Resep Tom Yam Dengan Bumbu Homemade

Tuesday, June 04, 2019

bumbu-tomyam
Resep Tom Yam Dengan Bumbu Homemade - Penyuka hidangan ala-ala steamboat, suki, dan sejenisnya biasanya lebih menyukai kuah tom yam sebagai pilihan kuahnya ... yang saya lihat sih begitu hihihi. Dan untuk mendapatkan rasa yang mantul (red: mantab betul) tak jarang nih kita pun kudu rela mengeluarkan budget makan lebih. Seperti waktu kemarin waktu saya nyobain resto steamboat baru di kota Malang. Untuk makan berdua dengan pilihan bahan yang nggak sampe 10 macam itu aja udah dibandrol mendekati harga 400rb, nggak murah yekaaan?! Kalo sekali-kali mah oke-oke aja lah, beda lagi kalo tiap bulan makan di resto hahaha bandarnya bisa gigit jari.


Resep Tom Yam

Supaya lidah ini tetap dimanjakan tiap bulannya, alhasil belakangan saya sering masak sup tom yam sendiri aja deh di rumah daripada bandarnya pusing hahaha. Dan sebelum-sebelumnya kalo bikin sendiri di rumah saya pake tom yam bumbu instan aja deh ... dengan alasan "Supaya praktis!" Etapi rasa-rasanya pengen gitu bikin kuah tom yam dengan bumbu bikin sendiri, homemade.

Sajian tom yam yang asalnya dari negara Thailand ini cocok juga loh dihidangkan sebagai menu lebaran nanti. Kali aja lidahnya mulai bosan dengan menu berkuah santan, kuah segar tom yam bisa jadi penawar rasa.

Pengen tau bedanya kek gimana sih resep tom yam menggunakan bumbu instan dengan bumbu homemade? Ini dia nih penampakannya, di mana saya menggunakan dua bumbu instan yang berbeda untuk dua di antara sup tom yam tsb.
resep-tom-yam-seafood

Untuk rasa, dari ketiga sup tom yam yang pernah saya bikin ini ... pemenangnya adalah sup tom yam dengan bumbu homemade.

Well, kalau kalian pengen mencoba masak sendiri di rumah. Ini dia resep tom yam sederhana:

resep-tom-yum

✓ Bahan-bahan:
• cumi-cumi (optional)
• beef yakiniku
• pakcoy
• jamur enoki
fish cake
crab stick (bisa ditambah bahan lain sesuai selera)
• bihun jagung

✓ Bumbu:
• tom yam bumbu instan
• minyak ikan
• kaldu jamur
bumbu kasar: serai, jahe, daun jeruk, cabe potong sesuai selera
• perasan jeruk nipis
• gula, garam secukupnya

Sedang untuk cara membuatnya kalian bisa langsung melihatnya di video berikut ya ...


Tom Yam Dengan Bumbu Homemade

Tom yam bumbu instan ini bisa banget kita ganti dengan bumbu buatan sendiri alias homemade kok. Bahan, dan bumbu kasar sama dengan resep di atas, yang membedakan cuman bumbu instan diganti dengan bumbu halus.

Si bumbu halus ini kita tumis lebih dulu, lalu setelahnya masukkan air matang berikut bumbu kasarnya. Apa aja jajaran bumbu halus (homemade) tom yam? Ini dia ...
• bawang merah
• bawang putih
• cabe sesuai selera
• terasi sedikit
• gula, garam secukupnya

tom-yam-bumbu-sendiri
plus minyak ikan, perasan jeruk nipis dan kaldu jamur juga ya
Sedikit tips supaya kuah tom yam enggak langu (wangi bawang masih terasa banget), saat digongso atau ditumis pastikan bumbunya berubah warna dan matang sempurna ya. Gunakan api sedang aja ketika menumis bumbu halusnya.

***
Pada umumnya sih, menu masakan seperti ini tuh disajikan ala steamboat gitu supaya kuahnya tetap hangat hingga suapan terakhir sekalipun. Menggunakan panci mulai yang berukuran sedang lengkap dengan kompor mini di atas meja, untuk resto yang kerenan dikit kompornya ditanam gitu di mejanya. Dengan model kompor tanam gini saya sedikit lega sih, karena setidaknya sedikit mengurangi kericuhan si kecil yang excited kalo ngeliat api menyala di depannya, meski tetap aja kita kudu aware dengan panasnya kompor yang di tanam tsb.
steamboat-resto
resto steamboat dengan sistem kompor tanam
Dari kesemua resto yang pernah kita cobain, berikut masakan sendiri di rumah mulai dari yang memakan bumbu instan sampai bumbu homemade. Papabear memilih "Paling enak tom yam buatanmu yang pake bumbu sendiri, Yang!" eciyeeee, uhuk! Lidah saya pun mengiyakan loh. Karena namanya bumbu instan pastilah dilengkapi dengan bahan pengawet kan ya, yang mau nggak mau aroma nyegrak-nya itu berbanding lurus dengan kadar natriumnya. Makin besar natriumnya, makin nyegrak deh huhuhu dan saya tak suka :(

Nah, kalian ada yang udah pernah nyobain bikin sup tom yap sendiri di rumah? Lebih doyan mana nih, buatan rumah atau masakan di resto? Anyway, selamat memasak ;)

You Might Also Like

1 happy thoughts

  1. Mau coba ahh... versi home made๐Ÿ˜Š selama ini pakai bumbu instan๐Ÿ˜† makasih mama Bear ๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di blog #beYOUtiful ini, semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat :)

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram