Oei Hui Lan dan Hotel Tugu Malang

Wednesday, December 07, 2011

Oei Hui Lan, putri dari Oei Tiong Ham yang pernah dikenal sebagai Raja Gula dan berhasil menjadi orang terkaya di Asia Tenggara. Putri cantik ini pun istri dari Wellington Koo yang notabene seorang kedubes China untuk AS.

Masih bingung bukan siapa sih Oei Hui Lan ini dan apa hubungannya dengan Hotel Tugu Malang?
untuk pertanyaan kedua tadi hal tsb pun masih menjadi tanda tanya besar buat saya, karena sejak kemarin googling kesana kemari, tanya sana sini. Saya belum mendapatkan jawaban yang tepat, bagaimana lukisan dirinya yang cukup "cantik" bisa berada di dalam hotel tersebut. Penasaran rupa lukisan tersebut seperti apa?
seperti di bawah ini temans :)

Oei Hui Lan
how's? hehe....bikin penasaran + + bukan?!?
Kekayaan ayah dari Oei Hui Lan dimasanya memang tak tertandingi kala itu, bagaimana bisa? Dijamannya saja Oei Tiong Ham mampu memiliki kekayaan senilai 200 juta USD pada era 1900an atau setara dengan 200 miliar di jaman sekarang [matabelosegedegaban] 8-|
Dimana hanya bermodalkan sebuah perusahaan keluarga yang turun temurun diwariskan dari kakeknya. 
Singkat cerita jika kalian pernah mendengar nama PT. Rajawali Nusantara Indonesia, yup! Adalah salah satu BUMN yang mana dimasa era kepemimpinan Soekarno, perusahaan milik Oei Tiong Ham ayah dari Oei Hui Lan tsb dinasionalisasikan oleh beliau (Soekarno.red) sepeninggal kematian Oei Tiong Ham yang mendadak.

Kemudian entah bagaimana asal mulanya, di Hotel Tugu Malang ini terpampang lukisan Oei Hui Lan yang sanggup mengundang rasa penasaran tamu-tamu yang menginap atau bahkan hanya sekedar berkunjung kesana.
Hotel yang terletak di Jalan Tugu No. 3, Malang ini memiliki beberapa suites yang diilhami dari kayanya sejarah Indonesia. Cantiknya beberapa suites tersebut bisa kalian intip digambar berikut:

The Apsara Residence
The Raden Saleh Suite 
The Babah Suite
The Zamrud Suite
Dengan rate yang berbeda-beda di setiap suites, tampak jelas nuansa oriental kental menghiasi setiap sudut Hotel Tugu Malang ini. Kesampingkan sejenak cerita-cerita klenik dibalik itu semua, silahkan menikmati setiap sudut yang disajikan di hotel berkelas ini.
Apalagi jika kita melihat review dari beberapa tamu hotel yang sempat menginap di Hotel Tugu tsb, mulai dari kesan etnik, keunikannya, nilai sejarah didalamnya bahkan sampai kemewahan yang tampak dari hotel tersebut patutlah jikalau rate dipasang mulai dari 100 USD.

Last but not least...Oei Hui Lan meskipun telah menikah dengan pria berkebangsaan China sekalipun, putri ini tidak pernah mengganti kewarganegaraannya sampai akhir hayatnya (1992). Proud to be Indonesian 

So? bila ada waktu...yuk mampir ke Hotel Tugu Malang ini ;)

sumber ::Hotel Tugu's websiteAgnes Davonar's review::
ps: kasi bocoran ya, jikalau ada yang tau kenapa lukisan tsb bisa terpajang di hotel tsb...thx before. 

You Might Also Like

11 happy thoughts

  1. hiiii,,, sereeem potonya Oei Hui Lan

    ReplyDelete
  2. Lukisan ini bisa dipajang di Hotel Tugu Malang karena Hotel Tugu Malang dahulu adalah rumah salah satu gundik bapak Oei Hui Lan.

    Gundik bapak Oei Hui Lan ada 7 orang (selain 1 istri sah) dan 6 orang gundik tersebut mempunyai hubungan yg sangat baik dgn Oei Hui Lan.

    Oleh karena gundik yg menempati rumah ini sangat menyayangi Oei Hui Lan makanya banyak barang2 Oei Hui Lan di hotel tersebut krn dijaga dgn baik

    Sumber : Buku Oei Hui Lan by Agnes Davonar

    ReplyDelete
  3. @dalu: spooky yaaaa huhuhu
    @arif: interior apa krn sugesti aja ya kesannya jd serem gitu? :D
    @anonymous: makasiiiih bgt infonya ;)

    ReplyDelete
  4. Rambut panjang itu loh....buat deg-deg-an merinding ^_^

    ReplyDelete
  5. serius... ini medeni... rambute medeni... katanya malah orang digambar ini pernah keluar dari lukisan (seperti pilem the ring)... omaygat...

    ReplyDelete
  6. Masih misterius dg Oei Hui Lan, belom diceritain tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. " Masih bingung bukan siapa sih Oei Hui Lan ini dan apa hubungannya dengan Hotel Tugu Malang?
      untuk pertanyaan kedua tadi hal tsb pun masih menjadi tanda tanya besar buat saya, karena sejak kemarin googling kesana kemari, tanya sana sini."

      nah udah saya tulis juga kan mbak Titi hehe, kalau ada pembaca yang mengetahuina monggo bisa di share disini, sementara saya juga masih mencari buku Buku Oei Hui Lan by Agnes Davonar :)

      Delete
  7. I love everything about Tugu Hotels, pengen deh nginep di semua Tugu Hotels di Indonesia, so far aku baru nyobain yang di Bali, hopefully soon yang di Blitar & Malang...

    ReplyDelete
  8. Suka baca ceritanya. Jadi tahu sedikit tentang Oei Hu Lan.. :D

    ReplyDelete
  9. ini baru baca seperempat buku oei hui lan karya agnes davonar... asik juga sih... dan kalo baca buku itu, jadi ngerasa kenal ama oei hui lan... dan lihat foto ini jadi ga serem... ta kenal maka serem

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram