Step by Step Memasang Bulu Mata Untuk Pemula

Monday, September 24, 2018

Hi beYOUtiful! Bulu mata palsu (false lashes/extension) sering menjadi pilihan buat para wanita yang pengen makeup'nya look perfect on point! Dengan harapan bakalan tampil lebih cantik plus mempesona tentunya. Etapi, banyak wanita yang bulu matanya nggak terlalu panjang dan lentik hingga terpaksa harus menggunakan yang bulu mata palsu. Males ah, ribet! Eits ... nggak perlu khawatir, karna sekarang sudah ada banyak pilihan yang bisa digunakan agar terlihat lebih natural dan cocok dengan mata kalian.

Nggak dipungkiri kalo soal urusan pasang-memasang false lashes terkadang jadi pekerjaan yang sangat rumit dan melelahkan. Buat yang nggak terbiasa melakukannya pastinya membuat kebingungan, bagaimana seharusnya menerapkan false lashes tersebut. Nggak hanya bingung loh, bahkan sebagian wanita ada yang belum tahu bahwa ada banyak pilihan lem yang bisa digunakan dan memberikan hasil yang berbeda-beda. Ya saya ini contohnya, enggak paham blas hahaha.


Iya apa iyaaa, kalo emang nyatanya masih banyak wanita yang belum tahu bagaimana cara mengoleskan lem dengan benar supaya enggak meluber kemana-mana atau sebaliknya terlalu sedikit sehingga gampang copot.

Udaaah, nggak perlu kuatir ... siapapun kita, pasti akan membutuhkan waktu agar terbiasa dan lihai untuk bisa melakukan segala sesuatu secara sempurna. Apalagi kalo kita-kita ini adalah seorang pemula dalam hal permakeupan. Berbagai kesalahan dan keragu-raguan dalam menerapkan false lashes adalah sesuatu yang lumrah lah, harap maklum hehe.

"The eyes shout what the lips fear to say." ~ William Henry

eyes-quotes
Nah, agar mata yang merupakan “jendela dirimu” bisa tampak lebih cantik dan indah ketika dipandang. Kalian bisa membuatnya terlihat lebih menarik dan lebih cantik dengan menambahkan false lashes sehingga bulunya akan terlihat lebih lebat, lebih tebal, lebih panjang, dan lebih lentik secara instan.

Langkah pertama

Terlebih dahulu jepit bulu yang asli dengan menggunakan alat penjepit (pinset) agar bulu mata yang asli melengkung dan bisa mengikuti arah lingkungan false lashes. Karena kalo dibiarkan lurus saja, akan sedikit kesulitan menyatukan yang asli dengan yang palsu karena yang palsu telah dibuat melengkung sedemikian rupa.

Oleskan maskara

Setelah kamu melengkungkan bulu matamu, selanjutnya oleskan maskara secara merata atau dengan pola zig zag lalu sisir supaya nggak menggumpal. Lakukan secara perlahan dan hati-hati ya gengs.

Memilih extension yang paling tepat

Umumnya, ada 4 pilihan yang tersedia di pasaran, yaitu:
  1. Strip lashes
  2. Cluster lashes
  3. Single lashes
  4. Volume lashes
Dari keempat pilihan tersebut, dua di antaranya terlihat lebih alami yaitu jenis single dan cluster. Kelebihan jenis single bisa memberikan tampilan bulu yang panjang dan bervolume. Tapi sayangnya, memasang single lashes sedikit agak susah jika dibandingkan dengan cluster lashes.

Cluster lashes cenderung lebih mudah diaplikasikan dan bisa memberikan hasil yang juga terlihat alami. Sedangkan dua jenis yang lainnya, walaupun nggak terlihat terlalu alami ketika dikenakan, namun tetap mudah diaplikasikan.

Keempat jenis false lashes tersebut sebenarnya bisa dikombinasikan. Misalnya, setelah menggunakan single lashes, kamu bisa mengaplikasikan volume lashes pada bagian luar sudut mata untuk membuatnya terlihat unik dan seksi.

Ukur panjang ekstensi bulu mata yang akan digunakan

Setelah memilih jenis yang akan digunakan, selanjutnya jangan lupa mengukur extensions yang akan digunakan. Jika dirasa terlalu panjang jangan ragu-ragu untuk menggunting bagian terluar agar panjangnya sesuai dengan kelopak matamu. Ini akan membuat extension terlihat lebih natural dan bisa mengikuti bentuk bulu matamu yang asli.

Mengoleskan lem

Lem yang terbaik adalah yang terlihat transparan ketika sudah kering. Pada awalnya, saat masih basah biasanya lem jenis ini juga berwarna putih. Tips, sebaliknya hindari lem yang berubah menjadi gelap atau kehitam-hitaman ketika kering.

Untuk pemula, sangat dianjurkan memilih lem cair (berbentuk liquid). Hanya saja, lem ini jenisnya permanen, kita butuh membutuhkan eyelash glue remover untuk menghapusnya setelah digunakan.

Cara menempelkan extension lashes

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam menempelkan bulu mata palsu, se-sregnya kita aja. Namun yang paling mudah, umumnya bisa ditempelkan dari tengah terlebih dahulu lalu direkatkan ke bagian kanan dan kirinya.

Pastikan posisi extension agak sedikit mendongak dan bukannya menunduk kebawah.

Rekatkan dengan menggunakan pinset

Agar extension bisa menempel lebih kuat, wajib merekatkannya dengan menggunakan pinset setelah ditata. Selain menggunakan pinset, Sebenarnya bisa juga menggunakan ujung-ujung jari dengan cara menekannya secara perlahan, enaknya gimana deh pokok hasilnya on point!

Well, selamat mencoba ya!

You Might Also Like

4 happy thoughts

  1. Mbak kamu nggak bikinin video tutorialnya sekalian? masih awang-awangan ini bacanya

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat tipsnya mba, soalnya saya ini paling tidak bisa memasang bulu mata sendiri hihi :D

    ReplyDelete
  3. Tips yang terakhir itu saya setuju banget mba, memang benar-benar wajib. Tidak lucu kan kalau bulu mata tidak merekat dengan sempurna :D

    ReplyDelete
  4. Ada 1 anak buahku di kantor justru jagoooo banget pasang bulmat palsu ini. Aku srg liat dia pasang, tp ttp aja ga lulus2 masang sendiri wkwkwk. Dan ujung2nya aku malah niat lash extension aja mba :D. Kalo buatku sih lbh praktis ya, walopun efeknya, hrs pelan2 membersihkan mata supaya ga rontok :p

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram