Jembatan Suramadu

Monday, July 11, 2011

"Hari ini kita pergi kemana nih?" spontan saya menjawabnya "Ke Suramadu yuuk!"
hehe....sekarang udah gak bingung-bingung lagi nih kalo ada teman yang berkunjung ke Surabaya, harap maklum Surabaya bisa dibilang minim tempat wisata yang "menarik". Bahkan rekan-rekan kantor dari luar kota pun jujugan pertama mereka adalah jembatan terpanjang di Indonesia ini. 

Dengan panjang sekitar 5.438 meter [belum ngukur juga sih] patutlah kita berbangga hati, apalagi sejak dibuka resmi tanggal 10 Juni 2009 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono praktis daerah sekitarnya pun ikut berbenah diri. Bahkan di tahun yang sama tepatnya Nopember 2009 untuk memperingati Hari Pahlawan diadakan event berskala Internasional bertajuk Suramadu International Run [lomba lari 10K].
"Dengan menempuh jarak 10 km pulang-pergi (PP) dari arah Surabaya-Madura-Surabaya" ujar Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), diharapkan jembatan ini nantinya bisa dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Apalagi event tsb diikuti oleh pelari-pelari kelas nasional maupun internasional.

Jembatan-Suramadu-kamera-hape
Suramadu
Sesuai namanya Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura, dimana jembatan ini pun menerapkan tarif tol yang pastinya lebih murah jika dibandingkan dengan tarif penyeberangan menggunakan kapal ferry, maka bisa dipastikan di musim-musim tertentu [lebaran misalnya] jembatan Suramadu ini akan dipadati penggunanya.

Tarif masuk pun berubah sejak 7 tahun dibuka, berikut update per Maret 2016 seperti dilansir metrotvnews[dot]com.
  • Golongan I (mobil pribadi) Rp 15.000,-
  • Golongan II (truk standar) Rp 22.500,-
  • Golongan III Rp 30.000,-
  • Golongan IV Rp 37.500,-
  • Golongan V Rp 45.000,-
Maka dari itu di Minggu pagi yang cerah, kami sekeluarga menyempatkan diri untuk mengunjungi jembatan tsb apalagi kakak yang sekarang berdomisili di Jakarta cukup dibuat penasaran olehnya hihi...

You Might Also Like

1 happy thoughts

  1. Aan: trimakasiii ^^
    salam kenal jg dari Sby...kata org gk lgkp ke Surabaya kalo belum ke Suramadu hehehe :D

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram