Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Tuesday, December 27, 2016

Sebut saja Favela di Rio de Janeiro atau Gamcheon Culture Village di Busan Korea Selatan, merupakan salah satu tujuan wisata plus tempat foto sejuta umat. Eh, ternyata di kota yang saya tinggali sekarang punya kampung tematik serupa. Kampung Warna Warni Jodipan Malang.


Favela-colorful
Favela, di Rio de Janeiro [1]
gamcheon-colorful
Gamcheon Culture Village di Busan [2]
Yeah ... Kalian yang doyan hunting spot foto unik dan ngehits pasti udah paham deh di mana lokasinya. Tapi nggak semua tau kan asal mula bagaimana kampung yang katanya dulu kumuh ini bisa bertransformasi menjadi sebuah kampung wisata dengan cat warna warni sebagai daya tariknya.

Cerita Kampung Warna Warni Jodipan

"Adalah delapan orang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang yang menjadi inisiator Kampung Warna-Warni Jodipan tersebut." [1]
Ya, kampung nyentrik dengan sentuhan cat warna warni di tembok dan atap rumah penduduk ini merupakan buah karya ide sebuah kelompok praktikum yang terdiri dari 8 orang mahasiswa bernama GuysPro. Berawal dari tugas praktikum Public Relation lah, kedelapan mahasiswa tsb kemudian berhasil menggaet Perusahaan Indana [Inti Daya Guna Aneka Warna], sebuah perusahaan painting and coating di kota Malang sebagai real client mereka. Guna mewujudkan ide mereka untuk mengubah kampung yang terletak di Kelurahan Jodipan RW 02 RT 6,7, dan 9 tsb.

06 Juni 2016 pun kegiatan pengecatan dimulai, 10 orang tukang cat beraksi dibantu oleh warga kampung yang bergotong-royong antusias ingin menyulap kampung mereka yang awalnya kumuh menjadi kampung yang sekarang ramai dipadati pengunjung.

Ide-kampung-warna-warni
Kampung Warna Warni Jodipan, before [3]
kampung-warna-warni-before-aftee
Kampung Warna Warni Jodipan, after
Jelas dong saya nggak mau ketinggalan momen tsb, lokasinya pun nggak terlalu jauh dari rumah. Sekitar 10-15 menit sudah sampai ke Kampung Warna Warni Jodipan yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda dan tepat di pinggir aliran Sungai Brantas. Walaupun lahan parkir belum memadai, di mana kemarin kami memarkir tepat di sebuah bengkel yang belum buka hihihi. Syukurlah saya ke sana pagi hari, jadi nggak susah untuk mendapatkan parkir.

Rp 2.000 rupiah aja tiket yang diberlakukan untuk masuk ke kawasan tsb, itu pun digunakan sebagai biaya perawatan, inovasi gambar, kebersihan, dll seperti uang tertera di tiket masuk ini.

tiket-masuk-kampung-warna-warni
tiket masuk
Sedang asik berkeliling di Kampung Warna Warni Jodipan, dan merasa haus? Nggak perlu kuatir ... beberapa warga setempat memanfaatkan momen tsb dengan berjualan minuman dan makanan. Tepat di depan teras rumah mereka aja, hihihi praktis dan ekonomis yak. Camera, roll, and action ... silahkan kalian mengabadikan foto sepuasnya. Sebelum ke Korea atau Rio de Janeiro, bole bangeeet kalian berkunjung ke sini.

alamat-kampung-warna-warni-malang
terletak di jalan Ir. H. Juanda, Malang

How to get there?

Kota Malang bisa dibilang salah satu kota terbesar di Jawa Timur, tentunya akses untuk mencapai lokasi wisata Kampung Warna Warni Jodipan ini nggak susah ya. Berikut beberapa alternatif transportasi menuju ke kota Malang, di antaranya:

1. Kereta Api
Jalur darat satu ini dibilang mulai diminati, karena yaaa you know lah kalo Malang di kala weekends atau peak season alias musim liburan itu macetnya nggak bisa diprediksi.
Misal kalian yang berasal dari kota Surabaya, banyak nih pilihan gerbongnya. Mulai dari KA Dhoho, KA Penataran, KA Gajayana sampai KA Mutiara Selatan sudah melayani rute tsb. Jamnya silahkan aja diatur sesuai kebutuhan kalian.

2. Bus
"Om telolet om...telolet!" hahaha pengen ngedengerin telolet dari klason bus antar kota? Silahkan aja kalian pilih sarana transportasi tsb untuk menuju Malang, tentunya jarak tempuh dan waktu disesuaikan dengan kota asal kalian ya.

3. Pesawat Terbang
Last but not least ... Buat kalian yang berada jauh dari kota Malang, misal Jakarta. Nggak usah kuatir atau manyun dulu, karena penerbangan dari Jakarta ke Malang sudah bisa ditempuh direct [langsung]. Pilihan maskapai pun beragam, sebut aja maskapai Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink dan Sriwajaya sudah melayani rute tsb.

Dan bisa dipastikan pilihan #3 transportasi menuju ke Malang ini jadi pilihan terbanyak, apalagi kalo kalian berasal dari kota yang lumayan jauh dari propinsi Jawa Timur. Hmmm, biaya mahal dong? Eits, nggak usah galau dulu. Karena berbagai promo Panorama Tour terbaru bisa ditemukan disini, kok bisa? Ya karena dengan membeli tiket pesawat melalui ShopBack, kalian bisa mendapatkan cashback s/d 5%. Lumayan kan?!

Kenapa di ShopBack?

Beberapa dari kalian pasti bertanya-tanya "Kenapa sih kok belanjanya di ShopBack, nggak langsung aja ke e-commerce'nya aja?" Ini nih, saya bocorin dikit beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan kalo berbelanja di ShopBack.
  1. Aplikasi ShopBack sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Dan untuk pengguna aplikasi tsb kalian akan mendapatkan promo eksklusif.
  2. Setiap belanja online di ratusan e-commerce favorit melalui ShopBack.co.id, kalian bisa mendapatkan cashback s/d 30%. Jadi, kapan lagi belanja dengan win win solution [eh].
  3. Apabila terdapat promo diskon, voucher, kode kupon dari e-commerce, masih bisa digabungkan, ditambah kalian masih bisa mendapatkan cashback dari ShopBack. Ngiler ngiler deh [maap yah ratjun banget, hihihi].
belanja-di-shopback
ShopBack
Jadi, nggak salah kan kalo "Belanja Cermat dan Hemat? ShopBack-in Aja!" rencana perjalanan oke, urusan belanja juga oke hehe. See ya ^^

* sumber informasi:
[1] https://guyspro.wordpress.com/2016/08/28/first-blog-post/ [diakses tanggal 23 Desember 2016].

 * sumber foto:
[1] Favela do Rio de Janeiro, blog.include-digital.com/2011/05/24/favela-chic/ [diakses tanggal 23 Desember 2016].
[2] Gamcheon Culture Village do Busan, Gamcheon Culture Village - Busan, edition.cnn.com/2013/07/10/travel/busan-gamcheon-village/ [diakses tanggal 23 Desember 2016].

You Might Also Like

29 happy thoughts

  1. wiiih hitsss...

    kalau ke malang aku harus keisni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traveler blusukan kudu ke sini sepertinya :D

      Delete
  2. dulu pernah ketemu ma tim Jodipan ini mbak,keren Jodipan sekarang, jadi jujukan wisatawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik dong bisa ketemu langsung dengen pencetus idenya, kreatif ya mereka...keren!

      Delete
  3. Dooooohhhh, pengen ke sanaaa.... Instagramable wkwkw

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Kek hari-hari kita ya, berwarna-warni *eaaaaa

      Delete
  5. jadi bersih ya kalau liat foto sebelum di cat gini..

    ReplyDelete
  6. Wah akhirnya ke Jopidan juga hehehe

    kulitku habis kesana langsung eksotis, puanaaas dan anakku nangis karena kepanasan sambil nungguin aku foto-foto bhuahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk timingku bener brarti, ke sana kemarin itu masih pagi jam 8nan kalo gk salah hihihi :p

      Delete
  7. Bagus ya...kampungnya jadi warna-warni kayak pelangi. Hasil karya anak muda yang kreatif...kereen.

    ReplyDelete
  8. Ah aku sendiri belum kesampaian mau kesini. Padahal kalau pulangnya naik kereta atau pesawat jg sering lewat hahaha.
    Keren ah before afternya, di make over abis abisan. Jodipan yang terkenal kumuh sekarang jadi keren kayak rio de janerio :D
    katanya kalau k malang blm mampir ke sini belum hits ya hahaa

    ReplyDelete
  9. Waaaah kok lucuuuu, kemaren ke Malang ngga sempet kesini karena ngga tau! Konfirm di save biar nanti kl ke Malang lagi bisa datang kesini

    ReplyDelete
  10. Kemarin kenapa nggak kesini ya pas jalan jalan sama Blue Bird. :D

    ReplyDelete
  11. Mari kita lihat 10 tahun lagi, setelah dicat oleh Indana, berapa rumah yang sudah harus dicat ulang..

    ReplyDelete
  12. Sering lewat, tapi belum pernah mampir... Saking ramenya sampe macet jembatannha kalo pas liburan hihihi

    ReplyDelete
  13. Lumaayan dekeet dr rumah juga tapi bellum pernah ke sana :D

    ReplyDelete
  14. jadi bersih dan cantik kampungnya. Semoga perawatannya juga dilakukan biar tetep cantik :)

    ReplyDelete
  15. jadi inget film drama dari Mexico yg banyak menampilkan rumah2 rakyat di cat warna warni jreng. jd kl liat rumah di Jkt yg cat-nya jreng gitu langsung mikir, efek drama Mexico... eh, sekarang malah jadi ide buat kampung wisata ya... keren liatnya ^_^

    ReplyDelete
  16. Kreatif bikin sejahtera ya, daerah kumuh bisa jadi wisata nge-hits, pasti masyarakatnya seneng banget.

    ReplyDelete
  17. wah .. keren bgt penuh warna-warni ...

    ReplyDelete
  18. Aku belom ke sini, next insya Allah kalo ke Malang 😁

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram