Masak Sendiri Dengan Bumbu Halus, Siapa Takut!

Kalo pas lagi dapat nasi kenduri atau kotakan gitu, menu ini jadi favorit saya banget. Tapi biasanya si ati ayam saya singkirkan karena enggak doyan jeroan hehe. Sebagai gantinya kadang pas saya lagi rindu menu ini, itu ati ayam saya ganti daging ajah. Lebih enak, lebih sehat...ya nggak sih? hihihi namanya masakan rumah pasti sehat lah ya insya Allah, kan tanpa bumbu penyedap.
sambal goreng kentang feat daging
Sambal goreng kentang daging favorit saya banget [catet yak], apalagi kemarin abis nyontek resepnya Mak Irmasenja. "Ini bumbu halusnya kamu bikin sendiri?" mami saya aja sampe nggak percaya hahaha karna biasanya nih kalo saya yang masak, bumbu halusnya yang lagsung jadi itu hihihi sebut saja rawon. Eh kalo Soto Banjar bikin sendiri nih bumbunya. Jadi intinya kalo ada resep, siapa takut! :p

Bahan-bahan:
bumbu halus

  • 1/2 kg kentang potong dadu, goreng 3/4 matang dan tiriskan.
  • 1/4 kg daging sapi yang sudah direbus kemudian dipotong-potong sesuai selera.
  • 5 buah cabe besar.
  • 2 buah cabe kecil,
  • 2 siung bawang putih.
  • 6-8 siung bawang merah,
  • 1 sdm ketumbar.
  • 2 butir kemiri.
  • 1 cm jahe.
  • 1,5 cm lengkuas digeprek.
  • 1 batang serai digeprek.
  • 2 lembar daun salam.
  • 2,5 sdm gula.
  • 1 sdt garam.
Cara membuat:
  1. Haluskan semua bumbu halus, cabe merah besar dan kecil, bawang merah dan putih, kemiri, jahe serta ketumbar. Saya menambahkan air kaldu daging sisa rebusan tadi, rasanya bakalan lebih gurih loh.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu masukkan daun salam, lengkuas dan serai yang sudah digeprek. Tumis hingga wangi.
  3. Masukkan daging, tambahkan air kaldu kira-kira 70ml, tambahkan gula dan garam. Masak hingga bumbu meresap dan mengental bersama daging.
  4. Kemudian masukkan kentang, aduk hingga rata. Voila!
Ngggak susah kan? Toh itu semua bumbu halus cukup diblender beres deh, nggak perlu susah-susah ngulek hihihi teteeep ya mau enaknya aja. Kalo ada yang simpel ngapain dibikin ribet ya nggak?
Bahan-bahannya bisa dimodif nggak? Bisa bangeeet, misal kamu doyan sama pete, bisa juga ditambahin seperti kemarin saya nyoba. Aromanya makin nendang...sedepppp deh.
Penasaran? Sok atuh dicobain resepnya, makan barengan sayur hijau seperti tumis sawi juga okeh. Makin sedep makan siangnya...bon appétit!

13 comments:

  1. Hihii iyak aku juga males nguleg ga alus2,, tp klo mblender kadang susah nyopotnya wkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiyaaaah iya bener, kao kekencengen nutupnya ya...jadi blarrrr duh dapur pun berantakan gk jadi masak trus beli aja wkwkwk

      Delete
  2. Sambel goreng kentang salah satu favoritku, apalagi maemnya pakai nasi uduk atau nasi kuning. Sedaaaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah wah, mb tatit malah nambah2in bikin ngilernyaaaa :D

      Delete
  3. Saya dulu juga kalo dimasakin sambel goreng kentang minta atinya diganti sama daging Mbak. Hihihi. Sama gak suka jerohan. Kelihatannya bisa dipraktekkan. Makasih ya Mbak :)
    @danirachmat

    ReplyDelete
  4. aku kadang juga pake blender kalo ngalusin bumbu mbak..kesuwen soale lek diulek...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. menghemat waktu dan tenaga wkwkwk mak2 males iki

      Delete
  5. kesukaaan akuuu..
    makasih share resepnya mbk, bs eikeh cb nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 cantiki, smoga bermanfaat yaaa :)

      Delete
  6. Ini juga kesukaan akuuu. Jaman masih ngekos kalo beli maem di warteg, lauknya ini. Enak, murah meriah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lauk sejuta umat ya keknya? :D

      Delete
  7. numpang makannya aja, mbk nining yang masak :)))))

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Followers