal lagu favorit sih pasti gak bakal absen dari rutinitas pekerjaan saya. Salah satu yang lagi hits banget adalah lagu terbaru Chilla Kiana yang berjudul A Copy of You. Penyanyi muda berbakat yang satu ini pernah ikut serta dalam proyek Disney Indonesia untuk lagu berjudul The Glow.

menjaga-produktivitas-kerja

Kini, Chilla berusaha menghadirkan nuansa baper yang easy listening buat seluruh pecinta musik Indonesia. Tadinya sih saya mengakses video Youtube di https://youtu.be/GE64qLi1lqk. Lalu saya jadi tertarik untuk mencari berita terbaru seputar Chilla Kiana di http://chillakiana.com/dan https://www.facebook.com/ChillaKiana. Pokoknya lagu ballad yang satu ini sudah pasti berjejer manis di deretan playlist Youtube saya...sukak!

4. Siapkan Waktu untuk Meregangkan Tubuh

Jika kita terlalu serius bekerja berjam-jam sembari duduk, bukan hanya tubuh yang terasa pegal dan kaku. Kreativitas otak pun terhambat karena kita kurang bergerak. Demi mencegah hal ini, saya biasanya berusaha meluangkan waktu untuk meregangkan tubuh. Bisa dengan cara berjalan ke toilet, menghampiri meja rekan kerja atau senam ringan sebelum istirahat makan siang. Gerakan-gerakan sederhana saat bekerja rupanya sangat ampuh mengembalikan semangat dan kebugaran tubuh.

5. Jangan Tergoda untuk Mengakses Media Sosial
Sebagai generasi kekinian, godaan media sosial memang sulit untuk ditolak, ya. Tetapi jika sudah bertekad untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik, niscaya godaan tersebut nggak akan melunturkan tekad kita. Membiasakan diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu sebelum meluangkan waktu untuk media sosial. Pasti kita akan merasakan perubahan positif yang memicu peningkatan produktivitas.

Gimana, tips-tips di atas barusan? Pasti nggak susah untuk segera dicoba, kan ya. Yuk berusaha menyingkirkan rasa mager dan ngantuk sewaktu beraktivitas di kantor. Sudah waktunya kita menjadi pribadi yang lebih disiplin dan bertanggung jawab di tempat kerj...bon courage!

You Might Also Like

13 happy thoughts

  1. 6. jangan bawa hape ke kantor :)

    ReplyDelete
  2. Kalau produktivitas menurun, cara paling ampuh itu ketawa bareng teman dan bisa nyanyi2 asyik di kantor mba :)
    Makasih tipsnya mba

    ReplyDelete
  3. Banget itu mbak. Usahakan untk buka sosmednya ketika jam istirhat datang. Krena kalau di awal2 masuk kerja pas langsung buka sosmed, itu efeknya kurang baik buat produktifitas kerja.
    Btw, terimaksih utk rekomendasi lagunya ya mbak.. hee

    ReplyDelete
  4. Wah, iya kalo semangat lagi turun, bawaannya males ngapa-ngapain. Apalagi kalo udah tergoda buka medsos. Wah, bisa ngehabisin waktu..he he he
    Memang harus pinter-pinter memanajemen waktu ya...

    ReplyDelete
  5. Medsos itu pembunuh nomer satu klo aku mba, hiks...
    makanya klo udah deket DL jauh2 deh sama medsos 😅

    ReplyDelete
  6. kalo aku kerjanya emang online tyuus
    disuruh bula medsos.
    kadang disinilah merasa sedih, diuji dengan perang batin.

    saatnya profesionalisme di lpertaruhkan haaha

    ReplyDelete
  7. Hahaha dulu pas masih ngantor, krn kerjaan onlen pasti nyempetin buka FB. Tapi emang ganggu produktivitas seh :)) :P

    ReplyDelete
  8. Poin ketiga itu harus mbak, musik on terus

    ReplyDelete
  9. Hahaha nomer 5 itu yaaaaa ngena banget :P

    ReplyDelete
  10. yang nomor 5 itu bagian dari mengalihkan mumet sih mbaa...jadi gimana yaa.
    dikit2 lirik sosmed hahaha

    ReplyDelete
  11. Nomer 5.. kadang bikin fresh tapi sering jadi buang waktu karena jadi kemana-mana :D

    btw dengerin lagunya di youtube enak juga ^^

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram