Cara Merawat Kulit Untuk Daerah Dingin

Sunday, October 09, 2016

Hi beYOUtiful, hari Minggu kalian gimana? Masih betah berleha-leha di kamar sambil nonton drakor [drama Korea], eh! Atau suasananya sama kek saya di Malang? Dimana hari ini cuaca Malang mendung ditemani hujan intens dari pagi, alamat deh bikin betah nggak beranjak dari kasur. Malas juga beranjak untuk mandi [eh], tapi bukan berarti wajah trus kucel kusam nggak terurus ya.

"Kelembapan udara berbanding terbalik dengan suhu udara. Semakin rendah suhu udara, maka kelembapan udaranya semakin tinggi."
Pindah ke kota Malang, yang memiliki temperatur suhu udara lebih dingin ketimbang Surabaya. Mau nggak mau, saya pun harus menyesuaikannya supaya kesehatan kulit tetap terjaga. Hmmm, beda kota beda pula permasalahannya. Apalagi kemarin kulit saya mulai "menyuarakan" alarm kegalauannya. Harap maklum yah, kulit wajah dan tubuh saya ini rada manjah kek princess [halah].

cara-merawat-kulit-untuk-daerah-dingin

Nggak usah pusing pala barbie dulu, berikut beberapa tips cara merawat kulit agar tetap lembab meskipun berada di daerah dingin. From top to toe, di antaranya:

Biasakan Minum Air Putih

Tubuh akan merespon langsung jika ia membutuhkan sesuatu. Seperti halnya ketika kita berada di daerah dingin, bakalan lebih sering buang air kecil. Ya kan? Nah, setelahnya otomatis tubuh akan merespon dengan cara "menyuarakan" alarm rasa haus, karena tubuh membutuhkan cairan pengganti.

Oiya, saya kasih tau sekalian bagaimana sih cara tepat mengetahui kebutuhan air minum kita per hari? Rumusnya:
1,5 cc x kg berat badan x 24 jam
Misal nih, berat badan saya 52 kg. Jadi hitungannya adalah:
1,5 cc x 52 kg x 24 jam = 1.872 cc
Ini artinya, setiap hari saya harus mengkonsumsi air putih sebanyak 1.872 ml. Paham kan sudah? Jadi nggak semua orang membutuhkan 8 gelas air per harinya, karena itu cuman mitos :p

Perbanyak Buah-Buahan


A photo posted by Dwi Sari (@ki_seki) on

Siapa sih yang nggak suka makan sepotong semangka merah manis, banyak airnya dan segar? Hmmm, kandungan alami vitamin yang terdapat dalam buah-buahan ini tak ayal mampu membantu menjaga kesehatan kulit kita. Makan buah, yuk!

Gunakan Conditioner Rambut

Tips untuk mengurangi rambut rontok dari hairdresser langganan di Surabaya dulu. Saya disarankan agar menghindari penggunaan conditioner, cukup shampoo saja. Etapi, begitu stay di Malang kebiasaan tsb mau tidak mau saya sesuaikan.

Karena makin hari, kondisi rambut saya cenderung makin kering dan susah diatur. Kelembapan udara pun mempengaruhi kondisi kulit kepala dan rambut saya juga, sigh! Solusinya, seminggu sekali minimal saya gunakan conditioner. Hasilnya, rambut saya udah nggak susah diatur, dan nggak kering lagi...yeay!

Gunakan Sabun Pencuci Muka Yang Tepat

Yang tepat? Maksudnya? Hehe ada cerita lucu juga nih, pengalaman saya kemarin. Belakangan agak curiga, kenapa kok tiba-tiba jerawat manja kembali sering muncul, padahal saya masih rutin menggunakan sabun sesuai anjuran dokter kulit. Usut punya usut, asli deh kulit wajah saya tuh manjanya minta ampun. Ternyata, pindah kota pun, saya disarankan untuk mengganti jenis sabun yang biasanya saya pakai. Kenapa? Karena, begitu saya tinggal di daerah dingin. Jenis kulit saya yang kering namun berjerawat ini pun beradaptasi dengan kelembapan udara yang ada. Sehingga, sabun yang biasanya cocok dipakai di daerah panas seperti Surabaya, nggak cocok saya gunakan di daerah dingin seperti di Malang...errr merepotkan yak.

Tapi ya balik lagi, kalau kulit wajah ingin tetap terlihat cerah dan sehat. Ya monggo diikuti aja saran dari dokter, toh setelah saya ganti sabun wajah, masalah tsb berangsur pulih. Jerawat, hush hush sanah!


Gunakan Lotion

Kulit wajah yang mudah sensi aja membutuhkan perawatan ekstra, bagaimana kabarnya dengan tubuh kita lainnya seprti tangan, dan kaki. Sudah pasti pengunaan lotion bermanfaat sekali sebagai salah satu cara merawat kulit  agar tetap lembab.

The-Bodyshop-Japanese-Camelia-Cream

Japanese Camelia Body Cream, salah satu skincare product terbaru dari The Bodyshop, dengan ekstrak biji-bijian dari bunga Camellia. Digadang-gadang mampu mengembalikan nutrisi, mencerahkan, dan mengurangi tampilan tanda awal penuaan kulit.

Well, beberapa tips di atas mulai dari masalah rambut, kulit wajah, sampai rumus ukuran kebutuhan air, udah saya curhatin. Gimana? Ada yang berencana pindah ke daerah dingin juga? Semoga bisa membantu kalian yang memiliki masalah serupa ya. So, tunggu apalagi? Kulit yang cerah, sehat dan terawat itu juga investasi kesehatan cyiiin.

You Might Also Like

8 happy thoughts

  1. Wah, saya juga tinggal di Malang. Tapi kulit saya kering banget. :(

    ReplyDelete
  2. Untuk makan buah-buahan aku termasuk orang yang jarang hanya sesekali saja tapi kalau menggunakan lotion setiap hari setelah mandi agar kulit tidak kering dan tetap lembab. Thanks for sharing mbak :)

    ReplyDelete
  3. Tapi sepertinya semua orang telah percaya bahwa minum 8 Gelas sehari itu penting. Termasuk saya, Mbak. Hahaha

    ReplyDelete
  4. nah itu dia masalahnya dek, kl mesti digunakan menjelang tidur biasanya bablas :))) tambah kering aja tuh muka...

    ReplyDelete
  5. Menggunakan lotion buat saya merupakan hal yang paling malas sekali, dan ribet jadi ahrus ada cara lainnya memang.

    ReplyDelete
  6. trus selain ganti sabun wajah apa lg mba? soalnya sy tinggal d daerah panas & sering bgt liburan k Malang. tiap d malang apalg mBatu, kulit wajah sy jd kering bgt, smpi ada yg ngelupas. sy biasa cm pki serum dr bodyshop & pelembab yg djual d pasaran. pdahal sy senang liburan k Malang, tp sebel jg kl ribet ngurus kulit. anak2 sy jg biasanya kulitnya ga knp2, kl k malang pasti jd ky bersisik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya sabunnya dibedakan aja mbak, Surabaya apa ... Malang apa. Karena menurut info dari dokter kulit, saat saya konsultasi. Nggak bagus kalau terlalu sering menggunakan serum atau krim anti iritasi.

      Mudahan saran saya cukup membantu :)

      Delete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram