Muhasabah Diri Ala Jombloku

Tuesday, September 13, 2016

Muhasabah Diri ala Jombloku, ketemu lagi di Arisan Link by Blogger PerempuanKali ini kita akan ngebahas dan mengenal lebih dekat lagi dengan pemenang Arisan Link batch XI. Husnul Khotimah, siapa dia? Lebih dekat sedikit, Husnul Khotimah ialah blogger wanita bertubuh mungil dengan tinggi 145 cm dan berat 45 kg, kelahiran Wonosalam Jombang. Melihat templatenya yang rapi dan feminim dengan pilihan warna font coklat dan hijau pastel. Headernya apalagi, untaian kelopak bunga [mawar ya sepertinya] cantik menghiasinya. Betah deh berlama-lama di sini.

Husnul-khotimah-jomblo
Menggunakan template bawaan blogspot, kemudian diedit sendiri oleh Mba Inuel. Cantik yah hasilnya.
Okeh lanjut, Mba Inuel sapaan akrabnya. Pemilik blog Jombloku.com ini ternyata dulunya sering manjat pohon dan selalu bermain dengan anak cowok hihihi saya juga dulu kek gini nih. Dan dari kesekian kategori yang nangkring di blognya, ada satu kategori yang menarik untuk ditilik lebih jauh.
"Dari kejadian-kejadian yang terjadi disekitarnya sampai pelajaran-pelajaran moral yang dirasakan oleh penulis dari kehidupannya yang dikemas dalam category Muhasabah Diri."
Yup, muhasabah diri, yang berarti introspeksi diri. Koreksi terhadap perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan, dsb. Atau bisa disebut dengan mawas diri. Pengen tahu lebih jauh tentang muhasabah diri ala Jombloku.com, ini dia nih di antaranya:

Jangan Ajak Saya Berbisik
"Emang peluang buat nggosip tu terbuka lebar.. selebar mulut perempuan wkwkwk."
Naudzubillahmindzalik, ayo lah dimulai dari diri sendiri. Jangan, jangan dan jangan. Nggak enak juga kan kalo kita diomongin teman sendiri di belakang. Nah, maka dari itu jangan memulainya. Gampang kan? Gampang-gampang susah sih, s'cara godaan itu pasti ada, at least kita sudah mau berusaha.

Jangan Ragu Ketika Memilih Untuk Diam
"Jiwa dan hati kita memiliki berbagai macam perasaan. Marah, sedih, gembira, bahagia, konyol semuanya ada didalam diri kita."
Manusia mengalami apa itu yang disebut kemarahan, emosi sesaat, kesedihan bahkan luapan kegembiraan tiada tara. Itu manusiawi, dari beragam macam perasaan ini lah tinggal bagaimana kita melewatinya dengan porsi yang sesuai. Misal nih, kita lagi sebel banget dengan tetangga sebelah. Sehari dua hari didiemin kok nggak ada habis-habisnya, lantas? Perlu nggak sih, kalo kita curcol sampai nggak penting atau bahkan mengumpat di sosial media?

Nah, curcol demikian itu lah yang nggak sesuai porsinya. Baiknya, curcol aja dengan yang di Atas, hal tsb juga sering saya lakukan. Karena bagaimanapun Dia lah satu-satunya yang selalu bisa mendengarkan curhatan saya sekaligus memberikan solusi. Nggak zamannya kita berkoar-koar, update status di socmed. Sementara yang disebelin ya gitu-gitu aja, makin bikin makan hati kan? Silent is gold, isn't?

Belajar Menahan Diri
"Selain bergosip, wanita juga sering tidak bisa menahan diri tentang belanjaan, terlebih kalau ada diskon dan voucher belanja."
Gosip sih insya allah masih bisa dihindari, dengan cara mengurangi seminimal mungkin ikut nimbrung ke obrolan yang jatuhnya ghibah. Nah, kalo urusan diskon, voucher belanjaan ini yang kadang masih sulit untuk ditahan wkwkwk. Padahal udah mencoba menanamkan prinsip "Allah may not give you what you ask for, but Allah will definitely gives what you need."

Pun QS 2:216 menjadi favorit quotes saya, eeeh tapi ya tetap aja, urusan belanja pershoppingan ini masih jadi PR besar buat saya. Ngubek-ubek postingan Mba Inuel, saya seperti diingatkan kembali untuk dapat menahan diri dari godaan SALE di mall hihihihi.
Husnul-khotimah
Dari ketiga tips tentang muhasabah diri ini, pastinya kita sebagai manusia tentu nggak luput dari kesalahan dan kebiasaan nggak baik. Cuman, tergantung dari diri kita sendiri juga. Mau sampai kapan mau "terjerumus" terus-terusan, move-on dong. Istilah move-on nggak melulu seputar masa lalu doang loh, move-on dari kebiasaan-kebiasaan nggak baik juga perlu banget. Semoga kita termasuk orang-orang yang istiqomah yah, aamiin :)

You Might Also Like

27 happy thoughts

  1. Yang terakhir tentang move on. Bahasannya berat. Duh :'

    Btw.. Menahan diri dan belajar bersyukur bagi aku yang agak berat, Mbak e. Semacam diri inih selalu haus akan barang barang wuchuw :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi cewek banget ya...ngeliat barzng lucu udah takluk.

      Delete
  2. Update blog dulu ah daripada ngegosip. Kalo sosmed aku jarang sih nyetatus, kecuali share post aja, suka bingung soalnya mau bikin status apaan hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, nyetatus apaaa ya enaknya *eh

      Bingung :)))

      Delete
  3. Aamiin, semoga kita termsuk orang-orang yang istiqomah untuk tidak bergosip, meluapkan kemarahan dan bisa menahan diri....

    ReplyDelete
  4. Bismillah. Semoga bisa nahan diri buat ga gitu-gitu lagi (kadang suka khilaf huhuhu). Bagian nahan diri dari belanja itu godaan banget x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntahlah, kalo uda urusan perbelanjaan kok susah gitu ya. Godaan di mana2 :(

      Delete
  5. Hihi toss ning, aku juga dulunya bnyak tmn cowo dan suka manjat pohon. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha...tp trakir aku nyobain naik pohon, kok ya keder jg yak :))))

      Delete
  6. salam kenal mba Khusnul :D
    udah kodrat cewek suka belanja kali ya kwkwkw

    ReplyDelete
  7. belajar menahan diri itu kalau berhasil keren kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selangat, semangat, hehehehe...be better :)

      Delete
  8. Aku kalau nggak ketemu bigos juga masih bisa menghindari gosip. Kalau belanja apalagi belanja online gampang-gampang susah. Kalau pas lagi nggak ada kegiatan biasanya tangannya suka iseng lihat-lihat barang di online shop sih.

    ReplyDelete
  9. Tips Mbak Inuels sangat dewasa, nih. Saya suka, terutama jangan ajak saya berbisik. bagiann ini kok susah dihindari, ya. Hihihi...

    ReplyDelete
  10. nah ini nih penyakitnya emak2 suka bisik bisik (ora apik mbak, tolog ditahan) hahaha :D

    SALAM https://mysukmana.net

    ReplyDelete
  11. Wah keren keren mba aku suka quote nya

    ReplyDelete
  12. 45 kilo banget Mbak?
    *sirik*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kan, sirik banget ya bisa BB segitu...dudududu

      Delete
  13. Wakakak..lha koq pas banget ih disuruh muhasabah diri. Saya lagi rada sensi memang..duuuh.. :v

    ReplyDelete
  14. Yap, kasus sang motivator itu juga rame karena acara2 gosip kan. Sesuatu yang sudah dilarang Tuhan, sebaiknya memang tidak kita lakukan. Aku cocok dengan tips keduanya, "lebih baik diam".

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram