Tips Anti Mabuk Saat Mudik Dengan Bus

Thursday, April 11, 2019

tips-anti-mabuk

The wheels on the bus go round and round
Round and round, round and round
The wheels on the bus go round and round
All through the town...

Tiap lagu ini diputer sambil nemenin si kecil maen, saya tu trus pengen naik bus ... hahaha latah. "Naik bus rame-rame itu asyik banget!" kan jadi pengen bepergian naik bus akutuuu. Dan kalo perginya rame-rame rute perjalanan jauh sekalipun jadi nggak berasa loh, tau-tau udah sampe aja. Apalagi kalo pas musim mudik, hmmm bisa dipastikan terminal bus bakal dipadati penumpang. Tapi kalo di tengah perjalanan mabuk trus gimana dong?

Penyebab Mabuk Perjalanan

Dulu, saban naik kendaraan dalam kota aja, nggak usah jauh-jauh ... bisa dipastikan kepala saya bakalan pusing, disertai mual. Fixed saya mabuk perjalanan yang biasa disebut motion sickness atau "penyakit" yang diakibatkan oleh gerakan. Sampe-sampe setiap pengen ke mall misalnya nih, saya selalu sedia pain killer untuk mengobati pusing saya huhuhu sedih akutu.

Lantas, apa sih yang jadi penyebab mabuk perjalanan ini?

1. Kurang istirahat. "Makanya nggak usah jalan-jalan kalo semalam tidur cuman 3jam!" hahaha tertohok deh, karena problem susah tidur belakangan mendera saya. Ya masak paginya mau jalan-jalan, malamnya baru bisa tidur jam 2 ... grrrrr.

2. Punya riwayat migrain. Ini dia nih penyakit yang dulu sering saya alami, apalagi kalau telat. Trus ketika dalam perjalanan perut kosong lupa diisi, hmmm jangan tanya kalo tiba-tiba mabuk di tengah-tengah perjalanan. Karena perut kosong dan maag lalu migrain itu berhubungan erat sepertinya ya :(

3. Bermain gadget atau membaca buku. Duduk diam aja pusing, ini mata masih diforsir lagi untuk bermain gadget (red: handphone) atau membaca. Mungkin kamu juga termasuk tipe yang nggak bisa leyeh-leyeh sambil membaca buku di dalam perjalanan, jadi baiknya simpan aja dulu gadget atau bukunya ya.

4. Perubahan hormonal. Misal, sedang hamil. Dimaklumi lah ya, bumil itu nggak usah jalan jauh aja kadang udah mabuk. Masih disuruh jalan jauh-jauh hmmm perubahan hormon mempengaruhi hal tsb.

Enaknya naik bus

Udah tau mabuk perjalanan, kenapa sih orang-orang masih suka naik bus? "Emangnya kalo mabuk perjalanan nggak bisa bepergian dengan bus gitu?" oh ow ... nggak gitu juga kali. Apalagi ada banyak alasan kenapa sih memilih naik bus daripada moda transportasi lainnya?

✓ Tiketnya murah. Meski terkadang masih menjadi moda transportasi alternatif, tapi nggak bisa dipungkiri di kala musim mudik angkutan umum satu ini yang paling dicari loh.

Contoh, 1 keluarga dengan 5 orang anggota harus mudik dari Jakarta ke Yogyakarta. Kalau naik pesawat berapa duit tuh, belum lagi sekarang bagasi harus bayar. Nah, sekarang kita bisa langsung beli tiket bus Sumber Alam disini.

tiket-bus-mudik
klik untuk memperbesar gambar
Dijamin murah meriah selamat sampai tujuan, duit lebihnya bisa buat jalan-jalan di Yogya nanti deh. Yekaaan?!

✓ Mengurangi kemacetan. Haaa, kok bisa? Ya bisa dong, contoh lagi nih ya. 5 keluarga dengan masing-masing beranggotakan katakan 5 orang, trus semuanya naik bus. Di jalan hanya akan ada 1 kendaraan aja, yakni si bus. Coba bandingkan kalo nggak naik bus, udah ada berapa kendaraan nih yang akan memadati jalan?

✓ Bertemu jodoh. Kurang romantis apa sih, bisa ketemu gebetan di atas bus, seperti pasangan Cha Jin-wook (Sung Hoon) dan Lee Yo-mi (Song Ji Eun) di salah satu scene drama Korea My Secret Romance. Hahaha emak-emak mulai halu.
jodoh-di-bus
Eh tapi ada loh teman saya yang ceritanya agak mirip, yaaa meski nggak happy ending sih. Tapi siapa tau kita bertemu jodoh ketika naik bus, karena kan durasi perjalanan menggunakan bus lebih lama ... tapi menyenangkan!

✓ Mendapat pengalaman baru. Pengalaman adalah guru terbaik, apalagi kalau pengalaman di sepanjang perjalanan dengan bus. Kita nggak akan tau pengalaman hidup apa yang nanti akan dijumpai saat bepergian dengan bus, di sini juga lah jiwa berpetualang kita muncul.

Tips anti mabuk perjalanan

Dari tadi ngabahas mabuk-mabuk perjalanan muluk, sampe ketemu jodoh udah. Mana woi tips anti mabuk saat mudik dengan bus??? Hahahaha, ini nih sabar yaaa. Ssst, supaya bisa menikmati perjalanan dengan bus, apalagi jarak jauh seperti rute mudik Jakarta-Yogyakarta tadi contohnya, ada baiknya kalian menyimak beberapa tips anti mabuk saat mudik dengan bus berikut ini.

1. Usahakan perut tidak dalam keadaan kosong. Perut kosong, krucuk-krucuk trus nggak ada makanan klop sudah lah penderitaanmu sodara. Pusing bakal melanda, udah gitu mual deh, trus tau kan endingnya apa? MUNTAH! Gitu aja terus sampe lebaran monyet, kalo perut nggak diisi. Karenanya usahakan jangan sampe kelaparan ya gengs.

2. Bawa makanan, atau camilan.
Tips kedua ini adalah jawaban supaya perut tidak dalam keadaan kosong tadi, masak iya di bus ada kantin hihihi. Sedia payung sebelum hujan, sedia makan sebelum kelaparan.

3. Siapkan minyak angin atau aromatherapy.
Meski di luaran sana minyak aromatherapy lagi happening, minyak angin cap kapak tetap jadi andalan saya [ooops]. Anggap aja udah tua haha, tapi minyak satu ini ampuh loh untuk mengatasi pertolongan pertama ketika pusing dan mual melanda. Jadi, sebelum mabuk melanda baiknya oleskan aja minyak tsb ke area sekitar leher, perut atau pusar, serta dada dijamin tidur nyenyak deh setelahnya.

4. Hindari membaca buku atau bermain gadget.
Ini dia salah satu penyebab mabuk yang saya bahas di atas, untuk itu sebaiknya hindari aktivitas tsb. Daripada mata berputar tak karuan trus mual muntah, kan nggak asyik.

***
Gimana, puasa bentar lagi nih tinggal menghitung hari aja, lepas tu Insya Allah musim mudik dimulai. Saatnya kumpul bahagia bersama keluarga tercinta, trus kalian mudik naik apa tahun ini? Naik bus yuk!

You Might Also Like

1 happy thoughts

  1. 'Bertemu Jodoh!'

    Itu poin penting yg aku suka dari tips nya mbak, Ning ^^ haha

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram