Ngabuburit di Bedug Asyiiik 2015

Wednesday, July 01, 2015

Ramadhan tiba nggak berarti kegiatan jalan-jalan terhenti hihihi saya mah apa atuh. Ngabuburit sambil memahami sejarah? Atau menikmati musik khas Ramadhan? Hmmm nggak salah kan kalo weekend kemarin saya berkunjung ke sebuah klenteng tertua yang terletak di desa Gudo, Klenteng Hong San Kiong. Dilanjut gedebag gedebug menabuh bedug di Lapangan Blimbing, Jombang.

Fyi di Jombang sendiri terdapat 3 klenteng yang tersebar di Jombang Kota, Mojoagung dan Gudo sendiri dan diperkirakan sekitar tahun 1800 pemukiman Tionghoa mulai masuk ke Gudo Jombang, lama juga yak. Berkeliling di areal klenteng dengan luas 16.200 m2 ditemani semerbak aroma asap yang berasal dari dupa sebagai perlengkapan sembahyang. Eh disalah satu sudut klenteng sekilas terlihat beberapa kayu waru dijemur yang tak lain merupakan kayu boneka produksi wayang Potehi. Yayaya  kebudayaan Cina kan lekat dengan wayang Potehi itu yak.
Potehi sendiri berasal dari kata pou 布 (kain), te 袋 (kantong) dan hi 戯 (wayang).  Jadi wayang Potehi ini adalah wayang boneka yang terbuat dari kain. [sumber wikipedia]
workstation wayang Potehi
 
pangung wayang Potehi
Menurut Bapak Toni Harsono (Tok Hok Lay) Ketua Klenteng Hong San Kiong, tahun 1926 di Gudo Jombang inilah pembuatan wayang Potehi dimulai. Jadi nggak salah kan kalau disini merupakan tempat pembuatan wayang Potehi tertua di Indonesia. Bahkan Pak Toni pun mengklaim jika wayang Potehi produksinya merupakan yang terlengkap, karena nggak jarang wayang-wayang Potehi hasil produksinya diimpor ke negara-negara tetangga seperti Malaysia, Keren!

Puas menikmati sejarah Tionghoa di klenteng tertua di Jombang, perjalanan saya dilanjut ke sebuah acara Bedug Asyiiik di Lapangan Blimbing Jombang. Eits bedug sendiri juga nggak jauh-jauh dengan kebudayaan Cina ternyata.
Bedug sebenarnya berasal dari India dan Cina. Berdasarkan legenda Cheng Ho dari Cina, ketika Laksamana Cheng Ho datang ke Semarang, mereka disambut baik oleh Raja Jawa pada masa itu. Kemudian, ketika Cheng Ho hendak pergi, dan hendak memberikan hadiah, raja dari Semarang mengatakan bahwa dirinya hanya ingin mendengarkan suara bedug dari masjid. Sejak itulah, bedug kemudian menjadi bagian dari masjid, seperti di negara Cina, Korea dan Jepang, yang memposisikan bedug di kuil-kuil sebagai alat komunikasi ritual keagamaan. [sumber wikipedia].
 
Menurut pengamat seni dan budaya Joko Gombloh, seiring perkembangan kebudayaan seni tabuh bedug nggak melulu sebagai penanda berkumpulnya sekelompok masyarakat untuk berbagai upacara atau perayaan. Riuhnya penampilan peserta bedug ajang kompetisi bertajuk Bedug Asyiiik 2015 menambah semangat pertemanan diantara para peserta.
Selama  bulan Juni – Agustus 2015 untuk menabuh semangat pertemanan melalui kompetisi bedug, Bedug Asyiiik juga mampir ke kota lain seperti Mojokerto, Cirebon, dan Semarang . Dimulai pukul 3 sore, 12 tim hasil seleksi unjug tabuh memainkan musik patrol ala mereka. Asyik juga loh ternyata mendengarkan pukulan bedug menyuarakan irama, ngabuburit ditemani bedug...kapan lagi??
Nggak hanya itu saja, Sampoerna Kretek ikut merayakan pertemanan dengan seluruh pengunjung melalui berbagai hiburan asyik seperti mobil asyik, bola mudik, labirin asyik dan asyik-asyik lainnya hahaha.

Tepat adzan maghrib berkumandang acara dihentikan sementara hingga pukul 7, syahdu banget kaaan acaranya.
Rangkaian acara Bedug Asyiiik 2015 ditutup dengan penampilan band Five Minutes, grup band asal kota hujan Bandung dengan personel  Ricky Tjahyadi (keyboard), Richie Setiawan (vocal), Drie Warnanta (bass), Roelhilman (guitar), dan Aria Yudhistira (drum). So, nggak dipungkiri rangkaian acara kemarin dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan pertemanan di antara pengunjung, iya apa iyaaa? :)
Five Minutes
semacam flashback ke jaman SMP dulu, baru sekarang ketemu yak ^^

You Might Also Like

9 happy thoughts

  1. Haisssh Aya sama Mas Dito serius banget main labirin asyiknya..
    Woii ojo serius-serius nanti di cari sama mas calon wakaka..

    ReplyDelete
  2. sama dong mbak dulu juga penggemar Five Minutes, hehehe ketahuan deh kita angkatan lama :D

    ReplyDelete
  3. Liburannya full day, dari pagi sampai malem...
    Penasaran nih, belum pernah berkunjung ke Kuil :)

    ReplyDelete
  4. Komen teratas minta disikutt. Baru tau kalo aku sama Mas Dito akur wahahahahahk

    ReplyDelete
  5. saya belum pernah main ke kuil. Penasaran :)

    ReplyDelete
  6. Mbaknya cantiiiik! :P Bikin sirik aja tauk. Ngoahahah.. :D

    ReplyDelete
  7. Wah meriah banget acaranya.

    ReplyDelete
  8. Tempatnya bagus :) acaranya juga ga kalah seru yaa..

    ReplyDelete
  9. asikkk..ngabuburit teyusss...

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram