5 Tips Berbelanja Online

Thursday, August 04, 2016

Shopping is my middle name, eh yaaa kan katanya mo insaf hihihi. Namanya kaum hawa yaaa, bukan cewek namanya kalo isi dompet maupun tasnya, kertas bon belanjaan yang nggak tau juntrungannya. Maksud hati itu bon-bon belanjaan mau dicatat dan ditulis dalam buku pemasukan pengeluaran rutin bulanan. Tapi apalah daya, kok sepertinya banyak banget [eh].

blanja-com

Mo belanja offline maupun online, kalo yang namanya kaum hawa mah hayuk ajaaa. Tapi akhir-akhir ini saya lebih sering belanja online sih, dengan alasan nomor wahid yaitu PRAKTIS. Kenapa?

Nggak perlu ke luar rumah
Alasan nomor #1 ini lah yang menyebabkan saya makin menggandrungi belanja online di Blanja.com yang tak lain merupakan representatif eBay di IndonesiaKalian juga kan, hayooo ngaku deh. Cukup di dalam rumah, nggak perlu kena macet atau pusing pala barbie munyerin mall. Barang pilihan kita sudah siap sedia di tampilan layar handphone atau pun desktop. Cuss dipilih, dipilih...

Menghemat waktu
Bandingkan deh, belanja di mall dengan belanja online dari handphone. Berapa banyak waktu yang bisa kita sisihkan untuk hal berguna lainnya, alibi euy alibiiiii hahaha [pardon me].

Kedua alasan tsb lah yang menyebabkan [mungkin sebagian dari kita] malah beralih ke belanja online. Pun demikian dunia belanja online makin hari makin berkembang, sehingga nggak jarang butuh tips and trik supaya nggak kejebak di masa lalu penjual abal-abal.

Berikut beberapa tips berbelanja online berdasarkan pengalaman saya:

1. Compare dan survei harga
Membandingkan dan survei harga bukan cuman berlaku untuk belanja di mall doang loh. Bedanya, kalo kita mau membandingkan dan mensurvei harga di mall, kan nggak melulu di satu mall aja biasanya. Bahkan ada yang sampe membandingkan harga mall to mall, yang pastinya akan memakan waktu banyak, hmmm dan mungkin bikin capek hati.
Begitu udah selesai survei, balik mo beli...eh barang yang diincer udah abis, phew -_-

Belanja online pun demikian, banyak banget jenis barang sejenis yang dijual di beragam online shop. Bisa jadi, harga dari satu online shop tsb berbeda-beda. Kalo nggak teliti kadang bisa terkena jebakan batman. Ini gunanya kita mencompare dan survei harga.

2. Teliti bahan
Sama dengan kita berbelanja offline, patutlah kita menyimak dan meneliti bahan sebelum membeli sesuatu. Karna pengalaman, saya pernah salah tafsir nih...Hah, kok bisa? Karena gambar yang tertera dengan penjelasan bahan berbeda 100%. Di foto, baju inceran saya terlihat seperti berbahan chiffon halus jatuh di badan. Tapi, di penjelasan tertulis kalo bahannya katun.

Nah, chiffon dan katun kan dua bahan yang berbeda 180°? Alhasil saya pun dibuat kecewa karena keteledoran saya sendiri waktu itu. Dan semenjak itu setiap akan belanja online, saya pasti membaca dan meneliti dengan cermat bahan dari barang yang saya incer. Nggak asik kan, kalo teperosok di lubang yang sama untuk kedua kalinya.

3. Asal penjual
Perhatikan dari mana si penjual online ini berasal, karena hal tsb berlaitan dengan nominal ongkos kirim yang tentunya menjadi beban pembeli. Semakin dekat jarak si penjual dengan pembeli, maka makin hemat lah nominal yang akan kita keluarkan nantinya. Emak-emak mah beda seribu diperhitungkan yak haha.

4. Membaca testimoni dari pembeli lain.
Testimoni dari pembeli lainnya mutlak saya perlukan, kadang nih...saya bertanya langsung ke pembeli perihal barang yang telah dibelinya tsb. Ya, sekedar memastikan apa yang tertera di penjelasan seperti "Kainnya adem loh sist." itu benar adanya hihihi, bukannya berburuk sangka sih. Tapi kan baiknya kita pastikan dengan benar, daripada menyesal di belakangan hehe.

5. Kredibilitas
Hal yang kadang luput dari pandangan kita, pas udah enak-enak belanja, menanti barang tapi kok nggak kunjung datang. Lah ternyata situsnya bangkrut, eaaa. Ketambahan sistem refundnya yang nggak bersahabat, alih-alih uang dikembalikan. Eh malah gigit jari merelakan nominal tsb hilang ditelan bumi.

Maka dari itu, kredibilitas sebuah online shop bisa menjadi acuan kita sebelum fix melakukan transaksi jual beli ;)
tips-belanja-online
"The quickest way to know a woman is to go shopping with her." ~ Marcelene Cox
Kalo kalian, mungkin punya tips berbelanja online lainnya berdasarkan pengalaman, bisa lah dibagi-bagi hihihi. Scara sesama wanita pecinta shopping :D

You Might Also Like

3 happy thoughts

  1. Saya juga compare harga kalo belanja online hehehe

    ReplyDelete
  2. Survey harga penting banget tapi kadang klo harganya terlalu murah padahal gbr produk sama jadi agak bingung memutuskan. Takut terlalu murah kualitas nggak sama dengan harga yang lebih mahal, dan beli yang rada mahal padahal kualitas sama dengan yang murah tadi #simalakama hehe

    ReplyDelete
  3. Saya biasa kunjungi satu demi satu situs online terpercaya cuma buat nyari harga termurah. Tapi gak cuma nominal harga ding, juga perhatikan apa aja yang dikasih seller dengan harga yang dipatok. Misalnya harga sama, tapi kasih bonus apa gitu. Atau ongkos kirim gratis. Pengaruh banget buat ambil keputusan. Hehehe...

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram