Muda, Inovatif, Peduli: Ciri Anak Muda Kekinian

Monday, December 12, 2016

quotes-about-time
tik...tok...tik...tok
Muda, Inovatif, Peduli: Ciri Anak Muda Kekinian - See? Waktu nggak bisa diputar kembali gengs, apa yang udah terjadi ya ... terjadilah. Seperti petuah orang tua kita, selagi muda berkarya lah [jangan malas, tambahan dari saya...eh] ^^v

Nah, pas banget kaaan. Hari Senin adalah saatnya kita mulai berkarya, no more Monday blues! "Mentang-mentang lagi long weekends trus malas-malasan." hihihihi. Kenapa? Ya supaya kita menjadi anak muda yang kekinian dong, jangan mau kalah dengan waktu. Kalo bisa, waktu menjadi sahabat dan bisa memacu semangat kita agar menjadi manfaat bagi orang lain dan sekitar.

Syarat Menjadi Negara Maju

Sekitar tahun 1990an karena pertumbuhan ekonomi yang pesat berhasil mengubah Malaysia menjadi negara industri baru. Generasi 90-an pasti inget banget deh bagaimana rupa Malaysia dulu "kala", dibandingkan dengan Surabaya aja kalah jauh loh. Sekarang? Hmmm jangan ditanya, bahkan jumlah wirausaha di Malaysia telah mencapai angka 5%, disusul Singapura di angka 7%.

Asal tau aja nih ya, syarat negara maju itu harus ada minimal 2% wirausaha dari total penduduk dari suatu negara. [1] Sedangkan jumlah wirausaha di Indonesia masih 1,65%. Trus kapan dong kita bisa move-on dari negara berkembang menjadi negara maju?

Wirausaha Muda Mandiri dari Bank Mandiri

"...Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia". - Presiden Sukarno [2]
Presiden RI pertama aja udah paham, kalo potensi pemuda itu nggak bisa dianggap remeh. Karenanya, untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkesinambungan. Bank Mandiri sejak tahun 2007 mengadakan ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri [WMM], dan tahun 2016 ini mengambil tema "Muda, Inovatif, Peduli".

Dalam hal ini Bank Mandiri melalui program WMM, ingin mengajak anak muda sebagai generasi muda Indonesia agar menjadi generasi yang mandiri. Yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan sehingga mampu bersaing di era global. Seperti yang diutarakan Bapak Rohan Hafas, selaku Corporate Secretary Bank Mandiri berikut ...
"Sesuai dengan tema pelaksanaan WMM 2016 yaitu "Muda, Inovatif, Peduli" Kami ingin menjadikan WMM sebagai salah satu elemen penting dalam pembentukan ekosistem wirausaha yang kondusif untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda yang tangguh, visioner, inovatif, serta memiliki keingingan yang kuat untuk berkontribusi positif bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa."
Kamu, kamu, atau kalian ... Muda, Inovatif dan Peduli? Jika berminat dan ingin membawa perubahan pada perekonomian negara kita Indonesia, sila aja daftarkan diri kalian dalam program WMM tahun ini. Nah, lantas bidang usaha apa aja yang dikompetisikan dalam program Wirausaha Muda Mandiri 2016? Mo tau? Ini dia 5 bidang usaha tsb:
  1. Wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa
  2. Wirausaha Boga
  3. Wirausaha Kreatif
  4. Wirausaha Teknologi
  5. Wirausaha Sosial

Caranya Bagaimana?

Emang sih, begitu mendengar kata usaha, pengusaha, apalagi wirausaha. Kadang kita terlalu jauh berpikir, sampai-sampai sesuatu yang ada di sekitar kita kadang tak terjamah.

memanfaatkan-teras-untuk-lahan-organik.jpg
sederhana, tapi nilai manfaatnya besar banget :) [1]
Sebut saja salah satu success story dari program WMM ini, Yeni Dwi Fitriana atau yang akrab di sapa Yeni. Kontribusi apa yang telah ia lakukan sehingga bisa menuai kisah sukses di masa mudanya, kelahiran 1994 loh doi. Keren kan? Ini dia namanya anak muda kekinian [kompor banget ya saya hihihi].
Berbekal pengetahuan dan pengalaman organisasi di bangku kuliah, pada tahun 2014 Yeni dan beberapa pemuda dari desa Temas, Batu, Jawa Timur membentuk kelompok usaha Desa Wisata Dewi Temas untuk mengoptimalkan desa Temas sebagai Integrated farming & eco-tourism area yang berfungsi sebagai pusat ekonomi, edukasi dan wisata berbasis pertanian dan tanaman organik. Hasilnya, kini sudah lebih dari 3.600 m2 lahan pertanian di Batu menggunakan pola pertanian organik dan ribuan orang telah mengunjungi desa Temas setiap tahunnya untuk berguru serta menikmati atraksi wisata alam dan edukasi. [3]
Wow, sederhana tapi bermanfaat untuk sekitarnya bukan?

Jadi, tunggu apalagi?! Jangan ditunda-tunda, jika tertarik dengan program WMM 2016 ini. Maka manfaatkan usia mudamu dan segera daftarkan bidang usaha kalian di www.wirausahamandiri.co.id
Semoga sukses ya!

cara-daftar-wmm
petunjuk bagaimana mendaftar WMM

* sumber foto:
[1] twitter foto, https://twitter.com/wrausahamandiri/status/806725250549358593?s=08, [diakses tanggal 11 Desember 2016].

* sumber informasi:
[1] Negara maju harus miliki minimal 2% wirausahawan, http://ekbis.sindonews.com/read/782305/34/negara-maju-harus-miliki-minimal-2-wirausahawan-1378977885 [diakses tanggal 10 Desember 2016].
[2] 17 Quote Soekarno yang Bikin Api Semangat Kemerdekaan Berkobar!, http://www.bintang.com/lifestyle/read/2295420/17-quote-soekarno-yang-bikin-api-semangat-kemerdekaan-berkobar [diakses tanggal 10 Desember 2016].
[3] profile, https://wirausahamandiri.co.id/#profile [diakses tanggal 10 Desember 2016].

You Might Also Like

38 happy thoughts

  1. Liat foto sayuran. Tetiba ngecesss.. Wkwkwk
    Keren programnya emang WMM ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha keinget food combining program ya Mba :D

      Delete
  2. Program keren dari sektor swasta yg layak diacungi jempol.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener pakde, sayang kan kalo dilewatkan begitu saja :)

      Delete
  3. Bukan anak kekinian ya kalo ga ikutan WMM2016 ya, Mbak.. Andai masih muda saya ikutan...

    ReplyDelete
  4. Saatnya bagi yang muda, jangan buang kesempatan kalian, karena kesempatan dan peluang tak pernah datang dua kali... segeralah dan semangatlah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kesempatan nggak datang dua kali ya Pak.

      Delete
  5. Kira-kira usaha saya yang sekarang ini bisa dimasukkan ke WMM 2016 ga ya? Hehe

    ReplyDelete
  6. senang deh ada bank yang peduli pada wira usaha utk pemuda Indonesia ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener..bener, salut yah Bank Mandiri mau concern dengan perkembangan ekonomi Indonesia.

      Delete
  7. Saya udah gak muda lagi sih. Masih bisa ikut gak ya? :o

    ReplyDelete
  8. Semangat buat para generasi muda XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus tetap semangat, karna kapan lagi kalo bukan di usia muda :)

      Delete
  9. Andai masih muda, mau aku ikutan ini. Kan keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuup, eh tapi yang udah gk muda juga keren laaah hihihi

      Delete
  10. Kesempatan bagus untuk anak2 muda ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba, kapan lagi kalo bukan di usia muda. Kesempatan gk datang dua kali

      Delete
  11. benar banget nih,harus menjadi maju dan semangat nih biar masa depannya cerah, jangan mikirin anak kekinian wksksk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha yayaya embel2 kekiniannya bisa memotivasi juga mungkin :D

      Delete
  12. Mbak, blogger iso melbu gak wkwkkwkw

    ReplyDelete
  13. Modalin aku dunknbank mandiri #ooops hahha

    ReplyDelete
  14. ini event ngehits banget di kampusku dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohya? Wah kalo gitu aku yang ketinggalan updet terkini neh >.<

      Delete
  15. Programnya oke berat. Semoga tahun depan bisa ikutan. Minta doanya ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah....mba Evi tahun depan mau ikutan yah, saya doakan lancar semuanya dan menuai kesuksesan.

      Aamiin ^^

      Delete
  16. semoga saya masih masuk dalam kategori muda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm bole bole, pokoknya mba hepi, apa sih yang nggak buat Mba Fika :p

      Delete
  17. Bertanya-tanya, apakah saya udah masuk pemuda kekian belum ya XD

    ReplyDelete
  18. Anak muda jaman sekarang mah keceee!

    ReplyDelete
  19. Kesempatan emas buat yang muda muda ini... Dan aku... Ah sudahlah#tibatibaingatumur

    ReplyDelete
  20. semoga tahun depan bisa ikutan.. sekarang lagi proses jadi wirausaha

    ReplyDelete
  21. Jika pemuda ingin jadi wirausaha yang baik, amati "problem" sekitar lalu carikan solusi praktis dan jual solusi tersebut. Yang simpel saja dan terdekat. Misal indekost dan permintaan pulsa - kuota tinggi... jual, bikin inovasi yang unik dan daftarkan. Begitu kan Mbak Ning? Hihihi...
    (Siapa tahu ada pemuda yg butuh saran)

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram