Couleur de peau : Miel

Monday, May 12, 2014

Sinopsis + Review: 
Pilem animasi yang diangkat berdasar kisah nyata salah satu sutradaranya. Bercerita tentang Jung bocah cilik yang berasal dari Korea korban perang sodara [yang hingga kini sih ya] menyebabkan kemiskinan melanda rakyatnya. Alhasil di tahun 1971 setelah ditampung di sebuah panti asuhan, anak-anak kecil tersebut diterbangkan keluar Korea untuk akhirnya diadopsi oleh keluarga baru mereka nantinya. Dan kisah perjalanan Jung pun mendarat di Belgia, mengadopsi Jung sebagai anak ke 4 mereka dimana keluarga barunya telah memiliki 3 orang anak sebelumnya.
APPROVED FOR ADOPTION
Jung pun mau tidak mau mengganti bahasa Korea dengan bahasa Perancis sebagai bahasa sehari-harinya. Bentuk mata, warna kulit pun warna rambutnya pastinya berbeda dengan mayoritas orang disana. Disini Jung bergulat dengan bathinnya, apalagi tak lama keluarga barunya mengadopsi anak ke 5 mereka yang juga berasal dari Korea. Disini Jung merasa disisihkan, dari yang mulanya dianggap paling istimewa karena orang-orang Eropa pada umumnya kala itu menganggap jika mengadopsi anak-anak Korea sama prestigenya dengan membeli sebuah mobil baru [wow sebegitunya yah]. 

Klimaks:
Hingga dewasa bathin Jung bergulat dengan siapa kah dia sebenarnya, dari mana asalnya siapa ibu kandungnya hingga akhirnya Jung berkeputusan untuk keluar dari rumah itu. Semua kegalauan Jung tumpahkan dengan menggambar ke dalam buku sketsa [emang bakat terpendamnya orang-orang sana yak sepertinya].

Singkat cerita Jung kembali ke pangkuan keluarga tirinya, dimana Jung berhasil mengatasi kegalauannya. Bagaimanapun apapun warna kulit Jung baginya kasih sayang keluarga terlebih seorang ibu tidak ada duanya di dunia ini [Happy Mother's Day!!!].

En fin, Jung just realized that his Couleur de peau : Miel [Color of skin: Honey]

PS:
Gak rugi kemarin nyempetin waktu untuk nonton pilem Eropa #EoS2014 [gratis pulak haha] dimana kita bisa belajar sejarah juga. Sssst baru tau soalnya kalau banyak anak-anak Korea yang diadopsi keluar negaranya sendiri.
Selain menampilkan tokoh animasi pilem ini juga menampilkan tokoh utamanya sekaligus, berikut flashback kenangan-kenangan Jung berupa video-video masa kecilnya yang berhasil direkam oleh ayah tirinya. Dan lagi pilem ini tentunya meraih banyak penghargaan seperti Best Animated Character Award, Audience Award, Unicef Award, Best Feature Award dsb.

Result:
Europe on Screen pertama saya yang nendang banget!

#EoS2014
-----------------------------------------------
Genre : Animasi, dokumenter
Produser : Thomas Schmitt
Sutradara : Laurent Boileau, Jung Henin
Produksi : Mosaïque Films, Artémis Production
Durasi : 70 menit
Cast (pengisi suara) : William Coryn, David Macaluso, Arthur Dubois, Christelle Cornil, Jean-Luc Couchard.
Tahun: 2012

You Might Also Like

0 happy thoughts

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram