Rumah Hantu Darmo

Tuesday, January 26, 2016

Sssst bole laaah kita menguji nyali skali-kali masak ya nonton film horor muluk tapi no action [eh] wkwkwk. Yayaya padahal cuman numpang lewat doang sih, karna kebetulan ada yang pengen tau seperti apa penampakan Rumah Hantu Darmo yang sempat dijadikan wisata horornya Surabaya. Rumah besar tak berpenghuni terletak di tengah kawasan elit Surabaya Barat itu. Dan perjalanan menjelang sore hari kemarin nggak sampai sejam dari rumah karena lalu lintas belum terlalu padat. Harap maklum kalau sekarang saban malam minggu jalanan Surabaya iki rodo macet yo rek.

Rumah Hantu Darmo
Rumah Hantu Darmo
Sampai saat ini saya belum menemukan informasi pasti kapan rumah tsb mulai dinobatkan sebagai Rumah hantu Darmo, tak dipungkiri pula besar sekali ketertarikan masyarakat Indonesia dengan hal-hal yang berbau mistis sehingga menjadikan rumah besar ini menjadi hits di kalangan pecinta alam gaib hihihihi.

Rumah besar yang terletak di tengah perumahan elit ini memang terlihat paling mencolok diantara rumah-rumah lainnya, mencolok disini dalam arti tidak terawat. Semak belukar, rumput ilalang menjadi "taman" di halaman depan rumah tersebut. Langit biru sore hari itu menggantikan atap rumah tsb, dinding tembok tinggi rumah pun sudah hancur membentuk pondasi aslinya. 

"Wuahhh besar banget ya ini rumah" gumam papabear sewaktu kemarin berkunjung melepas penat weekend kemarin, heh? Melepas penat dengan berwisata kemari? Demi apaaah cobak? Demi dia yang memang rada suka dengan hal-hal berbau horor seperti makhluk astral dkk, eh saya juga dink eaaaaa.
Makhluk astral adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makhluk hidup yang eksistensinya tidak dapat dijangkau oleh panca indera Manusia. ~ wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Makhluk_gaib)
Nggak cuman papabear doang yang penasaran dengan rumah tsb, sewaktu main-main ke sana nampak beberapa sepeda motor berhenti kemudian memarkirkan kendaraannya tepat di sekitar rumah ysb. Yaaa sekedar melihat-lihat aja kali ya, atau mungkin mereka lagi ngobrol asik yak. Terlihat dari beberapa anak muda yang selonjoran di bawah atas rerumputan di samping jalanan rumah tsb, hahaha di kata tempat kongkow kali yak.

Ohiya saran saya kalau mau mampir dimari ada baiknya jangan malam hari, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Nah nah mulai horor nih hahahaha ya iyalah namanya juga wisata horor.
Etapi tadibkatanya mo uji nyaliii, kenapa malah datengnya sore hari sik? Pernah nih kapan itu malam-malam kemari, sepi banget rek dan untuk mengabadikan momen di kamera dirasa susah karena penerangan juga amat sangat minim di sekitar rumah tsb. Kalau siang atau sore hari kan kita berjaya mau mengabadikan momen dari sudut apa pun [alibi nih alibiiii] hahahaha.

Cerita Horor
Well, dari tadi ngobrolin teori horor muluk. Trus cerita nyata horor yang bikin ini rumah ngehits gimana nih? Ada beberapa versi yang beredar di tengah masyarakat mengenai keberadaan rumah tsb. Ada yang mengatakan bahwa keluarga yang dulunya menempati rumah tsb meninggal semua dalam perjalanan ke Bali. Tenggelam saat melakukan penyeberangan ke Bali, intinya satu keluarga meninggal semua karena kecelakaan. Setelahnya ntah siapa pewaris dari rumah tsb yang hingga kini dibiarkan mangkrak begitu saja tak berpenghuni.

Ada pula yang mengatakan bahwa meninggalnya satu keluarga tsb dikarenakan mereka ingkar terhadap "perjanjian" dengan makhluk dari alam gaib. Kesimpang siuran cerita yang bereedar di masyarakat seolah menjadikan rumah besar tsb beneran angker dan mistis. Bahkan beberapa orang tak jarang mengadakan semacam ritual gaib.

Maka dari itu makin senang lah itu makhluk-makhluk astral menempati rumah tsb karena kesan horor dan angker tercipta dengan sendirinya di tengah masyarakat Surabaya.

Okeh cerita-cerita yang berkembang di tengah masyarakat demikian, namun yang bikin saya heran dan bertanya-tanya. Kenapa kalo emang sudah lama kenapa pihak pengembang perumahan tidak mengurusnya untuk dijadikan rumah semestinya yang layak huni. Mungkin hal tsb lah yang menyebabkan makin banyak berkembang cerita-cerita horor seputaran rumah tsb.
Hmmm masuk akal juga sih "Kalau emang nggak ada apa-apanya, kenapa nggak dipugar trus dibangun aja yak itu rumah" #IMHO

Dua kali berwisata horor di Rumah Hantu Darmo saya pun berpendapat kalau memang rumah tsb nggak banyak berubah, masih terkesan horor seperti yang saya lihat 10 tahun yang lalu. Dan dua acara televisi seputar horor seperti Dua Dunia dan Mister Tukul pernah menjadikan rumah Darmo ini sebagai lokasi syuting mereka.
Rumah Hantu Darmo, Sepi menyendiri dipojokkan tak berpenghuni seolah ingin menyampaikan sesuatu bahwa dia ingin tetap menyendiri seperti itu di tengah bangunan-bangunan mewah.

You Might Also Like

5 happy thoughts

  1. tumbenn gak ada judulnyaa ahaha, itu cakep buat prawedd sis

    ReplyDelete
  2. Saya tuh paling malessss bemer dah kalo udah lewat rumah kosong apalagi gede magrong-magrong kayak rumah ini. Kayaknya tahu deh ini yang mana rumahnya. Setiap lewat depannya rumah kosong udah ngerasa dilihatin dari salah satu sudut rumah. Apalagi kalo yang dijuluki wisata horror gini. Brrrr...

    ReplyDelete
  3. Duuuh rumahnya sayang banget gak dipugar. Tapi kalo ada makhluk astralnya ... Hiiii

    ReplyDelete
  4. nggak pernah kesini, atut banget...ntar hantunya ikut ke rumah...hehehe

    ReplyDelete
  5. Dari jaman kapan ini aku gak sempet ke sini. Duh, nyari pasukan gokil buat ujinyali di malem hari emang susah sih xD

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram