Masak Apa Kita Hari Ini?

Friday, October 21, 2016

"Masak apa kita hari ini?Duluuu, sebelum saya resign dari kerja kantoran, urusan masak memasak menjadi prioritas kesekian buat saya [bilang aja malas haha]. Bahkan bisa jadi nih, saya cuman masak pas weekend doang, itupun kalo virus bernama malas nggak datang menghampiri [kan...kan]. Apalagi sejak aplikasi Gojek masuk ke Surabaya, dengan fitur layanan Go foodnya yang ajib gilaaa. Mo makan apapun tinggal klik, tunggu dan bayar...beres! Sekarang?

Gaya hidup yang sepertinya enak disawang tsb, menjadikan hasil tes kesehatan yang saya dapat kemarin anjlog! Kaget? Udah pastiii, yang biasanya aman sentosa ujug-ujug sekarang kudu mulai di kontrol. Alhamdulillah kadar gula saya masih diambang batas normal. Fyi, saya emang nggak doyan manis...pan saya orangnya uda manis [digaplok massa]. Trus? Tuhan emang Maha Tahu ya timing yang pas, sejak pindah kota dan resign kemarin. Mau tidak mau saya HARUS membiasakan diri menjadikan aktifitas masak memasak ke dalam prioritas #1. Tiap hari HARUS terbiasa ke pasar dan menyiapkan menu harian. Yaaah, harap maklum, mulai dari sekarang lupakan sejenak go foodnya. Di kota Malang belum lengkap euy -_-

Masak saban hari? Nggak bingung nentuin menu? Hmmm, ada kalanya saya juga kehabisan ide hari ini mau masak apa. Jadi, di postingan kali ini saya mo berbagi beberapa resep buat bu ibu yang mungkin aja lagi kehabisan ide memasak. Masak apa aja kita, yuk disimak.

Udang Asam Manis

resep-udang-asam-manis
Menu komplit
Bahan-bahan:
  • 1/4 kg udang
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe digeprek
  • 3 buah cabe rawit
  • 2 sdm air perasan jeruk
  • 3 sdm saos tomat
  • Gula dan garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Tumis bawang putih dan jahe yang sudah digeprek hingga wangi. Masukkan cabe.
  2. Masukkan udang, tambahkan sedikit air. Masak hingga setengah matang.
  3. Tambahkan saos tomat, gula dan garam secukupnya. Terakhir tuang air perasan jeruk. Masak hingga matang.
  4. Voilà! Udang asam manis siap dihidangkan untuk 4 porsi.
Ssst, menu pendampingnya saya buatkan Sambal Goreng Kentang hihi, yummmie deh.

Sate Godog

resep-sate-godog
Sate Godog, siap disantap :)
Oiya sebelumnya saya mo cerita dikit mengenai menu yang sebagian orang pasti agak bingung "Heh? Sate kok digodog?" fyi, godog is rebus sodara-sodara.

Resep keluarga satu ini berhasil saya contoh dari warisan leluhur, halaaah hahaha. Mbah putri atau eyang putri saya lah yang pertama membuat menu enak tsb, yang kemudian hampir tiap lebaran menu Sate Godog pasti ada di meja makan anak cucunya. Jadi, kalo masih penasaran, berikut saya bocorin resep leluhur kami hehe.

Bahan-bahan:
  • 1/4 kg daging sapi, potong dadu.
  • 200 gr kacang tanah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabe rawit
  • 1/2 cm kencur
  • 1 cm jahe
  • 1 sdm ketumbar yang telah disangrai
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm gula
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat:
  1. Goreng terlebih dahulu kacang tanah, tumbuk atau diblend hingga agak halus. Kalo saya nggak suka terlalu halus, agaf tekstur kacang yang crunchy nggak hilang.
  2. Haluskan ketumbar, cabe rawit, bawang putih, kencur, jahe dan daun jeruk purut.
  3. Tumis bumbu hingga agak wangi, masukkan daging. Aduk hingga daging berubah warna, tambahkan air secukupnya lalu diamkan hingga air meresap tapi jangan sampai kering banget ya.
  4. Tambahkan lagi air kira-kira 500 ml, berikut gula dan garam. Lalu diamkan hingga daging empuk, tapi air jangan sampai terlalu meresap ya.
  5. Terakhir, aduk kacang yang telah dihaluskan tadi bersama air hangat.
  6. Kemudian tuang ke dalam tumisan daging yang telah empuk tadi, tambahkan kecap manis dan aduk hingga matang. Tips baiknya memasak di atas teflon, supaya bumbu kacang nggak meninggalkan kerak di dasar pinggan.
  7. Voilà! Sate godog siap dihidangkan untuk 8 porsi.
Sebagai pelengkap, biasanya saya menambahkan acar timun dan wortel. Pengen tahu gimana cara membuat acar juga? Ini dia nih resepnya hehe.

resep-acar-timun-wortel
acar timun dan wortel, sebagai menu pelengkap Sate Godog
Bahan-bahan:
  • 1 buah wortel
  • 1 buah timun
  • 6 siung bawang merah
  • 3 buah cabe rawit
  • 2 sdm cuka
  • 2 sdm gula
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat:
  1. Potong kecil-kecil sesuai selera wortel dan timun.
  2. Cincang kasar bawang merah dan cabe.
  3. Tuang cuka ke dalam air secukupnya, hmmm kira-kira 50 ml lah ya. Masukkan bawang merah, cabe, gula dan garam. Aduk rata.
  4. Terakhir baru wortel dan timun dimasukkan, aduk rata. Masukkan ke dalam lemari es agar awet dan lebih nikmat ketika hendak disantap.

Ayam Goreng Lengkuas

resep-ayam-goreng-lengkuas
Ayam Goreng Lengkuas
Nah, resep simpel ini berhasil saya dapatkan dari mbak di rumah mertua, asliiii mbak ini jago banget masak. Saya baru tahu kalo suwiran yang biasanya kremes-kremes di ayam itu berasal dari lengkuas. Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan:
  • 1 kg ayam potong
  • 5 siung bawang putih
  • 1/4 kg lengkuas
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun jeruk purut
Cara membuat:
  1. Haluskan bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam.
  2. Potong memanjang lengkuas untuk mendapatkan tekstur suwir-suwir yang cantik, kemudian ditumbuk kasar bersama bahan yang telah dihaluskan tadi.
  3. Ungkep atau rebus ayam bersama bahan lengkuas tadi, masukkan juga daun jeruk purutnya.
  4. Selesai diungkep, ayam siap digoreng untuk porsi berhari-hari hahaha.
Hah? Kok bisa berhari-hari? Ya bisa, kalo ayamnya disimpan di kulkas hihi. At least bisa saya jadikan senjata kalo lagi malas masak hahaha. Tinggal ambil dari dalam kulkas, lalu goreng sewaktu mau dihidangkan, hehe praktis kan? Biar lahap makannya, biasanya saya lengkapi dengan lalapan dan sambal kecap, hmmm jadi laper.

Ayam Fillet Kari Kacang Saus Cocol Cabe

resep-olahan-ayam-fillet
Ayam Fillet Kari Kacang Saus Cocol Cabe
bahan-resep-kreasi-ayam-fillet
bahan-bahan
Hahaha namanya asli ngasal, sebenarnya sih resep ini hasil kreasi signature dish Steak Dori Saus Salsa by Chef Ken. Karena pernah syuting bareng jebolan Master Chef, kemudian selang setahun saya mencobanya tapi menggunakan bahan ala kadarnya haha. Lah abisnya nyari daun ketumbar, daun mint rada susah. Belum lagi si daun ketumbar yang rupanya aja saya belum paham. Okelah curcolnya cukup, berikut resepnya ya.

Bahan Saus Cocol Cabe:
  • 3 buah cabe rawit, disesuaikan dengan selera
  • 2 buah tomat
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • Kecap manis secukupnya
  • Perasan jeruk secukupnya
Cara membuat:
  1. Iris cabe, tomat dan daun jeruk purut. Aduk rata
  2. Tambahkan kecap manis secukupnya, terakhir tuang air perasan jeruk.
Bahan Ayam Fillet Kari Kacang:
  • 1/4 kg ayam fillet
  • 100 gr kacang tanah
  • Bubuk kari
  • Parsley kering
  • Tepung tapioka
  • Putih telur
  • Merica hitam bubuk
  • 1 buah lemon
  • Garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Lumuri ayam dengan perasan lemon, garam secukupnya dan merica hit bubuk. Diamkan 30 menit hingga meresap.
  2. Sangrai kacang tanah, kemudian memarkan. Lalu aduk merata bersama bubuk kari dan parsley kering.
  3. Goreng ayam dengan tahapan berikut: celupkan di putih telur dahulu, lalu tepung tapioka, terakhir balur di atas adonan kacang tanah tadi.

    cara-membuat-ayam-fillet-kreasi

  4. Goreng hingga matang dan siap disajikan dengan saus cocol cabe.
  5. Ayam fillet kari kacang siap disajikan, untuk 4 porsi.

Ayam Bakar Madu

resep-ayam-bakar-madu-simple
Ayam Bakar Madu
Lepas saya dan hubbybear makan siang di luar, menu ayam bakar madu di tempat makan tsb sepertinya membekas di hati suami, eaaa. Ya udah deh, daripada makan di luar terus. Akhirnya saya ubek-ubek google dan menemukan resep dari www.resepmasakanindonesia.me berikut.

Bahan-bahan:
  • 1 kg ayam
  • 5 cm jahe digeprek
  • 2 sdm gula merah, disisir halus.
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 sdm madu
  • 2 sdm ketumbar
  • 1/4 sdt merica
  • Garam secukupnya
Bahan halus:
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
Bahan saus madu:
  • 1 sdm mentega, cairkan.
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1 sdm madu
Cara membuat:
  1. Rebus ayam
  2. Selagi merebus ayam, haluskan bawang merah dan bawang putih, kemudian tumis hingga wangi.
  3. Masukkan bahan halus yang udah ditumis tadi, ke dalam rebusan ayam.
  4. Berikut bahan lainnya, ketumbar, merica, madu, air asam jawa dan garam. Rebus hingga air meresap.
  5. Lalu, siapkan panggangan. Kalo nggak punya, manfaatkan wajan teflon di rumah.

  6. resep-ayam-bakar-madu
    oleskan ayam dengan bumbu saus madu


  7. Oleskan bahan saus madu secara merata. Diamkan beberapa menit, lalu panggang hingga matang berwarna kecoklatan.
  8. Voilà, 6 porsi ayam bakar madu telah siap disajikan. Kalo doyan sambal, bisa ditambahkan sambal :)

Sate Kambing

resep-sate-kambing
Sate Kambing
Siapa yang kemarin Idul Adha mendadak bingung, daging kambing hibahan dari masjid mo diapain ya enaknya. Buat saya yang bukan pecinta daging kambing, mentok ya dibikin sate. Etapi jenis daging merah ini bermanfaat dapat meningkatkan jumlah sel darah merah [hemoglobin] loh, sehingga bisa mencegah anemia.

Hmmm, kalo gitu baiklah...yuk kita nyate! Resep sederhana berikut saya kutip dari cookpad.

Bahan-bahan:
  • 1/4 daging kambing
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 buah kemiri
  • 2 sdm gula merah, disisir halus.
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Mentega
Cara membuat:
  1. Tips, rendam sekitar 30 menit daging kambing ke dalam parutan nanas. Agar daging empuk.

  2. daging-kambing-parutan-nanas
    tips agar daging kambing nggak alot


  3. Haluskan bahan seperti bawang putih, bawang lerah, ketumbar, kemiri, dan gula merah.
  4. Campur bahan yang udah dihaluskan tadi, ke dalam campuran mentega dan kecap manis.
  5. Cuci bersih daging yang udah direndam tadi, kemudian lumuri dengan bahan yang udah dihaluskan, tusuk daging menjadi sate.
  6. Diamkan sebentar, lalu panggang di dalam oven selama 30 menit.
  7. Voilà sate kambing panggang oven siap disajikan lengkap dengan cocol cabe, untuk 2-3 porsi.
Gimana? Beberapa resep lauk di atas? Nggak terlalu ribet kan, atau masih bingung hari ini mo masak apa? Ya udah, bubuk manis aja. Pesan delivery hihihi ^^v

You Might Also Like

28 happy thoughts

  1. Oke, fix besok makan siang di rumah mbak Nining. Tinggal ngglundung ke sana hahaha

    ReplyDelete
  2. Aku mauuu ah bikin ayam bakar madu, thx for sharing yaa

    ReplyDelete
  3. kamuy pamer gitu mbok aku dimasakin :"(
    kamu JAHAAAT

    ReplyDelete
  4. Udang asam manisnya aku mau coba mbak :D

    ReplyDelete
  5. Owalah mb ning ternyata pintar masyak ya, #comot udangnya satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiyaaaah, cuman masak-masakan doang nih saiiii.

      Delete
  6. Wahh enak neh masakan buat seminggu dlm satu postingan blog. Aku pengen bkn ikan dori kebetulan anakku suka, cuma bosen kalu hanya di goreng tepung aja. Makasih mbak resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu kalo ikan dori lebih enak lagi emang mba :)

      Delete
  7. Haduhhh....resepnya menggoda. Cuman iya itu masaknya males

    ReplyDelete
  8. Resepnya benar-benar menggoda.

    ReplyDelete
  9. Seriusan Ngiler, berapa banyak resep disahrre satu postingan ini, untuk makan berapa hari hahha.. sayangnyaa.. bahannya mahal semua, daging, ayam, ayok share dari bahan yang murah kayak tahu tempe. Sama aja ini kayak makanan resto bagi saya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pas lg malessss masak, kadang tempe penyet doang niiih aku mba hihi

      Delete
  10. aku print resep2nya, trs kasih si mbak, biar ada variasi baru masakannya ;).. kalo soal masak memasak, aku jg biasanya nyerah sih mba.. mending serahkan ke ahlinya, drpd suami mogok makan :D

    ReplyDelete
  11. wah banayk resepnya, simpen ah siapa tahu bisa nyoba

    ReplyDelete
  12. Pengin sate kambingnya, Mak. Hehehe... Kalau sehari2 saya belum pernah nemu yang jual daging kambing di sini. Jarang juga sih ke pasar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jarang banget emang yang jual sate kambing.

      Delete
  13. Aduuh mbak...pagi-pagi gini baca postingan ini...belum sarapan pula...perut langsung keroncongan nih...hayooo mbak Ning tanggung jawab...mosok layar PC nya aku jilatin

    ReplyDelete
  14. wow masakannya banyak...
    eia kebetulan hari ini aku masak sambel goreng kentang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm favoritku tuh mba, sambal goreng kentang :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung di blog #beYOUtiful ini, semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat :)

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram