YOGA Keseimbangan dan Ketenangan Hidup

Friday, November 25, 2011

yoga
Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa dimana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan [wikipedia]. Namun seiring berkembangnya jaman, semakin beragam pula manfaat yang bisa diambil dari yoga diluar konteks keagamaan itu sendiri.
Termasuk saya yang pernah mengikuti kelas yoga disela-sela rutinitas saya yang melelahkan [cieeee sok ngartis ah] :p

Namun dalam perkembangannya yoga kurang diminati oleh masyarakat kita, hmmm hal ini mungkin karena melihat gerakan-gerakan yoga yang seakan-akan kita dituntut harus memiliki tubuh yang lentur dan fleksibel. Namun itu tidak berlaku jika kita telah mencobanya barang sekali saja, dijamin pasti deh kalian bakalan kecanduan.


Disini saya hanya akan bercerita beberapa manfaat yoga yang saya peroleh berdasarkan pengalaman pribadi saya :)
Yoga yang saya ikuti lebih untuk menjaga kelenturan tubuh dan ketenangan pikiran. Sedikit banyak gerakannya terfokus pada kepala, leher, punggung dan kaki [lah kok hampir smua] hihihi....

Maka dari itu disini saya memperoleh beberapa manfaat dari yoga, diantaranya:

1. Membuat tidur lebih nyenyak
Kombinasi antara meditasi, olah napas dan gerakan yoga akan membuat tubuh lebih rileks sehingga bisa membantu mengatasi insomnia.
2. Mengurangi nyeri punggung
Sebuah penelitian menunjukkan melakukan gerakan sederhana seperti leher dan kepala serta gerakan yang menarik otot punggung bermanfaat untuk mengurangi episode nyeri kepala termasuk derajat keparahannya.
3. Mendapatkan ketenangan pikiran dan jiwa
Kenapa begitu? inilah hal mendasar mengapa saya menyukai yoga, dikarenakan dalam gerakan yoga dibutuhkan teknik bernafas yang mendalam untuk memfokuskan pikiran, yang membuat pikiran menjadi lebih tenang. [wushaaa] ;)

Dikarenakan manfaatnya yang begitu banyak bagi saya, tak jarang di rumah pun saya menyempatkan waktu untuk sekedar merilekskan badan dan menenangkan pikiran.
Di bawah ini adalah video gerakan yoga yang biasa saya lakukan di rumah, yang diperagakan oleh intruktur yoga asal US, Tara Stiles.

Tara Stiles Yoga - Morning Yoga for Flexibility

Dari sinilah kemudian saya menyadari betapa pentingnya keseimbangan hidup antara kesehatan dan ketenangan pikiran. Yuk mulai hidup sehat sedini mungkin ;)

"Yoga teaches us to cure what need not be endured and endure what cannot be cured" -- B.K.S. Iyengar
YY
sumber ::femalekompas::

You Might Also Like

2 happy thoughts

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram