5 Tips Anti Gerah Saat Berhijab di Hari Lebaran

Thursday, June 23, 2016

Lebaran sebentar lagi
Tak ada miskin tak ada kaya
Semua sama di depan Tuhan
Yang berbeda cuma amalnya
Semua ingin Lailatul Qadar
Semoga kita mendapatkannya
lirik by Bimbo

Hi beYoutiful! Euforia Lebaran udah mulai keras belum nih? Seperti tahun-tahun kemarin, banyak sekali aktivitas yang harus dilakukan di hari Lebaran. Mulai dari mengajak anggota keluarga bersiap-siap salat Ied, menyiapkan aneka hidangan Lebaran, hingga pergi bersilaturahmi ke rumah sanak saudara dan kerabat. Beragamnya aktifitas di hari raya tsb nggak jarang membuat kita jadi merasa gerah dan penampilan pun berangsur-angsur kumal menjelang siang hari. Apalagi buat kalian yang tinggal di daerah dengan cuaca panas seperti Surabaya contohnya.

Kondisi ini kadang ngebuat gerah bagi sebagian wanita muslimah yang berhijab, seperti saya contohnya. Sudah mengenakan salah satu dari koleksi terbaru baju Lebaran, tentu nggak lengkap rasanya jika hijab malah berantakan dan basah oleh keringat. Jadi, agar tidak mudah gerah saat beraktivitas dengan hijab di hari Lebaran, tengok dulu yuk kiat-kiat berikut ini.

1. Padu Padan Hijab Berwarna Cerah
Hijab yang berwarna cerah tidak cuma membuat penampilan kita terkesan ceria. Karena hijab yang berwarna cerah tidak menyerap sinar matahari seperti halnya hijab berwarna gelap. Aktivitas yang kita lakukan di luar ruangan jadi nggak membuat kita mudah kepanasan jikalau kita memilih hijab yang warnanya cerah.
Boleh banget memilih hijab berwarna pastel, selain kekinian warnanya juga lebih kalem [kek saya kalemnya hahaha].
OOTD-zahratuljannah
dok. Instagram @zahratuljannah
2. Memilih Bahan Hijab yang Menyerap Keringat
Bahan hijab yang menyerap keringat membuat kulit kepala tidak mudah merasa gerah. Jenis bahan chiffon crepe adalah salah satu bahan yang tepat untuk hijab, demikian penuturan desainer busana muslim, Dian Pelangi. Bahan ini mudah menyerap keringat dan tidak mudah menempel pada kulit kepala yang berkeringat.

3. Mengenakan Hijab Instan

Sekarang udah banyak banget hijab instan dengan model yang sangat menarik dan elegan. Kita nggak perlu ragu mengenakan hijab instan ketika Lebaran. Selain mudah dikenakan, kita juga mudah untuk melepasnya sejenak saat hendak berwudhu, nggak ribet.

4. Membasuh Wajah dengan Air
Membasuh wajah dengan air bersih akan membuat kulit wajah menjadi rileks dan rasa gerah segera menghilang. Selain mengambil wudhu, kita juga bisa pergi ke kamar mandi untuk membasuh wajah supaya terasa segar dan sejuk.

5. Hindari Model Hijab yang Rumit
Model hijab yang rumit, bertumpuk-tumpuk, atau dililitkan di leher dapat membuat kita kurang leluasa bergerak dan mudah merasa gerah. "Yang ngeliat aja gerah, gimana lagi yang make yak?!" hehehe.
Untuk alasan kepraktisan dan kenyamanan selama merayakan Lebaran, hindari gaya hijab ini ya. Sebagai gantinya, pilihlah model hijab yang simpel namun tetap terlihat menarik.

Nah, siapa bilang mengenakan hijab akan membuat kalian merasa tersiksa saat beraktivitas seharian. Kalau kita pandai menyiasati pilihan hijab, sudah pasti penampilan kita akan stunning sepanjang hari.
Sambil mencari ide, boleh dong bocorin sedikit pilihan hijab kalian untuk Lebaran nanti kek gimana?

You Might Also Like

13 happy thoughts

  1. Kalau aku lebih suka pakai jilab bergo mbak, langsung slup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo yang langsung gitu, pas wudhu juga nggak ribet ya mba

      Delete
  2. kalo aku jilbab segi empat tinggal peniti aja hihi, cuma kalau bergo khusus d rumah, soalnya suka dibilang kaya anak kecil pake jilbab langsung :D

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt, jilbab segi empat andalan banget dah.

      Delete
  3. Hooh.. itu pilihan saya banget mba.. Hijab instan dan menghindari hijab yang rumit.. mit.. mit..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, nggak asik juga kalo ribet nyiapin makanann eh si hijab jg ikutan ribet.

      Delete
  4. Aku kurang paham bahan nih mba, hehehe.. Chiffon itu yang bahan nya licin bukan ya.. Aku paling pake pashmina panjang untuk kudungan or bahkan kujadiin outer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya chiffon yang bahannya licin, dan sekarang macamnya pun banyak haha makin bingung yak.

      Delete
  5. Membasuh wajahnya jangan sampai kumur-kumur segala ya? Hihihi.
    Terima kasih tipsnya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buahaha skali-kali gpp lah, biar seger *eh*

      Delete
  6. Mbaaaakk, sing komen kok beauty blogger(s) cethaaarrrr kabeh ngene mbaaaa

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku ya baru nyadar, mudahan kita ketularan ngehits kel mereka ya mba...aamiin hihi

      Delete
  7. Baca tulisannya jadi pengen cepet2 dandan inihhhh, heueheuheu :D

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram