Steak Dori Saus Salsa

Tuesday, April 14, 2015

Penasaran dengan resep Steak Dori Saus Salsa dari chef Ken? Yuk dimariii lengkapnya.

Bahan-bahan:
Garam
Gula pasir
Daun parsley kering
Merica bubuk hitam
Bubuk kari
Daun ketumbar
Daun mint
Tepung Tapioka
Kacang tanah, sangrai dan tumbuk halus
Selada air
Selada keriting
Tomat cherry
Paprika hijau dan merah
1/2 siung bawang bombay
3 bh tomat
3 bh jeruk lemon
2 butir telur ayam, diambil putihnya saja
4 buah kentang
Ikan dori, yang sudah difillet

Cara membuat:
✓ untuk ikan dori
1. lumuri ikan dori dengan garam, merica hitam bubuk dan perasan lemon. diamkan 10-15 menit.
2. kacang tanah yg sudah disangrai dicampur dengan bubuk kari dan parsley kering.
3. kemudian balur dengan tepung tapioka, lalu putih telor dan terakhir kacang tanah..lalu goreng setengah deep fried.
#tips

  • kenapa ikan dori? karena ikan dori ini merupakan jenis ikan yang tidak berbau amis dan teksturnya jiak dimasak lebih berair. yummm gitu deh pokoknya hehe.
  • kalau kurang suka kacang tanah, bisa diganti dengan oatmeal..info dari chef Ken, oatmeal ini jika digoreng teksturnya lebih crunchy, wow pengen aaah kapan-kapan nyobain.
✓ saus salsa
1. cincang setengah halus 3 buah tomat yang ambil dagingnya saja, 1/2 siung bawang bombay, 1 genggam daun mint dan daun ketumbar.
2. parut kulit jeruk lemon, ambil kulit bagian luarnya saja yang berwarna kuning yah. Jangan sampai kulit dagingnya, paiiit neng!
3. terakhir tambahkan perasan lemon kira-kira 1 sdm, diamkan 10 menit.
4. tambahkan 3 sdt gula pasir ketika akan disajikan, aduk rata
✓ saladnya
1. kentang jangan dikupas kulitnya, dipotong kemudian rebus lalu bagi 4 memanjang. Tumis hingga berubah warna sambil diberi bawang putih cincang. Angkat lalu tambahkan merica hitam, bubuk parsley dan garam.
2. sayuran: selada air, selada keriting, paprika merah hijau, tomat cerry cincang kasar kemudian dicucuri perasan lemon dan minyak Sunco

#tips
  • kenapa jeruk lemon? untuk lumuran ikan, jeruk lemon ini dapat membunuh bakteri yang terdapat pada ikan, selain itu juga dapat mengeluarkan aroma dan rasa yang lezat nantinya.
  • bagaimana memilih jeruk lemon yang bagus? pilih yang kulit luarnya masih terlihat shiny dan tidak keriput, pencet-pencet sedikit untuk melihat apakah kulit dagingnya tipis. Kalau empuk, menandakan jeruk tsb masih muda dan berair banyak.
 ✓ plating timeee

Lapisan pertama, atur 2 buah irisan kentang.
Lapisan kedua, ikan dori yang telah digoreng tadi.
Lapisan ketiga atau terakhir, siram dengan salad dan saus salsanya.
voilà! Steak Dori Saus Salsa ala #GrebekDapurSuncoSBY
Rasa manis, asem, pedas dan aroma strong dari daun ketumbar krasa banget begitu gigitan pertama..nyessss! Enak pake bangeeeeet....

Resep lengkap dan cara memasaknya bisa dilihat disiniiii ^^

You Might Also Like

13 happy thoughts

  1. Ya Allah...jadi laper aku mbak NIng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ampun dijeeee, jgn cpt laper dong :P

      Delete
  2. Aku belom pernah makan ikan doriiii.. Nantik mau carik ah di supermarket :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke supermarket trus bikinin aku jg yaaaah Beb :P

      Delete
  3. Ikaan... Omaga Omaga, aku gk terlalu suka ikan, tp liat foto yg terakhir itu kok mbikin ngileerr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm kebykan org gk suka ikan krn baunya yg piyeee gt ya?? mgkn kalo ikan dori pengecualian, cobain deh mbak...emg enak ikan jenis ini

      Delete
  4. Wah...malam2 berkunjung kemari melihat penampakan steak ini, koq tiba2 langsung lapar ya...haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi maapkan dakuuu kalo bikin beberapa org disini jd laper, tp emg beneran itu masakannya chef Ken enaaak

      Delete
  5. Pengen bikiiin, tapi daun parsley beli di mana ya Mbak Ning...

    ReplyDelete
  6. ikan dori itu yang kayak gimana ya mbak..??? maklum gak hapal jenis-jenis ikan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. teksturnya juicy gt mbak, even udah digoreng sekalipun...fastfood yg pake ikan dori itu Fish & Co..enak mbak, nyessss dan gk amissss

      Delete
  7. Pliss kirim via email lah.? Haha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di blog #beYOUtiful ini, semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat :)

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram