5 Kelebihan Print Kaos DTG Dibandingkan Dengan Sablon Manual

Saturday, May 11, 2019

Semakin majunya teknologi print kaos DTG membuat industri print kaos dengan design sendiri menjadi sebuah ladang bisnis yang menjanjikan dan memiliki prospek yang menarik. Teknik Direct to Garment atau secara umum di singkat DTG memberikan kemudahan bagi penyedia jasa print kaos untuk mencetak desain sesuai keinginan kita secara langsung di atas kaos. Umumnya, mesin DTG sama dengan mesin printer untuk banner atau printer lainnya, hanya saja tinta yang dipakai  adalah tinta khusus untuk bahan kaos, dan media untuk mencetaknya merupakan kaos atau kain yang mirip.

teknik-direct-to-garment
Kenyataannya mesin printer DTG sendiri adalah penyempurnaan teknik mesin sablon digital  sebelumnya, atau mesin sablon press yang memanfaatkan metode kertas transfer. Desain akan dicetak di atas kertas transfer dimana nantinya kertas transfer tersebut akan di press/ditekan dengan suhu tertentu di atas sebuah kaos. Proses penekanan dan pemanasan ini akan membuat desain yang telah di-print, berpindah dari kertas transfer ke atas kaos.

Keunggulan Print Kaos DTG Dibandingkan Sablon Manual

Sebagai informasi nih ... dengan teknik DTG, proses cetak desain akan langsung dilakukan di atas kaos. Teknik DTG untuk mencetak desain ke atas kaos hampir tidak memanfaatkan tenaga manusia. Seluruhnya telah diatur sedemikian rupa oleh komputer, sehingga akan memperkecil kesalahan yang dilakukan oleh pembuat sablon kaos. Kemudian, apakah kelebihan teknik DTG itu bila dibandingkan dengan teknik sablon manual? Berikut adalah keunggulan teknik DTG dibandingkan dengan teknik sablon manual.

1. Mutu hasil print lebih stabil

Dengan memakai mesin printer DTG yang orisinal dan tinta khusus untuk garmen, maka hasil serta mutu print pada kaos akan lebih stabil. Faktanya  tinta yang dipakai untuk mesin DTG adalah tinta khusus dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja berlainan dengan tinta sablon manual yang biasanya cukup kental, tinta khusus DTG dibuat khusus agar tidak menyumbat ujung head printer. Di samping itu, karena segalanya diatur oleh komputer, maka tingkat kesalahan manusia dapat dikurangi, sehingga hasil print menjadi lebih stabil dan bagus.

2. Dapat mencetak desain apapun

Kelebihan print kaos dengan teknik DTG adalah kita dapat mencetak desain apa pun di kaos. Tidak soal seberapa rumitnya, atau berapa banyak warna yang akan dipakai, printer DTG dapat langsung mencetaknya ke atas kaos.

3. Memerlukan waktu lebih pendek untuk persiapan

Nyatanya dengan memanfaatkan teknik DTG, penyedia servis akan langsung mentransfer file desain kita ke dalam komputer. Lalu kemudian, komputer lah yang akan mengatur bagaimana desain tersebut akan dicetak ke atas kaos. Proses pengerjaannya menjadi lebih praktis dan memerlukan waktu lebih pendek. Hal demikian tidak seperti teknik sablon manual yang harus menyiapkan film sablon terlebih dahulu.

4. Waktu pengerjaan untuk setiap desain sama

Sebenarnya printer DTG tidak akan mempertimbangkan kerumitan sebuah desain setiap waktu pengerjaan proses printing. Semua desain bisa dicetak dengan durasi waktu yang sama, yaitu kira-kira 20 menit-an. Hal tersebut akan berbeda jika menggunakan jasa sablon manual yang mesti melakukan berkali-kali proses sablon untuk setiap warna yang ada pada desain tersebut.

5. Harga lebih ekonomis dan hemat untuk cetak satuan

Jika kita hanya ingin mencetak desain buatan sendiri, dan hanya untuk satu kaos saja, maka pilhan yang paling hemat dari segi biaya adalah menggunakan teknik print DTG. Faktanya dengan DTG, tidak akan ada minimum order sehingga kita bebas mencetak meskipun hanya satu kaos saja. Oleh sebab itulah, teknik DTG lebih disukai untuk mencetak kaos satuan yang memiliki desain unik agar tidak ada yang menirunya, pun membuat gaya kita berbeda dan unik. Limited edition gitu lah istilahnya hehehe.

***
Nah, itulah ulasan 5 kelebihan print kaos DTG dibandingkan dengan sablon manual, semoga informasi di atas menambah pengetahuan kalian dalam memilih teknik sablon yang paling sesuai dengan keperluan.

You Might Also Like

1 happy thoughts

Terima kasih sudah berkunjung di blog #beYOUtiful ini, semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat :)

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram