Menyiasati Aplikasi Peta Ketika Tak Ada Koneksi Internet

Tuesday, September 27, 2016

Pas lagi mencoba mengeksplor kota atau tempat yang baru kita kunjungi, pas kita belum menguasai jalanan mana yang kudu kita lewati. Mati gaya? Enggak dong, lah trus gimana? Inilah saatnya kita menyiasati aplikasi peta ketika tak ada koneksi internet. Dengan adanya teknologi Global Positioning System alias GPS di Indonesia, kalian yang hobi jalan-jalan atau yang sering bepergian memang sangat diuntungkan. Kan sekarang udah banyak perangkat yang dipasang langsung di mobil atau motor sehingga bisa membantu hobi jalan-jalan tsb. Bahkan, ponsel yang kita miliki sendiri pun bisa menjadi pemancar dan penerima sinyal untuk mengetahui lokasi di mana kita berada. Belum lagi kenyataan bahwa peta GPS Indonesia sudah cukup lengkap. Masih mati gaya bingung ke mana arahnya? Nggak dong ya.

Kebanyakan orang Indonesia sendiri biasanya menggunakan teknologi GPS di ponsel pintar mereka. Apalagi sekarang kan udah banyak aplikasi gratis yang beredar, sangatlah mudah menggunakan GPS Indonesia untuk mencari rute dan lokasi yang diinginkan. Bahkan kalian nggak perlu bersusah payah membeli perangkat khusus, kita udah bisa mencari lokasi, rute, perkiraan jam, dan berbagai landmark lainnya yang menarik, khususnya di dalam kota.

Namun tak bisa dipungkiri juga bahwa penggunaan GPS menggunakan ponsel bukanlah perkara yang selalu mudah dilakukan. Yang biasanya menjadi kendala itu biasanya tak lain dan tak asing ialah koneksi internet, iya apa iya? Persoalan sinyal adalah hal yang harus diperhatikan juga sih, karena nggak semua daerah yang kita kunjungi ini mendapatkan sinyal internet yang bagus, bahkan sinyal satelit pun kadang juga tak selalu bisa diharapkan. Nggak kebayang kan kalo pas kita lagi memakai GPS di pedesaan atau pegunungan yang bahkan sinyal telepon pun nggak ada. Trus gimana? Mati gaya lagi dong? [eh].

Jadi gimana dong solusi untuk masalah sinyal tsb? Untuk kalian yang berada di kawasan dengan internet yang terbatas dan memakai ponsel Android. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar aplikasi peta di ponsel kalian tetap bisa berfungsi. Berikut caranya bagi kalian yang menggunakan Google Maps:

  1. Sebelum kalian bepergian ke daerah yang tidak memiliki jaringan internet kuat, catat lebih dulu lokasi kota maupun provinsi mana saja yang akan kalian kunjungi nanti.
  2. Nyalakan internet dan juga sistem Location di ponsel kalian, sehingga lokasi akurat bisa didapatkan.
  3. Kemudian buka aplikasi peta di ponsel kalian [dalam hal ini Google Maps], lalu ketik nama area yang akan dikunjungi tsb.
  4. Lalu pilih area peta yang akan kalian unduh, klik menu kemudian "Download offline area", atau bisa langsung klik "DOWNLOAD", lalu simpan.

    cara-google-maps-offline
  5. Setelah peta sudah selesai diunduh,di bagian menu pilih offline areas. Area yang sudah diunduh akan tersimpan di situ. Terlihat pula masa berlakunya sampai kapan.
  6. Jika ingin menggunakan, tanpa koneksi internet sekalipun. Area yang diunduh tadi akan terlihat jelas. Mulai dari nama jalan hingga nama lokasi.
Perbedaannya tampak seperti di foto berikut ya:

offline-google-maps
DAPAT mencari lokasi, di area yang sudah kita unduh. Contoh, area Malang.
how-to-offline-google-maps
TIDAK DAPAT mencari lokasi di luar area yang kita unduh, contoh Universitas Airlangga, Surabaya.
Dengan cara di atas, kalian sudah bisa menggunakan peta GPS Indonesia tanpa adanya koneksi internet. Ohya, ada beberapa tips lainnya lagi kalau kalian menggunakan aplikasi ponsel ini, di antaranya:
  • Kalian bisa mengunduh peta dalam ukuran lebih besar dan detail ketika menggunakan Google Maps selama kalian menggunakan fasilitas Wi-Fi. Manfaatkan fasilitas wi-fi untuk mengunduh peta tersebut sebelum bepergian, dikarenakan ukurannya yang lumayan besar. Malang area, sekitar 30MB.
  • Ada batasan waktu sampai kapan peta unduhan tsb akan berlaku. Jadi sering-seringlah memperbaharuinya.
  • Ingin yang lebih praktis lagi dan nggak menghabiskan baterai ponsel, gunakan perangkat khusus untuk GPS yang bisa berfungsi di area yang lebih luas dan tahan lama.
Menggunakan GPS Indonesia adalah tantangan sendiri karena nggak semua area bahkan sudah tertangkap oleh satelit. Jadi, ada saat di mana alat tsb tidak dapat mengidentifikasi lokasi. Well, bagaimanapun membawa peta lokal yang terbaru sangatlah diperlukan untuk berjaga-jaga, yaaa..kali-kali di tengah perjalanan perangkat GPS kalian error atau ponsel tiba-tiba lowbat. Apalagi kalo kalian doyan banget berpetualang di alam terbuka. Membawa peta sangatlah penting demi keselamatan diri kita sendiri.

To travel is to live....

You Might Also Like

13 happy thoughts

  1. Buat di luar negeri juga bisa ga mbak? Biasanya di luar saya suka males beli sim card baru. Hahahaha

    ReplyDelete
  2. Wah...akhirnya rasa pinisirinku terjawab sudah. Ini toh....

    ReplyDelete
  3. Sepertinya untuk mendownload area offline ini harus sedia storage yang besar ya. Baiklah, akan dicatat.

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya mbak... Tak kira harus online...bisa offline trnyta..

    ReplyDelete
  5. Hoooooo.. Begini toh caranya.. Udah sering denger sih, tapi baru sekarang nih tau detilnya.. Makasih ya Mbak, soalnya aku kadung pake kartu nomer cantik meskipun koneksi internetnya nggak ada cantik-cantiknya.. Heuheu.. Nice post Mbak.. :)

    ReplyDelete
  6. jadi inget pas kami sekeluarga traveling ke Jawa tengah nggak tau jalan trus pake GPS malah masuk2 ke desa muter2...

    ReplyDelete
  7. Aku biasa nya pake WAZE tapi kalo bisa ngak pake internet mah lumayan banget ngirit data

    ReplyDelete
  8. Aduh paling parno kalau inet gk ada.
    Pernah inet susah, eh aku susah mesan ojek onlen, bingung cara pulangnya :))

    Owalah jadi ini berguna buat GPS saat kita gak ada inet ya mbak? TFS ya jd tahu :)

    ReplyDelete
  9. Kalau gak ada sinyal, dan memory HP gak memenuhi, tanya GPS lokalan aja deh, Tukang Becak, haha

    ReplyDelete
  10. Meskipun suka ngandalin tukang becak, GPS masih jadi perangkat wajib ya Mbak

    ReplyDelete
  11. Noted, apalagi kalau dibawa jalan-jalan ke 'hutan' biasanya sinyalnya ketakutan, kabur. wkwk

    Thanks, mbak :)

    ReplyDelete
  12. Pernah pakai aplikasi peta di daerah tuban, tapi tepatnya di mana lupa, soalnya ikut teman ke rumah neneknya. Pas sampai di daerah situ, aplikasi peta tak bisa mendeteksi, seolah kami ke dimensi lain. :( (Curcol)

    ReplyDelete
  13. ini harus dicatet untuk modal traveling nih, thanks mbak

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram