Reportase Jalanan Ala Kamera Ponsel

Tuesday, July 12, 2016

Sharing is caring, ya nggak? Pun Nabi Muhammad SAW bersabda bahwasanya "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain." #uhuk

Momen lebaran kan selalu dibarengin dengan yang namanya mudik, hmmm udah jadi budaya masyarakat Indonesia keknya yah. Pas saya kepo di sosial media, eh kok banyak pengguna jalan yang menanyakan tentang situasi dan kondisi di jalan yang akan ia lalui.

twitter-suara-surabaya
malu bertanya sesat macet di jalan
Hayooo jangan-jangan kamu juga pernah kek gitu hehe. Daripada kejebak macet, baiknya bertanya lebih dulu, nggak banget kan kipas-kipas di dalam kendaraan gegara macet [mending kipasin masa lalu, biar pergi...eaaa].

Apalagi momen mudik makin tahun kok ya makin maceeet yak, huh! Kapan regulasi pembatasan jumlah kendaraan direalisasikan, eh kok ngarep :p
Dan udah jadi kebiasaan saya, kalo lagi di jalan kadang isengnya kumat. Nggak semua iseng itu usil kok ya, buktinya nih. Dengan berbekal sosial media dan kamera ponsel, eh si iseng berbuah manfaat.

Etapi kenapa kamera ponsel? Hmmm, masak iya pas lagi di sebelah kemudi kita bakal sempat mengambil kamera SLR/DSLR atau nyiapin kamera pocket? Keburu lewat momennya cyiiin, yang tadinya mo ngabarin ada pengguna jalan yang nakal. Eh, dianya keburu lewat dari pandangan. Nggak praktis kan?

Nah, baiknya menggunakan Zenfone 2 Laser ZE550KL untuk mengabadikannya, agar hasil jepretan kita apik dan ciamik soro. Iiih promosi, ohiyaa dong kudu. Karena apa?


Abis lihat sekilas fitur kamera dan videonya, sekarang saya jelasin dikit yaaa. Dengan fitur laser autofokusnya, kamera belakang yang sudah beresolusi 13MP ini bisa dengan cepat menangkap momen, cuman 0,03 detik cyiiin. Karenanya saya nggak takut kehabisan timing karena ribet membidik dan mengatur lensa. Belum lagi kerapatan pixelnya udah mencapai 267 ppi, hasil jepretan kita bakalan tajam dan nggak pecah [cukup bibir aja yang pecah-pecah, eh]. Daaan, yang paling okeh, kalo pas minim cahaya seperti malam hari. Nggak usah takut mati gaya, cukup aktifin aja mode low light, beres deh. Asik banget kaaan fitur-fiturnya?
Info-seputar-arus-lalu-lintas
Reportase jalanan ala kamera ponsel
Ntah itu kemacetan di ruas pintu tol, kenakalan pengguna jalan, maupun situasi lalu lintas yang lancar juga masuk dalam reportase jepretan kamera ponsel saya. Ya, hampir setiap momen di perjalanan yang sekiranya informatif, pasti saya jepret. Namun ada kalanya...
"Apaan sih, gitu doang dijepret trus dipublish, nyampah deh."
[Ala-ala novel roman picisan] dewi batin pun berontak "Neng, yakinlah kalo niat baik itu nggak ada yang sia-sia."
Dan emang iya, biasanya nggak lama selang beberapa menit setelah saya publish. Pengguna jalan lainnya saling bertukar informasi, bahkan ada yang mengomentari foto yang saya jepret tadi. Bahagianya lagi, kalo laporan ala-ala reportase jalanan saya tadi, bisa sedikit membantu tugas bapak kepolisian. Sesuatu hal yang mulanya saya anggap nyepam [nyampah] semata, eh malah bermanfaat buat orang lain.
twitter-polisi-jatim
kita pun bisa menjadi "CCTV" Pak Polisi hehe
Percaya kan kalo sharing is caring, nggak ada yang sia-sia kalo kita melakukan sesuatu yang baik, apalagi manfaatnya bisa dirasakan orang lain. Secara nggak langsung kita bisa mencontohkan bagaimana menggunakan kamera ponsel dan sosial media dengan bijak [eciyeee]. Nggak selamanya teknologi itu kejam pemirsah, asalkan informatif, why not? Ini ceritaku dengan kamera ponsel, mana ceritamu?
Akhir kata "Drive safely, your lovely family is waiting at home."

'Giveaway Aku Dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com'

You Might Also Like

21 happy thoughts

  1. Mbak Nining suka nangkep kejadian yg nakal-nakal to mbak? #eh

    ReplyDelete
  2. Kayak pengalaman mudik saya taun lalu, Mbak. Bikin reportase jalanan gitu. Asyik emang ya. Bermanfaat buat orang lain, juga biar enggak bete di jalan. Sayang taun ini enggak mudik, kamera ponsel cuma buat fotoin orang2 yg dateng ke rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo pas mood banget rajiiin bikin reportase, tapi kalo macet kadang moody juga sih hihihi

      Delete
  3. Emang berguna banget ya kamer ponsel di jaman sekarang ini? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, selagi bisa memanfaatkan teknologi daripada cuman dibuat telpon sama sms aja hehehehe

      Delete
  4. Memang kamera ponsel ASUS mah sangat mengesankan, ya ga kalah dengan kualitas kamera digital. Saya sendiri bangga pake kamera ponsel ASUS kalau selfie.

    ReplyDelete
  5. Informasi lalu lintas membantu bangeet buat pemudik. Waah, diem-diem bisa buat nambah follower twitter dunk! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahahahaha iya kadang kalo di RT akun publik jadi nambah beberapa follower, eaaaa modusss.

      Delete
  6. betul banget mbak, kemarin itu aku juga motoin jalan cuma gak ku apdet soale susah sinyal, reportase temen2 membantu banget lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo pas susah sinyal nih yang kadang bikin mati gaya di perjalanan hihihi.

      Delete
  7. Setuju kalo dg memberi reportase dg org2 rumah selama kita diperjalanan tak akan membuat mereka cemas atau ketinggalan informasi dri kita sedetik pun. Apalagi kalo kualitas potonya terang pake ASus Zenfone . hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kualitas foto menunjang banget hasil reportase ala ala kita ya hehehe

      Delete
  8. Setujuuuu... Suka sebel juga ma yg 'nakal'. Kalau ke tangkep kamera ponsel terus jadi viral kapok kali yah :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekali-kali dikasi efek jera hihihi :D

      Delete
  9. Kamera ponsel emang bermanfaat banget ya. Mupeng juga pengin Zenfone yang punya kualitas kamera bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mba, uda lama jg ngincer hape ini. Etapi belum keturutan, semoga yah hihihi ^

      Delete
  10. mbak ning nyambi jadi polwan hihihi

    ReplyDelete
  11. Terima kasih sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    ReplyDelete
  12. Ini yang kameranya laser autofokus itu kan, Asus Zenfone 2 Laser, emang kerren banget hp nya,kameranya jernih

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram