[Sinopsis] Silenced

Sunday, November 19, 2017

Sinopsis: Silenced ... It's time for movie weekend, hmmm mulai agak angot-angotan nih sayanya, apalagi belakangan sejak lahiran waktu menonton udah dibilang jarang. Bisa sih sebenarnya nonton, tapi karena terkadang dikit-dikit pause. Mau nggak mau, mending tar tar aja deh nontonnya, alhasil sejak lahiran belum pernah lagi nih saya nonton film tanpa di pause hahaha welcome to mom lyfe! [ada yang tjurhat LoL]

sinopsis-Silenced-korean-movie
SILENCED [1]
Baiklah saatnya mereview film Silenced, yang diangkat dari novel karangan Gong Ji-Young "The Crucible". Penasaran juga nih dengan akting babang Gong Yoo sebagai pemeran utama di film yang bergenre drama.

SINOPSIS

Kang In-ho [Gong Yoo] seorang guru mata pelajaran seni rupa, mempuyai putri semata wayang Sol Yi, di mana sang istri meninggal karena bunuh diri. Sedang dalam perjalanan menuju sekolah tuna rungu Ja Ae di Mujin. Yang dalam perjalanan tsb secara tidak sengaja ia bertemu seorang wanita, setelah ia menabrak seekor rubah sehingga membuat kerusakan serius pada mobil yang dikendarainya. Seo Yoo-jin [Jung Yu-mi] pun memberikan tumpangan padanya, menuju sekolah Ja Ae.

Sesampainya di sekolah tsb, In-ho mencoba akrab dengan anak didiknya sembari mulai mengajar. Dalam benak In-ho, sekolah dengan murid berkebutuhan khusus ini bagus sebaik reputasinya. Apalagi sang kepala sekolah yang juga mempunyai kembaran, pun berdinas di sana. Sang kepala sekolah dikenal dermawan oleh penduduk sekitar, sekaligus seseorang yang dikenal religius.

sekolah-ja-ae
welcome ...
Tapi apa dinyana, di awal ia mengajar sudah dikejutkan oleh keterlambatan seorang murid Min-soo, ditambah murid tsb dipenuhi luka lebam hampir di seluruh wajahnya. Dinginnya sambutan beberapa murid di sana, plus kejadian barusan membuat In-ho mulai menaruh curiga "Ada apa dengan sekolah Ja Ae ini?"

KLIMAKS

Bersama Yoo-jin yang juga merupakan seorang aktivis, mereka berdua berjibaku dengan peliknya kenyataan yang mereka kuak sedikit demi sedikit. Namun apa lacur, para penegak hukum serta peradilan malah tidak berpihak kepada kenyataan yang ada di depan mata.

Reputasi sekolah Ja Ae bak fatamorgana, harus dinodai oleh kejadian asusila seperti itu. Tidak ada yang menyangka, apalagi tersangkanya adalah orang dalam alias orang-orang yang bekerja, dan berinteraksi langsung dengan para murid tsb. Miris ya ... hiks

PS

Film yang berhasil meraih Best Film di ajang KOFRA Film Awards ini diadaptasi dari kejadian nyata di sekolah tuna rungu yang terjadi pada rentang tahun 2000 sampai dengan 2005. Lama juga ya :(

Pun dilansir koran online setempat ...
"Gwangju Inwha School will be formally closed on Nov. 1 2011 for abuses of students and failing to fulfill its duties and responsibilities as a social welfare school,” a city spokesman said. [1]
Phew!

Awalnya saya memilih tontonan ini dikarenakan melihat si pemeran utamanya, Gong Yoo. Pecinta babang Gong Yoo mana suaranyaaa? Aktor asal negeri ginseng Korea ini sepertinya makin dikenal sejak serial drama Korea Guardian: The Lonely and Great God alias "Goblin".

Saya yang belum pernah melihat aktingnya di drakor tsb, langsung kepincut di perannya sebagai Seok-Woo seorang single father, manajer keuangan sebuah perusahaan ... dalam film hits Train to Busan. "Hooo, jadi ini toh yang bikin emak-emak kepincut babang Gong Yoo." hihihi pekik saya.

Gong Yoo, dan Jung Yu-mi pemeran utama di Silenced, juga berpasangan di film Train to Busan. Ssttt, selain berada di agensi yang sama [Management SOOP]. Sempat tersiar kabar kalo mereka dijodoh-jodohkan oleh para netijen hihihi.

Selain kedua aktor tsb, kuatnya karakter pendukung lainnya di film Silenced menjadikannya layak tonton, terlepas ia memenangkan penghargaan Best Film tadi. Sebut saja Kim Hyun-soo [Yeon-doo] Jung In-seo [Yoo-ri], dan Baek Seung-hwan [Min-soo] empat jempol!

Dan untuk perannya di Silenced, Gong Yoo berhasil memenangkan penghargaan Popular Star Award di ajang 32nd Blue Dragon Film Awards.

RESULT

Alur film ini lambat, dan intens. Kemudian saya sempat membathin ...
"Hukum di sana bisa dibeli dengan uang?!"
Yup, saya dibuat tercengang dengan hal tsb. Masalahnya, negara sekelas Korea Selatan ternyata nggak jauh beda dengan kondisi hukum negara kita Indonesia [sigh]. Asli, dibuat geram dengan keputusan bapak hakim Judge Bao.

silenced-korean-movie-quotes
Kang In-ho
"Alasan kita berjuang begitu keras bukan untuk mengubah dunia, melainkan untuk tidak membiarkan dunia mengubah kita." ~
Seo Yoo-jin
Well, setelah membaca review rada spoiler ini bikin kalian penasaran dengan film yang mengantongi rating IMDb 8/10, yuk sila ditonton ... happy watching!

---------------------------------------------------
Genre: drama
Produser: Uhm Yong-hun, Bae Jeong-min, Na Byung-joon
Sutradara: Hwang Dong-hyuk
Produksi: Samgeori Pictures
Durasi: 2jam 5min [125 menit]
Cast: Gong Yoo, Jung Yu-mi, Kim Hyun-soo, Jung In-seo, Baek Seung-hwan.
Tahun: 2011

* sumber informasi:
[1] https://koreatimes.co.kr/phone/news/view.jsp?req_newsidx=97714 [diakses tanggal 18 Nopember 2017].

* sumber foto:
[1] https://en.wikipedia.org/wiki/The_Crucible_(2011_film) [diakses tanggal 19 Nopember 2017].

You Might Also Like

1 happy thoughts

  1. Ini drama Korea pas aku zaman SMP wkwkwkwk Gong Yo masih muda banget sekarang udah om-om :D

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram