Tour Singkat di Hotel Tugu Malang

Monday, September 07, 2015

Ngobrolin ini lagi?? Maaf, iya benar saya makin penasaran tentang bagaimana ceritanya di Hotel Tugu Malang yang dimiliki oleh Anhar Setjadibrata [pendiri Grup Hotel Tugu dan Resto] itu bisa terpampang lukisan Oei Hui Lan, tapi di buku tsb sama sekali nggak menceritakan bagaimana dan mengapa, ya udah ya udah nggak mo kasih tau ya udah hihihi. Kita cus ke Makang aja yuk.

Sang pemilik pun memajang berbagai barang-barang asli koleksi mendiang Oei Tiong Ham, Raja Gula dari Semarang, karena belum pernah nginep jadi belum tau sih wujud kamar hotel tsb. Dari pandangan saya sih lebih mirip butik gallery ketimbang hotel, hmm baiklah ide dan konsepnya layak mendapat acungan jempol.

Well said "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya".
Selesai parkir, tampak luar hotel langganan mantan presiden Megawati itu terlihat homey banget beda deh dengan penampakan hotel *5 pada umumnya, lalu masuk ke sebuah ruangan dimana pencahayaan dibuat rada remang-remang. Dari pintu masuk tadi kita bakal dihadapi dua pilihan [dilarang galau] mau belok kanan langsung ke resto lanjut The Sugar Baron Room atau belok kiri menuju Waroeng Shanghai 1920 dan Toko Ban Lam.
Waroeng Shanghai 1920
gentengnya jadul banget yah

Waroeng Shanghai 1920
Sekali lagi, penerangan yang dibikin ala kadarnya membuat saya agak bergidik ketika masuk ke ruangan ini. Konon waroeng yang terletak dibPelabuhan Batavia ini cukup tersohor dijamannya, dimiliki oleh Chan Mo Shang dan istrinya asal betawi Siti Djaenab. Melihat hasil foto-foto saya, baru ngeh kalo genteng yang terpajang disana nampak usang. Usut punya usut genteng tsb diambil dari waroeng aslinya, walahhh pantesan. [penunjang tulisan disini]

Ban Lam
Balai Poestaka Weltevreden
Toko Ban Lam
Sekilas seperti ruangan koleksi wine dapat dilihat dari tulisan yang terpampng di pintu masuk. Saya sempat kaget sih sewaktu inguk-inguk di ruangan ini. Udah remang-remang, eeh ternyata masih da juga koleksi peranakan China yang super jadoel. Ketambahan disudut terdapat semacam miniatur oranf-orangan lengkap dengan kostum mirip wayang potehi huhuhu ceyem gak ciiih diruangan minim pencahayaan trus kalu dihadapkan liniatur orang tadi hiiiii.
Almanak Dinding 1929 dihadirkan sebagai koleksi, saya sih kurang ngeh itu apaan. Scara tour singkat kemarin minjem tour guide abal-abal hihihi.
Arti kata almanak dinding menurut KBBI, penanggalan yang biasanya digantungkan atau ditempelkan di dinding. sumber disini
The Sugar Baron Room
Lukisan Oei Hui Lan
akhirnya bisa berkunjung kesini juga, one of popular my blog post
endless love avenue
Ini kah para gundik???
[Baca juga:Oei Hui Lan dan Hotel Tugu Malang]
The Sugar Baron Room
Lanjut ke ruang utama dari tour singkat saya siang itu, melewati resto hotel yang juga remang-remang, padahal ketika saya berkunjung kemari itu siang hari loh. Kemudian di ruangan ini lah saya melihat foto mendiang Oei Tiong Ham yang berada di sisi kiri The Sugar Baron Room dan terpukau dengan lukisan Oei Hui Lan di pojok sebelah kanan ruangan, wow akhirnya bisa melihat langsung.
Hasilnya?? Beneran serem sih aura yang saya rasakan ketika berada disekitar ruangan tsb, bahkan ada yang bilang dulu sempat ada seorang pengunjung yang melihat lamaaaaa banget ke arah mata Oei Hui Lan lalu kesurupan, ih serem ah..wanna try?

Andaikan ya hotel dengan konsep semacam butik gallery ini juga melibatkan seorang tour guide, kan saya nggak bertanya-tanya dalam hati. Belum lagi ketika melihat foto wanita berjajar yang katanya sih itu foto para gundik mendiang Oei Tiong Ham [ada yang mau mengkoreksi? silahkan ya, feel free deh].

Tour singkat siang itu berakhir dengan ngopi cantik di Java Dancer Coffee, coffee shop mungil yang letaknya tepat di depan Hotel Tugu...coffee addicts gituuuh, yang dicari ya kopi. Nah disini nih saya menemukan buah kalengan paporit Carica seharga 18rb hihihi teteeep yang dicari mah buah tangan alias oleh-oleh :)
Java Dancer Coffee, Malang
Kopi tubruknya mantabs!
daftar menu :)
Next step? Should I go to Semarang? :)

Hotel Tugu Malang
✉ Jalan Tugu No. 3, Malang, Jawa Timur 65119
☎ (0341) - 363891



You Might Also Like

37 happy thoughts

  1. Hotelnya asik y mbak, bs sambil refreshing mata

    ReplyDelete
  2. jadul ya makk.. gundik gundik jaman dulu juga jadul.. aku kira gundik gundik jaman dahulu tuh kayak yang di tipi tipi, ngerokok, baju daster sexy, dan lain lain. tapi ini malah pakai kebaya hehehe.. wahh makk foto sama oei hui lan, aku yakin kalau malam pasti.....pastii...bayangan di cermin nya gak ada *merinding disko* hiiyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi soal gundik pikiranmu sm kek aku deh :D

      Delete
  3. Jadi penasaran sama hotel ini jadinya. Kapan-kapan coba ah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEhehehe ayuk mas lain ke Malang :)

      Delete
  4. I love everything about TUGU :) Desember nanti aku mau kesini juga sama Tugu Blitar :)
    btw di Tugu Malang disediain guide kok kalau mau keliling hotelnya, tinggal bilang aja sama front office nya...


    Jalan2Liburan → Keliling Eropa Selama 50 Hari dengan Bujet 15 Euro per Hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohya? Wuahhh baru tau kalo tau gt kan bs sewa guide ya kmrn bwt jelasin pernak perniknya yg jadul ntuuuuuh

      Delete
  5. mbak itu lukisan Oei Hui Lan-nya serem banget yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua pada blg gt yak...hihihi tp emg serem yah....mana putih pisan bajunya

      Delete
  6. Wih, mbaaak, dirimu berani berfoto di sonooo? errrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto doang brani laaah wkwkwwwwk foto mbak fotooo hihihi

      Delete
  7. Pasti banyak pasangan yang foto prewed disini ya..soalnya banyak spot foto yang keren-keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm prewed dgn konsep jaman dulu kali ya...edisi oriental

      Delete
  8. Itu lukisan, eh apa foto? Serem >.< macam kuntilanak u.u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rambut panjang plus baju putihnya ituuuu yaaaa

      Delete
  9. mbak lukisannya serem bener, takut liatnya udah ini malam lagi. btw kenapa ga mampir kerumah saya :D.

    ReplyDelete
  10. itu fotonya......serem kali.......xD

    ReplyDelete
  11. ciri khas hotel tugu kayaknya jadul, ya. Yang di Blitar juga begitu. Tapi serem aja ngelihat foto yang perempuan berbaju putih itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blitar ya? Hmmm blm prnh sih ke grup tugu lainnya. Bole nih kpn2 dicoba :)

      Delete
  12. penasaran dengan kalendernya saya, sampai saat ini ko masih eksis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadul banget ya...saya jg kurang paham sih kalo soal kalender tsb

      Delete
  13. aku belum pernah kesini mbak, tapi kok yo takut ya kalau kesini..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaaa tak takut2i aaahhhh...mbak wiiii mbak wiiiiii

      Delete
  14. Ini hotel Mbak? kok fotonya serem gitu ya. Jadulnya oke, mahal memang, tapi lihat penampakan genteng itu kayak dapur nenek di desa. Gak terlihat orang lagi, makin serem aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha iyo gentengnya yak....tp legendaris keknya...genteng asli boook hihi

      Delete
  15. Wiii lukisannya syereeem. Kikikik. Gak sekalian uji nyali di situ Mbak? :D

    ReplyDelete
  16. Entah kenapa aku selalu suka sama museum. Menyimpan penuh kisah dan amazed banget lihat benda yang dulu juga dipakai sama orang. Serem sih, tapi itu menarik buatku. Makasih ya share-nya. Aku jadi tahu ada museum ini. Duh, pengen ke sanaaaa~

    ReplyDelete
  17. seyeeem,, kalau sendirian pasti ga bisa tidur ini mah hiiii

    ReplyDelete
  18. setau aku ada guidenya dari tim marketing hotel tugu. keknya daftar di resepsionis dulu baru dipanggilkan. aku dulu sama mba ika namanya. dijelasin sampe njelimet termasuk hubungan sugar baron sama pak anhar itu.

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram