Dear Mbak Bulan

Thursday, February 28, 2019

luna-maya-reino-barack
Dear Mbak Bulan ... "Don't love too deeply until you're sure that the person love you loves you yhe same depth. Because of the depth of your love today is the depth of your wound tomorrow."

Yes, tulisan ini sempat beredar di timeline media sosial saya. Twitter terutama, karena ya biasanya jikalaubada berita yang sedang menjadi trending Twitter lah paling cepat di-trace. 27 Februari kemarin, siapa sih yang nggak bakalan terkena hype-nya pernikahan Syahrini dan Reino Barack. Sosok pria yang sempat singgah di hati mbak Bulan ini, Luna Maya ... wanita yang me-mosting quotes tsb tadi.

Yes, love too deply. Bagaimanapun sesuatu yang berlebihan itu nggak baik ya pemirsa sekalian. Bukannya menggurui atau sok-sokan berkomentar, karena saya sendiri pun pernah kok berada di fase tsb. Yang belum paham bagaimana seharusnya mencintai, dan dicintai. Hingga bahkan pernah menyebabkan kesehatan saya menurun, dan berujung masuk IGD (Instalasi Gawat Darurat) tanpa diagnosis yang jelas. Hanya kalimat ini lah yang bisa keluar dari mulut si dokter selang observasi sekitar dua jam-an "Literally, anak ibu sepertinya bukan sakit, tapi ..." menatap nanar ke arah saya.

Yes, bagaimana orang tua saya terutama ibu kaget bukan kepalang. Anak gadis semata wayangnya sedang mengalami sesuatu yang ibu saya sendiri kecolongan ... "Cinta, deritanya tiada akhir." kata Chu Pat Kay sih begitu.

💙 Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik

Allah SWT pun berfirman ...

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِن رَّحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعاً إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya, sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Az Zumar:53)

Jelas lah tertulis dari ayat tsb bahwasanya "Nggak baik kalau kita berlebih-lebihan dalam melakukan sesuatu." karena ya, selebihnya itu hanyalah hawa nafsu belaka yang biasanya setan mencampuri di wilayah tsb. Yes, si setan ini emang bisikannya memabukkan sekali. Apalagi untuk urusan percintaan seperti ini, beugh teramat dahsyat godaannya.

Semua itu balik lagi ke kita, mau di situ-situ aja terpuruk dengan sesuatu yang tidak pasti atau move-on sesegera mungkin. "Lantas, apa yang kamu lakukan saat itu?" Saya? Dengan trigger saya masuk UGD itu artinya sudah mengganggu ke kejiwaan saya dong ya, tapi lagi ... dan lagi beberapa tahun setelahnya saya pun terpuruk lagi untuk kesekian kalinya. Hah? Mau sampai kapan seperti itu, diperbudak oleh namanya cinta (red: hawa nafsu).

Sempat saya melihat wawancara yang dilakukan oleh pihak Reino Barack "Ia yang masih sering menghubungi saya, meminta saya hadir di acara ulang tahunnya." Ya, saya pernah di posisi ini. Seperti halnya mbak Bulan, udah putus tapi masih aja enggan melepas si pria [sigh]. Nah, bukannya itu rayuan setan yang telah berhasil menjerumuskan kita?

Let it be, time will heals. Percaya deh ... hujan datang disertai badai, bukan berarti langit nggak akan terang, bukan?!

Buat kalian yang pernah berada di posisi mbak Bulan (red: Luna Maya) pasti lah paham dengan apa yang ia rasakan. Hingga ia akhirnya terbang ke tanah suci, mungkin untuk menyendiri sejenak ... kontemplasi diri (betapa beruntungnya dia, sekedipan mata bisa langsung bersujud di hadapanNya memohon ampunanNya).

Ditinggal menikah itu bikin nyesek emang gengs, apalagi ini putusnya belum ada setahun. Nikahnya dengan orang dari lingkungan terdekatnya pulak, sakit yang tak berdarah ... begitu komentar para netijen. Tak kan lari gunung dikejar, kalau bukan jodohNya, kita bisa berkata apa?!

💙 Pacaran itu dilarang dalam Islam

Well, lagi-lagi saya diingatkan lewat firmanNya

كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al-Baqarah:216)

Merasa tersakiti, padahal masalah itu kita sendiri yang membuatnya hadir dalam kehidupan kita. Merasa terdzalimi, padahal kita sendiri yang mendzalimi diri kita tanpa tersadar. Merasa sendiri ditinggal kekasih, hei ... dia itu siapa ... mahrammu pun bukan!

Tak mungkin Allah SWT menjauhkan sesuatu jika bukan karena sebab musabab, mencoba memahami makna ayat tsb. Ngapain sih kita bersakit-sakit sendiri? Udah sakit hati, sampai masuk IGD pulak hahaha. Kalau sekarang sih saya bisa tertawa menertawakan kebodohan saya, lah dulu? Jangan harap ... hingga ayat tsb menyadarkan saya bahwasanya Allah SWT itu sayang kok dengan hambaNya ini.

Percayalah, dibalik kejadian pasti ada hikmahnya. Klise? Iyes, tapi itu lah yang saat ini sedang terjadi. Skenario Allah sedang kita mainkan, ikuti saja ke mana alur ceritanya. Yakinlah bahwa waktuNya adalah saat yang paling tepat dalam hidup kita.

Kalau pun bukan sekarang waktunya kita bertemu si pria yang menjadi jodoh kita, mungkin kita harus bersabar dulu. Atau apakah kita harus memantaskan diri terlebih dulu?

💙 Di atas langit masih ada langit

Mbak Bulan, percayalah dirimu tak sendiri. Di luar sana banyak wanita yang juga pernah mengalami ketersakitan ini, tapi yakin lah juga kalau bahwasanya Allah SWT nggak akan memberikan suatu cobaan di luar batas kemampuan hambaNya. Allah Maha Baik, teramat baik ... ya Rabb ampunilah hamba-hambaMu ini.


Cerita cinta antara Luna Maya, Syahrini, dan Reino Barack ini, kembali mengingatkan saya dalam perjalanan bertemu dengan jodohNya. Berliku memang, tapi saya yakin kalau waktuNya adalah waktu terindah dalam hidup saya. Tetap semangat ya mbak Bulan ... 💙

You Might Also Like

3 happy thoughts

  1. Saya belum pernah ngerasain hal yang sama kayak Mbak Bulan ataupun Mbak dicerita di atas. Tapi saya berempati apalagi di masa-masa sulit kayak gini yang pastinya berat banget. But I trust that time will heal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau sudah begini cumna waktu yg bisa menyembuhkan. Ceileeeh kita jadi melow gini mba hihihi

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung di blog #beYOUtiful ini, semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat :)

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram