Bakso Malang Rasa Surabaya

Tuesday, November 08, 2016

Bakso Malang Rasa Surabaya ... Setelah kemarin ngubek-ngubek kota Malang untuk mencari rasa panganan sushi yang pas di lidah, sekarang waktunya mengupas sedikit tentang bakso. Panganan terfavorit, sebulan nggak makan bakso itu kurang afdol hihihi. Apalagi kota Malang kan terkenal dengan kuliner baksonya, terutama bakso bakar. Dan kalo nggak salah signature dish kota Malang ya bakso bakar ini, tapi wartawan sekaligus pakar kuliner asal Surabaya Pak Bondan Winarno malah enggan menjadikan bakso sebagai signature dish kota Malang. Dikarenakan, menurut beliau hampir di seluruh pelosok kota di Indonesia pasti terdapat kuliner bakso. Yayaya apapun pendapat beliau, di manapun saya berada, yang dicari bakso ya bakso yang sesuai dengan lidah saya. Tepatnya lidah arek Surabaya hihihi, di mana aja? Yuk!

Bakso Bakar Pahlawan Trip

Terletak di jantung kota Malang, sehingga membuat kedai ini ramai dikunjungi pecinta bakso. Apalagi selain menu bakso, di sini para pengunjung juga disuguhkan menu lain seperti ayam bakar, lele goreng, bahkan bebek bakar. Hehehe ini kedai spesialis bakso apa ayam bebek bakar yak [eh].

bakso-pahlawan-trip
Bakso Bakar Pahlawan
bakso-pahlawan-bakso-bakar
bakso bakar
bakso-pahlawan-bakso-biasa
bakso campur
bakso-pahlawan-mie-ayam
tersedia menu mie ayam juga ^^
bakso-pahlawan-daftar-harga
daftar menu
bakso-pahlawan-daftar-harga2
daftar menu
bakso-pahlawan-daftar-harga3
daftar menu
Dan untuk lidah Surabaya seperti saya, rasa bakso di sini ya standard bakso pada umumnya. Kuah kaldu sapi, bertabur potongan daun seledri, bawang goreng, tanpa mie kuning atau putih tentunya. Karena kalo bakso Malang itu, mie kuning dan putih termasuk additional request :)

Bakso Bakar Pahlawan Trip
✉ Jl. Pahlawan Trip, Jatikerto, Malang
☎ (0341) 5075354
☺ 9am – 10pm

Bakso Damas

Masih di seputaran tengah kota Malang, saat libur hari raya kemarin saya mencoba bakso yang penyajiannya mirip dengan Bakso Kota. Di mana pengunjung dipersilahkan mengambil sendiri bakso pilihan yang akan dimakan, kemudian langsung membayar ke kasir.

Rasanya gimana? Hmmm, untuk lidah orang Surabaya not bad lah hehe.

bakso-damas-malang
kuah bakso kek gini ini, bikin ngilerrr!
Bakso Damas
✉ Jl. Soekarno Hatta No.70, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Malang
☎ (0341) 410615
​​​☺ 10am – 10pm
Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. [1]

Bakso Solo Trunojoyo

Lokasinya dekat dengan Stasiun Kereta Api Kota Malang, jalan sedikit sekitar 100 meter sudah bisa dijumpai kedai bakso tsb. Pilihannya ada dua, mau bakso kecil apa bakso besar. Dengan membayar sebesar Rp. 40.000 untuk satu mangkoknya, kita sudah bisa dapat bakso berukuran besar alias jumbo. Yayaya, makan bakso di sini lumayan mengobati kerinduan saya dengan bakso solo yang ada di Surabaya hihihi.

bakso-solo-trunojoyo
porsi jumbo, favorit papabear ^^
Bakso Solo Trunojoyo
✉ Jl. Trunojoyo

Bakso Solo Kidul Pasar

Menurut info di salah satu web, terdapat 3 cabang Bakso Kidul Pasar tsb [2], yakni:
  • Utara stasiun kota lama
  • Jagalan Utara pasar buah
  • Blimbing Selatan, dekat kantor BCA Blimbing
Setiap saya check-in di status sosial media, teman-teman Surabaya selalu menyarankan agar mencoba Bakso Solo Kidul Pasar ini. Eh, ternyata emang benar, dari kesemua bakso di Malang yang pernah saya coba, di kedai bakso ini lah lidah Surabaya saya cocok dengan citarasanya. Suka banget!

Dari ketiga cabang di atas, yang pernah saya coba ialah cabang Blimbing, karena lokasinya paling dekat dengan rumah :)

bakso-solo-kidul-pasar-blimbing
Bakso Solo Kidul Pasar, cabang Blimbing
bakso-solo-kidul-pasar-ramai
wuah, rame yaaa
bakso-solo-kidul-pasar
yummiii ... ^^
bakso-solo-kidul-pasar-harga
daftar harga
Bakso Solo Kidul Pasar
✉ Jl. A. Yani, Blimbing Malang
​​​☺ 8am - habis [pernah nyoba malam jam 7an masih buka]

***
Sayangnya, sebagai penggemar jeruk nipis. Semua lokasi kedai bakso yang udah saya cobain di atas, belum ada yang menggunakan tambahan jeruk nipis sebagai penyegar kuah bakso. Hanya menemukan botol cuka sebagai penyegar [penambah rasa kecut], kadang kalo saya lagi pengen banget sampe bela-belain bawa jeruk nipis dari rumah. Alhasil, pelayan di sana kadang menatap heran "Ini orang niat amat bawa jeruk dari rumah." hahahaha.

Well, itulah seninya memakan bakso citarasa Surabaya, bumbu racikan antara saos, kecap dan sambal pasti makin sip kalo ditambah perasan jeruk nipis. Biasanya bisa juga ditambahkan potongan sawi atau kubis ... [slurp] saya menulis tulisan tentang bakso ini sampe ngiler beneran huhuhu. Bakso!!!

* sumber informasi:
[1] Bakso, https://id.wikipedia.org/wiki/Bakso#cite_note-1 [diakses tanggal 8 November 2016].
[2] Bakso solo Cab Kidul Pasar, http://wikimapia.org/24831569/id/Bakso-solo-Cab-Kidul-Pasar-unit-Blimbing [diakses tanggal 8 November 2016].

You Might Also Like

19 happy thoughts

  1. Masih mahal ya mbak, di Bangkalan bakso Solo cuma 7 ribu kalau dikasih mie jadi 10 ribu, hihihi. Eh tapi aku masih penasaran sama bakso bakar rasanya gimana ya ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuooow...murah ya, aku blm pernah nyoba makan bakso di Madura nih.

      Delete
  2. jadi ngiler pengen bakso, di bandung juga ada bakso malang enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi bener mba, apalagi pas ujan2 gini ya cuacanya mendukung

      Delete
  3. Paling suka bakso kidul pasar sama pahlawan trip.. cobain bakso sayur di depan MI jalan Bandung atau deket gerbang UM jalan Salatiga mbak, seingetku itu pake jeruk nipis.. pentolnya juga jenis pentolnya bakso solo yg padet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooow, boleh lah kapan2 dicobain. Makasiii ya mba cantik

      Delete
  4. Siapa tau jalan2 ke malang, coba ah ...

    ReplyDelete
  5. Bakso paporitkuuh. Di semarang pun aku sukanya makan bakso malang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh banyak yang suka ngebakso ternyata :D

      Delete
  6. untung baca ini pas habis makan basooo hahaha

    ReplyDelete
  7. Wuenaaaaakk poool!!

    Iyo mbak, kalo ke Malang memang wajib banget ngebakso euy


    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. Mbul pesen bakso kumplit, tanpa lontong minumnya teh hotol sosro sambel n kecapnya mix #ditoyor

    ReplyDelete
  9. halo mbak sariii
    salam kenal balik yaa maaf tadi belom sempet ngobrol banyak soalnya adekku udah jemput di depan dan dia pengen buru2 balik hehe

    baso pahlawan trip aku suka karena bisa makan dan pesen greentea latte :D

    yg di deket stasiun itu juga enak sih *apa namanya lupa?

    ReplyDelete
  10. Uda lama kepengen bakso bakar. Di Jakarta agak susah loh, Mbak. Beda sama Medan yg hampir di setiap sudut keramaian ada yg jualan bakso bakar :(

    ReplyDelete
  11. Kunjungan balik mbak Dwi cantik ;)
    Mbaaak..ini surga makanan banget..daftar harganya affordable pula..di daerahku sudah mahal sekali loh buat semangkuk bakso..Bikin lapar...mana disini nggak ada yg begini..duh kasihan diriku :D

    ReplyDelete
  12. Duh kangen Malang :D kurang bakso president nih mba hehehe

    ReplyDelete
  13. Bakso presiden mbak, bakso kidul pasar kapan2 njajal pas ke sana 😍😍😍

    ReplyDelete
  14. Bakso Buto...wkwkwkw...wahhh...sebutannyaa...

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram